Konsistensi Sebuah Niche Blog

By mangkoko : last updated 09 Feb 2015

Ini adalah ungkapan salut atas konsistensi Alamendah’s Blog yang tanggal 12 Mei 2014 lalu genap berusia 5 tahun. Di Indonesia tidak banyak nice blog atau blog yang bertema khusus bisa bertahan selama 5 tahun. Alamendah’s adalah salah satunya. Rata-rata setiap 2 hari sekali terbit artikel baru. Blog spesifik yang membahas tentang flora, fauna dan keindahan alam Indonesia ini sangat edukatif, mendukung upaya-upaya kelestarian lingkungan hidup. Sehingga sangat layak diacungi jempol.

Screen shot Alamendah's Blog

Screen shot Alamendah’s Blog

Saya tidak mengenal secara pribadi sang empunya Alamendah’s Blog. Belum pernah juga bersua secara fisik. Mungkin suatu saat ada kesempatan untuk silaturahmi. Hanya pernah saling komentar saja lewat blog masing-masing. Tetapi jika sahabat sekalian berkunjung dan berjalan-jalan ke green blog tersebut, pasti akan sependapat dengan saya, ini adalah blog yang keren, focus, informatif dan edukatif.

Untuk mampu focus, konsisten pada ceruk tema tertentu seperti ini pasti motivasi utamanya bukan dolar atau rupiah belaka. Ada idealisme tertentu yang sangat bernilai sehingga pantas diperjuangkan. Urusan crang-cring $ biasanya akan datang dengan sendirinya ketika telah siap menerimanya.

Api yang mampu terus menyala selama 5 tahun pasti bahan bakarnya tidak sembarangan. Mamang lihat, bahan bakar yang bisa menggerakkan terus-menerus seperti itu hanyalah passion. Passion memang motivator terhebat yang sesungguhnya dimiliki setiap manusia sebagai anugerah dari Yang Maha Kuasa. Ketika passion mulai dinyalakan, maka seseorang akan terus bergerak dan selalu termotivasi. Kita yang mengamati dari luar seperti melihat seseorang yang bekerja keras tanpa mengenal lelah tetapi selalu tersungging kegembiraan tanpa merasa ada beban apapun. Itulah hebatnya passion !

Bagaimana saya tahu ketika saya menemukan passion saya mang ?
Gampang. Ketika anda mengerjakan sesuatu tanpa diminta, anda sangat asyik mengerjakannya, dan menemukan kepuasan batin disitu, itulah passion anda.

Jadi passion itu seperti hobi ya mang ?
Hmmmm … bisa juga dipahami begitu.
Tetapi mangKoko lebih suka menggunakan kata “asyik” untuk lebih mudah memahami tentang passion. Jadi orang yang menemukan passion-nya adalah orang yang asyik.

Oh … kok malah mamang ngelantur pidato tentang passion ya ! Maaf … maaf …

Sekali lagi salut pada sang empunya Alamendah’s Blog. Tulisan-tulisan anda mudah-mudahan akan terus memberi manfaat buat orang lain. Dan bukankah ini juga merupakan ibadah ?
Terus menulis mas, dan terus bercengkerama dengan alam negeri kita yang luar biasa indah dan asyik ini. Saya sungguh sangat terinspirasi.

Salam,
mangKoko


4 thoughts on “Konsistensi Sebuah Niche Blog

    1. mangkoko Post author

      Makasih mas Taufiq sudah mampir.
      Barusan saya mampir ke blog anda. Bagus mas tulisan-tulisannya.
      Terus menulis mas !

      Reply
  1. alamendah

    Wah, gak nyangka dapat kado istimewa :)
    Saya sendiri sebenarnya tidak menyangka bisa sampai 5 tahun. Apalagi dengan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan saya (baik di bisang per-blog-an ataupun niche blog saya). Mungkin karena passion tersebutlah semuanya bisa mengalir

    Terima kasih

    Reply
  2. achmad syaepuloh

    “passion” mungkin kata kunci nya mang, cuma kalo hanya “passion” untuk berkarya tanpa ada reward juga susah ya mang…kira2 kita bisa cari sediri “reward” nya ga mang?

    mangKoko says:
    Mas Achmad,
    Passion adalah sebuah ke”asyik”an. Ke”asyik”an bermuara pada kepuasan batin. Bukankah ini merupakan reward yang sangat besar?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.