Pengalaman Ikut Lelang di Ebay

By mangkoko : last updated 13 Oct 2015

Jika sahabat sekalian pengin ikut lelang di Ebay, tetapi belum pernah melakukan sebelumnya, ada beberapa catatan dari pengalaman mangKoko ikut lelang di situs auction nomor satu didunia maya tersebut. Artikel ini bukan sebuah user guide, tetapi sekedar sebuah cerita pengalaman transaksi di situs tersebut. Atau boleh pula disebut tips belanja di eBay ala mangKoko. :-)

“Pernah menang lelang apa di Ebay mang ?”
He he … mestinya sahabat sekalian sudah bisa menebak dong !
Sebagai seorang tukang kebun, barang yang diincar pasti nggak jauh-jauh dari pernah-pernik yang berhubungan dengan aktifitas berkebun, Seperti biji-bijian atau bibit tanaman (seeds), dan pernak-pernik peralatan fertigasi yang terkadang sulit ditemukan di dalam negeri.

Contoh page Ebay untuk pencarian "enchepalartos seeds"

Contoh page Ebay untuk pencarian “enchepalartos seeds”

Ebay adalah “sorga” untuk berburu seeds. Hampir semua bibit tanaman yang kita kehendaki tersedia disana. Dari yang umum ditanam seperti bibit bunga-bungaan, sayur-mayur, maupun buah-buahan tersedia lengkap disana. Bahkan juga bibit-bibit tanaman unik dan langka seperti baobab, enchepalartos, body tree (pohon bodi) dan lain-lain bisa di dapatkan dengan mudah di Ebay. Jika beruntung atau pintar mengikuti lelang, anda bisa mendapatkan seeds mahal dengan harga yang sangat murah. Seller sering memasang harga “auction listing” sangat murah, sekitar 0.1 USD saja. Bahkan para auctioner baru sering memasang harga listing lebih murah lagi karena mereka mendapatkan free listing fee dari Ebay.

Seeds secara umum bukanlah jenis barang yang laku keras di Ebay. Sehingga kita relatif mudah mendapatkan biji-bijian yang dincar dengan harga yang relatif murah. Berbeda dengan jenis barang lain yang menjadi favorit lelang di Ebay, misalnya batu mulia (gemstone). Untuk bisa memenangkan lelang gemstone yang berkualitas, butuh upaya lebih keras dan cerdik, karena persaingan antar peserta lelang sangat ketat dan banyak pemainnya, sehingga suasanaya terasa seru dan menegangkan. Jika menang, wow … ada kepuasan tersendiri yang tiada tara.

Cermati Ongkos Kirim!
Di Ebay, anda harus mencermati ongkos kirim yang ditetapkan oleh seller. Karena seringkali mereka menjual barang dengan harga sangat murah, tetapi menetapkan ongkos kirim yang tinggi. Ini adalah salah satu trik mereka untuk menarik perhatian. Calon pembeli sering melakukan sorting barang berdasarkan harga termurah, sehingga sebuah item barang dengan harga murah akan muncul pada halaman awal hasil pencarian. Sehingga barang tersebut akan mudah ditemukan para peminat. Mereka berani menetapkan harga barang sangat murah karena berharap mendapat keuntungan dari ongkos kirim yang dipatok tinggi. Jadi berhati-hatilah jika menemukan barang dengan harga tidak rasional seperti ini. Anda harus selalu memeriksa berapa ongkos kirim yang ditetapkan penjual.

Banyak barang-barang di Ebay yang dilelang maupun dijual langsung dengan ongkos kirim gratis (free shipping). Ini kebanyakan berlaku untuk destinasi pengiriman ke Amerika Serikat dan Kanada. Destinasi diluar wilayah itu ada juga yang menerapkan kebijakan free shipping yaitu seller atau auctioner dari China daratan (mainland) dan Hongkong. Banyak dari mereka menawarkan free shipping dengan menggunakan Post International ke seluruh dunia termasuk Indonesia. MangKoko pernah mendapatkan sekantung Goji Berry Seeds dalam kemasan profesional dari alumunium foil yang rapi seharga 1 USD + free shipping. Bagi kita di Indonesia, sering tidak habis pikir, dimana letak keuntungan menjual sesuatu seharga hanya sekitar Rp 12.000,- plus meng-gratiskan ongkos kirim Post International dari Hongkong ke Indonesia.

