Reputasi Seller di Ebay

By mangkoko : last updated 02 Oct 2014

Reputasi seorang penjual atau seller menjadi kunci apakah kita percaya bertransaksi dengan dia atau tidak. Apakah nantinya penjual akan memberikan layanan yang memuaskan atau justru menjengkelkan. Tidak berbeda dengan dunia nyata, reputasi seorang penjual online bagaikan angsa emas yang sangat menentukan kesuksesan bisnis yang mereka geluti.

Pada tulisan sebelumnya, mangKoko telah sharing tentang Pengalaman Mengikuti Lelang di Ebay, yang membahas tips mengikuti lelang maupun Buy It Now atau membeli langsung di Ebay. Artikel bagian kedua ini akan dibahas bagaimana cara untuk mengenali reputasi seorang seller di Ebay. Tujuannya tentu saja adalah supaya kita tidak salah bertransaksi dengan seller bodong yang tidak bisa dipercaya. Memang di Ebay ada program Buyer Protection yang melindungi kepentingan kita sebagai pembeli. Tetapi akan lebih baik jika transaksi kita lancar, tidak bermasalah, tanpa harus menggunakan opsi yang ada di Buyer Protection yang pasti akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga.

 

Traditional Market Place

Traditional Market Place

Ebay adalah sebuah pasar atau market place yang berisi banyak sekali penjual independen. Mirip seperti sebuah pasar tradisional yang kita kenal selama ini. Masing-masing penjual memiliki identitas dan reputasi berbeda-beda, tergantung track record masing-masing. Tidak seperti sebuah supermarket yang tertata dalam kendali satu management, sehingga reputasinya homogen, tergantung pada reputasi supermarket yang bersangkutan.

Sebuah market place seperti Ebay punya kepentingan yang kuat untuk menjadikan institusinya memiliki reputasi yang baik dan dipercaya dimata konsumen. Berbelanja di toko tradisional kita bisa melihat, menyentuh dan mengenali kualitas barang secara langsung. Hal ini tidak bisa dilakukan dalam bisnis online. Konsumen hanya melihat gambar dan membaca deskripsi barang yang ditulis oleh penjual. Di sinilah unsur “kepercayaan” yang mendasari terjadinya transaksi.

Untuk itu mereka membuat aturan main yang sangat ketat. Aturan ini tidak hanya demi kepentingan mereka sendiri dan seller yang bergabung, tetapi terutama adalah membangun trust atau kepercayaan dari pembeli atau konsumen. Konsumen akan nyaman bertransaksi di sebuah market place jika merasa terlindungi dari ulah para penjual nakal. Ebay mendisain sebuah aturan main untuk memberi penghargaan pada penjual yang jujur dan melayani dengan baik. Sebaliknya pada penjual yang tidak menunjukkan itikat baik akan mendapat hukuman berupa penurunan reputasi yang jelas akan terbaca oleh calon pembeli.

Urusan pembayaran, Ebay mengintegrasikan dengan Paypal, sebuah system pembayaran online (payment gateway) yang paling dipercaya saat ini. Bahkan untuk lebih bisa membangun sinergi, mereka mengakuisisinya  pada tahun 2002.

Contoh tampilan Top-rated Seller di Ebay

Contoh tampilan Top-rated Seller di Ebay

Di Ebay terdapat banyak sekali penjual, dengan level yang berbeda-beda. Dari penjual baru tanpa badge maupun penjual yang mempunyai reputasi bagus yang disebut Top rated seller. Level ini dihitung berdasarkan proses transaksi sukses dan positive feedback yang didapatkan seller. Banyaknya penjual tentu saja memicu kompetisi diantara para penjual. Dan kita sebagai konsumen sebenarnya diuntungkan dengan banyaknya pilihan yang tersedia. Kita juga dengan mudah melakukan komparasi untuk mendapatkan harga terbaik dan layanan yang paling berkualitas.

Halaman Status Seller (Top-rated Seller)

Contoh halaman seller status (Top-rated Seller)

Apakah harus selalu membeli dari Top-Rated-Seller ? Jawabnya: tidak!

Jika anda menemukan barang yang dikehendaki disediakan oleh penjual top-rated-seller, berharga murah, okelah … ambil. Tetapi sering barang-barang yang unik dan langka yang menjadi buruan kita tidak disediakan oleh top-rated-seller, tetapi oleh penjual-penjual baru yang belum memiliki badge sama sekali. Gambar berikut adalah screen shot contoh dari halaman seller yang belum memiliki badge, tetapi telah mempunya rating yang bagus, sehingga layak transaksi.

Seller status di Ebay, bukan Top-rated Seller tetapi sudah memiliki reputasi bagus

Contoh halaman seller status di Ebay. Bukan Top-rated Seller tetapi sudah memiliki reputasi bagus

Untuk membeli dari seller yang belum memiliki badge, anda harus mencermati positive feedback yang telah dia dapatkan.

  1. Jumlah positive feedback sudah lumayan banyak. Untuk contoh diatas adalah 434. Ini berarti seller ini telah sukses melayani 434 transaksi, semakin besar angka ini, tentu semakin baik. Karena ini menunjukkan keseriusan seller yang bersangkutan.
  2.  Kemudian lihat prosentase positif feedback. Minimum 98%, syukur mencapai 100% seperti contoh pada screen shot diatas.
  3. Dan yang terakhir, anda bisa melihat komentar dari orang-orang yang telah membeli sebelumnya. Dari sini anda akan melihat tingkat kepuasan para pembeli, dan anda bisa mengukur seberapa akurat dan seberapa cepat seller ini melayani pembeli.

Tips pada artikel ini tidak hanya untuk berburu seeds saja. Tetapi bisa juga dipakai untuk mencari barang-barang lain. Karena Ebay menyediakan hampir semua barang yang biasa ditransaksikan secara online. Mulai dari gadget dan asesoriesnya, barang-barang elektronik, fashion, hoby, bahkan property.

Ebay memang telah menetapkan level keamanan yang cukup tinggi. Namun sehebat dan setinggi apapun level keamanan sebuah market place, kita sebagai pembeli harus selalu bijak dalam menggunakannya. Tetaplah hati-hati dan teliti sebelum membeli. Jika belum mengerti benar mekanisme transaksinya, cobalah dengan barang-barang yang bernilai kecil terlebih dahulu. Ada barang-barang yang cukup menarik sesuai dengan kegemaran kita ditransaksikan dengan harga hanya sekitar 1 USD saja bahkan kurang dari itu.

Artikel berikutnya adalah Bea Masuk paket dari Luar Negeri, yang membahas tentang customs clearance atau bea cukai. Kenapa kita harus juga mencermati hal ini ? Karena transaksi di Ebay pada umumnya melibatkan shipping atau pengiriman antar negara. Masing-masing negara menerapkan aturan-aturan yang tidak sama. Kita harus mengetahui aturan yang berlaku di bea cukai Indonesia. Tentu saja aturan dasar yang pokok-pokok dan praktis saja. Tidak perlu sampai mendetail. Hal ini bertujuan supaya tidak menyesal nantinya karena harus membayar bea masuk yang bisa sangat mahal, akibat ketidak-tahuan kita.

 


One thought on “Reputasi Seller di Ebay

  1. Dani Amsar

    Mas Makasih Buat Infonya Sangat Membantu sekali buat yang baru nyoba..

    mangKoko says:
    Trims kembali bro Dani Amsar

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.