Bonsai Art ala Robert Steven

By mangkoko : last updated 27 Oct 2015

Di kalangan pecintai bonsai di tanah air, rasanya tidak ada seorangpun yang tidak mengenal nama Robert Steven. Lelaki yang tinggal di Jakarta ini adalah salah seorang master bonsai yang dihormati di kancah perbonsaian internasional. Tercatat lebih dari 200 penghargaan (bonsai award) baik nasional maupun internasional telah diraihnya. Gaya dan estetika seni bonsai ala Robert Steven sungguh unik, out of the box, mendobrak pakem gaya bonsai yang banyak dianut kebanyakan para pecinta dan master bonsai lain saat ini.

Bonsai Art ala Robert Steven, International Bonsai Master

Bonsai Art ala Robert Steven, International Bonsai Master

Robert Steven mengaku tertarik dengan bonsai sejak akhir tahun 1979. Baginya membentuk sebuah bonsai adalah exspresi dari imajinasi dan rasa yang meletup datang dari dalam diri, bukan mengikuti sekedar pakem sesuai text book yang penuh dengan dogmatisme aturan yang kaku.

“Saya sangat yakin bonsai hanya bentuk lain dari seni rupa!”, kata Robert.
Perbedaan gaya antara style yang dia sukai dengan pemahaman kriteria dan aturan yang cenderung kaku yang banyak dianut masyarakat pecintai bonsai, tak ayal membuat dia kecewa dan bingung. Dari sinilah dia memulai pencarian panjang dari akar filosofis dan fundamental seni bonsai langsung dari sumber aslinya di China. Selama di China dia merasa banyak menemukan pencerahan saat belajar penjing dengan Hu Yun Hua.

Bonsai Santigi (Pemphis acidula) karya Robert Steven

Bonsai Santigi (Pemphis acidula) karya Robert Steven

Hasil pencarian mendalam tentang estetika dan filsafat penjing Cina yang merupakan akar dari seni bonsai,  ditambah pengalaman praktis bergelut dengan dinamika bonsai modern, memberi keyakinan bahwa bonsai adalah sebuah pendekatan seni, bukan sekedar ilmu agronomi.
“Saya telah rumuskan pendekatan saya sendiri untuk seni. Saya percaya bahwa manfaat besar dapat diturunkan dari menerapkan beberapa konsep dasar dari pendekatan ini untuk upaya styling bonsai.”

Bonsai Anting Putri (Wrightia religiosa), seakan air mata yang menetes

Bonsai Anting Putri (Wrightia religiosa), air mata dunia yang menetes

Lebih lanjut dia mengatakan (diterbitkan di Bonsaiempire.com), “Saya telah mendedikasikan diri untuk eksplorasi dan pengembangan seni ini dan saya berharap bahwa orang lain dapat belajar dari perjalanan saya.”

In my intuition I find myself
In myself I find freedom
In nature I find the rule
In the rule I find the wisdom

(Robert Steven)

Memang …
Menikmati karya-karya Robert, seakan kita dibawa mengembara menembus batas ruang dan waktu. Mungkin inilah yang dia sebut “In my selft I find freedom, In nature I find the rule”. Dia ekspresikan kebebasan seluas-luasnya, namun saat berhadapan dengan alam dia menemukan “rule” atau aturan yang tidak mungkin dia langgar karena menyangkut kelangsungan hidup makhluk alam. Di balik fredon dan natural rule tersimpan keindahan yang tiada tara yaitu wisdom.

Bonsai Sancang (Premna mycrophilla), dalam bingkai seni rupa

Bonsai Sancang (Premna mycrophilla), dalam bingkai seni rupa

Membaca tulisan-tulisan hasil kontemplasi Robert, saya baru ngeh, ternyata seni bonsai menyimpan kearifan yang asyik untuk ditelusuri. Ada orang-orang yang asyik menyakini seni bonsai pada tataran syariat dengan memegang teguh dogma dan aturan yang dianggap baku. Ada pula pribadi-pribadi yang mencoba membebaskan diri dari tataran syariat dan menemukan keasyikan dengan masuk pada inti filosofisnya.

Foto-foto bonsai yang sahabat sekalian lihat di sini, adalah beberapa karya Robert Steven yang dipamerkan pada International Bonsai Art & Culture Biennale 2014 yang diselengarakan di Yogyakarta bulan Oktober lalu.

Referensi:
– Bonsaiempire.com/origin/bonsai-artists/asia/robert-steven
– Robert-Steven.Ofbonsai.org/artikel-bh-indonesia


Share :

One thought on “Bonsai Art ala Robert Steven

  1. Indra Kusuma Sejati

    Keren bonsai ala Robert Steven-nya. Mantap idenya nih. he,, he, he,,

    mangKoko says:
    Setuju mas Indra, Robert Steven adalah salah seorang master bonsai yang mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.