Selain lelang (auction), Ebay juga menyediakan format penjualan langsung (Buy It Now) tanpa harus menunggu sampai proses lelang selesai. Ada beberapa pilihan format penjualan kita temui disana. Yang pertama adalah “Auction Only“, kedua “Buy It Now” dan ketiga “Auction-style listings with a Buy It Now“. Format terakhir adalah pilihan untuk ikut lelang atau beli langsung. Tentu saja pilihan ikut lelang akan berpeluang memperoleh harga yang lebih murah, tetapi konsekwensinya memang harus menunggu proses lelang selesai dan memenangkannya.

“Apa bekal yang harus disiapkan untuk bisa ikut “main-main” di Ebay ?”
Kita harus menyiapkan 2 bekal sekaligus, yaitu bekal administrative dan bekal mental.

Bekal administratif :

  1. Menjadi member
    Mendaftar menjadi member gratis, bekalnya kita harus punya email addres
  2. Punya account Paypal
    Paypal adalah payment gateway resmi yang digunakan oleh Ebay. Semua seller Ebay menerima pembayaran dengan Paypal. Memang ada yang juga menerima pembayaran dengan kartu kredit, tetapi tidak semua. Lagi pula membayar dengan Paypal lebih nyaman dan aman.

Bekal mental :

  1. Hati-hati
    Ini bekal yang tidak boleh kita tinggalkan. Hati-hati, cermat dan selalu waspada. Pahami benar spesifikasi dan disclaimer barang yang ditawarkan. Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena kecerobohan kita yang asal beli. Semboyan “teliti sebelum membeli” tetap sangat relevan.
  2. Sabar
    Sabar pertama: jangan keburu nafsu dengan membuat penawaran yang tanpa pikir panjang.
    Sabar kedua: jangka waktu shipping atau pengiriman internasional butuh waktu relatif lama.
    Belum lagi proses customs clearance (bea cukai) yang rumit. Memang kita bisa mempercpat waktu pengiriman dengan memilih jasa courier express. Tetapi ongkosnya menjadi sangat mahal. Ongkos kirim termurah adalah pos International, namun butuh waktu pengiriman relatif lebih lama. Pengalaman saya, pengiriman dari China daratan maupun Hongkong tujuan ke Semarang memakan waktu sekitar 3 minggu sampai 1 bulan. Sedangkan dari Amerika Serikat maupun Eropa bisa sampai 2 bulan. Butuh kesabaran kan ?

Bagaimana dengan keamanan ?
Selama puluhan kali transaksi di Ebay, saya belum menemukan masalah yang signifikan. Semua kiriman sampai di alamat tujuan dengan selamat. Di Ebay juga ada program perlindungan bagi pembeli yang disebut “Buyer Protection”. Program ini berdurasi 40 hari dihitung dari saat transaksi. Selama masa itu, jika proses jual beli belum close, dan pembeli tidak melakukan komplain, maka periode buyer protection berakhir. Artinya dana yang dibayarkan akan dikirim ke seller. Jika selama masa buyer protection ada complain dari pembeli maka proses pencairan dana ke seller akan ditunda. Menunggu sampai proses complain selesai. Bahkan ada opsi untuk mengembalikan dana yang telah dibayarkan. Sayangnya saya belum pernah mengalami ini. Jadi maaf jika tidak bisa memberikan informasi secara detil.

Demikian sekedar berbagi pengalaman mengikuti lelang di Ebay. Artikel berikutnya, saya akan bercerita tentang mengenali reputasi seller di Ebay. Tips ini sangat penting dan wajib dibaca bagi anda yang berniat mencoba mengikuti lelang di market place paling populer di dunia itu.

 


34 thoughts on “Pengalaman Ikut Lelang di Ebay

  1. shafy

    gan, numpang nanya, saya berencana membeli pisau dapur model santoku dari ebay dgn harga $10. dan tertulis free shipping ( FREE Economy Int’l Shipping). nah kira-kira harga yang dibayar $10 atau ada biaya tambahan ? lalu beli pisau tsb kira2 bisa sampai rumah atau tertahan di bea cukai karena dianggap senjata tajam. thx sblmnya

    mangKoko says:
    Anda hanya bayar $10. Dan biasanya sih akan dikirim langsung ke rumah.
    Pisau jika dikirim paket … saetahu saya boleh.

    Reply
  2. Akram

    Bang.. Saya pengen nyoba belnja di ebay.. Kalau saya beli hp diatas 5 jt itu gimna ya sampenya di indo? Kena pajak brp sama cukai? Apakah ditahan? Klo ditahan gimna saya tau klo ditahan cukai? Thanks yaa

    mangKoko says:
    Hallo Akram,
    1. Barang senilai rp 5 jt, atau lebih biasa ditransaksikan di Ebay.
    2. Tentang tarif pajak, tergantung jenis barang.
    3. Jika ada pajak yang harus dibayar, anda akan di kirimi surat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.