Membangun Makna Blog Dengan Mantra

By mangkoko : last updated 26 Sep 2016

Seorang Guy Kawasaki, ex evangelis Apple, dan penulis buku best seller international The Art of the StartThe Macintosh Way dan juga Enchantment, mengatakan bahwa ketika kita berusaha membangun sebuah makna dari apa yang kita kerjakan sehari-hari, ada kemungkinan kita bisa meraup untung. Sebaliknya bila terlalu fokus pada tujuan meraup untung, maka kita harus menghadapi 2 risiko sekaligus yaitu: tidak bisa membangun makna dan tidak bisa meraup untung.

“If you make meaning, you PROBABLY make money. But if you set out to make money, you WON’T probably make meaning and you WON’T make money.”

 

Untuk apa membangun makna ?
Anda bisa membangun makna pada blog yang anda kelola, pada bisnis yang anda geluti, bahkan pada hobi yang paling anda gemari. Atau bisa juga pada misi pribadi yang ingin anda perjuangkan. Anda sangat beruntung jika makna yang anda bangun merupakan aktifitas yang paling anda sukai. Sesuatu yang selalu dikerjakan dengan perasaan bahagia. Kalau bahasa anak muda : sesuatu yang “gue banget“. Karena inilah passion, yang menyebabkan  tidak ada lagi hal yang berat dan sulit untuk melakukannya. Hal seberat dan sesulit apapun akan dikerjakan dengan asyik (passionate). Berat dan sulit hanya terlihat oleh orang lain, tidak dirasakan oleh yang mengerjakan.

Menurut Guy Kawasaki, ada 3 kunci yang bisa dipegang untuk membangun makna dalam bekerja maupun aktifitas keseharian. Adapun ke-3 makna tersebut yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas kehidupan
    Saat merasa bahwa aktifitas kita sebagai bagian dari upaya meningkatkan kehidupan, energi dan spirit akan muncul melimpah ruah. Sebuah contoh: Lion Air sebagai sebuah maskapai penerbangan nasional yang berkembang sangat pesat, rupanya memakai makna pertama ini untuk memotivasi sumber daya manusianya. Mereka mengkorelasikan kemajuan perusahaan dengan kesejahteraan keluarga.
  2. Meluruskan yang bengkok
    Makna kedua yang pantas diperjuangkan adalah : meluruskan yang bengkok. Mengkampanyekan sesuatu yang benar, yang ekologis, dengan melakukan penyadaran pada masyarakat luas yang selama ini secara tidak sadar melakukan aktifitas yang berkontribusi pada kerusakan lingkungan hidup. Salah satu perusahaan yang mengexplorasi makna no 2 ini adalah The Body Shop. Dimana mereka memperjuangkan pemakaian produk-produk alami yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Dengan konsep bisnis seperti ini saja cukup memberi motivasi karyawan bahwa apa yang mereka kerjakan tidak sekedar menghasilkan uang, tetapi juga lebih aman, menyehatkan masyarakat dan menjaga kelestarian alam.
  3. Menjaga sesuatu yang baik dari kemusnahan
    Makna ke-3 ini juga merupakan makna yang sangat kuat. Bersifat mendesak untuk segera dilakukan. Karena mengancam kelangsungan hidup keragaman hayati maupun keragaman budaya. Contoh terbaik dari makna ke-3 ini adalah Green Peace. Para volunternya berani mati menghadang apapun yang mengancam kelestarian flora, fauna, dan lingkungan hidup.

Untuk memudahkan akan makna tersebut kemudian disederhanakan dengan membuat sebuah mantra. Mantra adalah sebaris kata-kata sederhana yang mudah diingat, mudah dipahami, dan memiliki korelasi sangat kuat dengan makna yang sedang kita bangun. Mantra adalah semacam keyword atau kata kunci yang mewakili spirit yang ingin dipegang teguh.

Bagaimana sih contoh konkritnya ?
Ada satu mantra menarik yang didengungkan Kementrian BUMN. Hanya dengan satu kata saja dan diulang 3 kali : “Kerja, Kerja, Kerja”, cukup untuk membangunkan budaya kerja yang lebih produktif. Walau ruh sebenarnya ada di “Manufacturing Hope”, sebuah artikel pendek yang terbit seminggu sekali ditulis pak Dahlan Iskan sebagai sang komandan. Mantra-nya hanya sebagai anchor atau jangkar ke Manufacturing Hope. Spiritnya adalah nasionalisme bahwa bangsa kita bisa sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Sedikit berbeda dengan Lion Air dengan mantra yang lebih personal, dimana ucapan sang CEO : “Lu urus Lion, biar gua urus keluarga lu”, konon menjadi mantra yang sangat efektif memotivasi seluruh pemangku kepentingan (karyawan dan jajaran management) bahwa kemajuan perusahaan berbanding lurus dengan kesejahteraan keluarga.

Jadi … apa mantra blog pribadi anda ?
Blog yang anda kelola pasti asyik jika memiliki mantra. Bisa apa saja. Sesuaikan dengan passion anda. Buat mantra se-pendek, se-simple, dan se-“gue” mungkin. Beberapa mantra berikut bisa jadi contoh menarik. Dan pasti anda pernah mendengar sebelumnya !

Just Do It
I’m lovin’ it
Moving Forward
Beauty With Heart

Ada mantra lain yang anda tahu ?

Notes:
Credit featured image : Swallowtail, Echanted by Guy Kawasaki


Share :

One thought on “Membangun Makna Blog Dengan Mantra

  1. Vitbicom

    Thanks a lot.The articles of your site is really helpful and usable for visitors., one of the excellent blog in which i

    mangKoko says:
    Tks bro

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.