Milestone: 2 Tahun Blog mangKoko

By mangkoko : last updated 30 Jan 2016

Artikel perdana di Blog mangKoko  (mangkoko.com) terbit pada bulan Januari 2014. Sedangkan kini telah berada di bulan Januari 2016. Ini artinya Blog mangKoko telah genap berusia 2 tahun. Mudah-mudahan di sepanjang tahun 2016 ini akan terus berlanjut, menyapa sahabat sekalian. Tetap dengan ke”asyikan” corat-coret dan jeprat-jepret seputar: travel, culture dan green life.

Siput, lambat itu ... asyik juga lho!

Siput, lambat itu … asyik juga lho!

Bagi seorang bayi, usia 2 tahun adalah masa ketika baru asyik-asyiknya dapat berjalan sendiri. Mencoba mengenal dunia kecil yang ada di sekelilingnya.

Mirip seperti kisah yang populer waktu Taman Kanak-Kanak dulu: Wisata Bersama Kura-Kura. Dikisahkan 2 ekor tupai muda, Kiki dan Koko, yang biasa bergerak cepat menembus rerimbunan pepohonan hutan, menemukan keasyikan tiada tara saat wisata keliling hutan naik di punggung kura-kura yang berjalan sangat lamban.

Kini Kiki dan Koko baru menyadari bahwa: bergerak cepat seperti yang biasa mereka lakukan adalah asyik. Namun bergerak sangat lambat seperti kura-kura ternyata juga memiliki keasyikan tersendiri.

Artikel Raja

Hingga kini telah ada 233 artikel yang di publish, tidak termasuk yang sedang anda baca ini. Artinya rata rata hanya muncul artikel baru setiap 3 hari sekali. Tak sehebat para sahabat blogger lain yang mampu menerbitkan artikel baru setiap. Bahkan ada yang mampu menghasilkan beberapa artikel setiap hari.

Secara alami, blog ini juga membentuk kurva Long Tail ala Chris Andersen. Beberapa artikel berada di posisi kepala (head). Dan sebagian terbesar yang lain tersebar di bagian ekor. Sang raja yang duduk di bagian kepala mampu mengumpulkan pembaca yang lumayan banyak, dibaca lebih dari 73 ribu kali hingga kini. Dan terus mengalirkan pembaca setiap hari tanpa terputus.

Baca pula tentang: Konten Itu Bukan Raja Sehari

Artikel Raja lain melambung akibat menemukan momen tepat, dengan menunggang tren yang sedang meledak di Indonesia. Baca lebih lanjut artikel: Kala Blog Kebanjiran Pengunjung

Artikel Pencipta Viral

Di Blog mangKoko, ada pula artikel-artikel yang mampu menciptakan viral di sosial media, terutama facebook. Ternyata artikel yang berbakat menjadi viral, tak mesti artikel hebat: original, ditulis dengan riset panjang dan akurasi penulisan tinggi.

Sebuah artikel biasa-biasa saja, ditulis cepat berdasarkan riset konten kecil-kecilan (sederhana) terkadang tanpa diduga memunculkan gelombang viral sambung-menyambung.

Social share mangKoko oleh SocialCount.co

Top Ten Facebook shares mangKoko by SocialCount.co

Contohnya adalah artikel: Inilah Barang-mewah Yang Ddihapus Pajaknya. Hanya dalam beberapa hari, telah di share lebih dari 2.300 kali di facebook. Bukan artikel hebat kan?

Jika berkenan, tolong bantu saya menganalisa: kenapa artikel se-sederhana link diatas mampu menciptakan viral yang lumayan banyak!

Artikel Di Ekor Panjang

Artikel-artikel lain, yang jumlahnya mayoritas, adalah artikel yang tak banyak mendulang traffic, namun inipun tak pantas untuk diremehkan. Tetap sangat berarti untuk terus dipoles, dan di update agar terus meningkat kualitasnya. Artikel-artikel seperti ini biasanya bersifat evergreen, tak cepat basi. Meskipun tak banyak peminat, namun tetap saja ada yang membaca, dan mudah-mudahan ada saja yang dapat mengambil manfaat darinya.

Tonggak Batu

Masa 2 tahun, memang tak bisa dibilang lama. Namun banyak keasyikan tak tergambarkan yang tak pernah muncul sebelumnya (sebelum aktif menulis blog). Setiap kali publish sebuah artikel, meluncur pula dari atas kepala bunga-bunga kebahagiaan, dan harapan. Mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca.

Mencomot Dr. Shigeo Haruyama, sang pakar enzim dari negeri sakura: itulah saat endorphin (hormon kebahagiaan) mulai mengguyur dari otak ke seluruh tubuh. Mengusir radikal bebas dan meremajakan sel-sel tubuh manusia. Konon hormon ini pula yang memiliki kekuatan 5 kali morfin, namun tak berefek negatif apapun. Karena diciptakan di dalam tubuh manusia sendiri. Sebuah bio sistem ciptaan Sang Maha Kuasa yang sungguh luar biasa.

Mulai awal tahun 2016 ini pula, mangKoko mengundang sahabat-sahabat blogger untuk berkontribusi menulias di mangKoko. Katentuan lebih lanjut silahkan membacanya di: Menulis di mangKoko Yuk!.

Akhirnya …
Terima kasih, untuk sahabat-sahabat yang setia berkunjung ke rumah mangKoko selama 2 tahun ini. Dan maaf jika ada apapun yang kurang berkenan.

Salam, mangKoko

 


Share :

2 thoughts on “Milestone: 2 Tahun Blog mangKoko

  1. Dono

    Mudah-mudahan terus menyajikan artikel2 yang inspiratif Mang!

    mangKoko says:
    Trims mas Dono

    Reply
  2. CAH YOGYA

    Salam kenal ya gan, saya blogger dari Jogja blog saya juga hampir menginjak UMUR 2 tahun. Semoga masih bisa bertahan blogging sampai 5 tahun, 10 tahun, 30 tahun dan seterusnya.. hehe

    mangKoko says:
    Terima kasih mas, telah berkunjung ke rumah virtual saya, trims juga untuk doanya. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.