9 Cara Kreatif Memanfaatkan Binder Clips

By mangkoko : last updated 03 Feb 2016

Anda pasti tak asing dengan binder clips, penjepit kertas berwarna hitam yang terbuat dari logam. Meskipun benda ini terlihat sederhana, namun jangan disepelekan ya! Karena ternyata tak hanya berfungsi sebagai menjepit tupukan kertas belaka. Banyak ide-ide kreatif memanfaatkan binder clips menjadi benda unik yang multi fungsi.

Merapikan kabel dan konektor komputer

Merapikan kabel dan konektor komputer

Kita bisa berkreasi sendiri dengan binder clips. Mulai dari memanfaatkannya menjadi penyegel bungkus keripik agar tidak melempem, merapikan kabel komputer, bahkan bisa pula membuat smartphone stand.

Berikut ini beberapa ide memanfaatkan binder klip dengan cara sangat sederhana. Hanya dengan melihat gambarnya, pasti anda dapat melakukannya.

1. Pencegah Benang Kusut

Ide ini sungguh unik. Supaya benang tak jadi kusut kala mengurainya: letakkan benang di dalam mangkuk plastik. Kemudian jepitkan binder clips di bibir mangkuk. Lewatkan ujung benang melewati kolong kawat pada binder klip. Kini anda dapat mengurai benang dengan cara menariknya tanpa takut menjadi kusut.

Pengurai benang anti kusut dengan binder clips

Pengurai benang anti kusut dengan binder clips

2. Merapikan Kabel Komputer

Meja komputer kita menjadi rapi dari kusutnya kabel dan konektor yang berseliweran dengan memasang beberapa binder clips di pinggir meja. Seperti terlihat di gambar paling atas.

3. Smartphone Charger Stand

Cukup cantik dan simple kan! meletakkan smartphone anda di atas charger stand yang terbuat dari sepasang binder clips, seperti gambar di bawah!

Smartphone stand

Smartphone stand

 4. Spons Stand Supaya Cepat Kering

Spons yang biasa untuk mencuci piring, biasanya akan cepat kering jika diletakkan berdiri. Hal ini mudah dilakukan dengan bantuan binder clips.

Binder sponge stand

Binder sponge stand

5. Penahan Botol di Kulkas

Botol-botol minuman yang diletakkan di dalam kulkas akan lebih mudah ditata dengan bantuan binder clips sebagai penahan bagian bawah.

Penahan botol di kulkas

Penahan botol di kulkas

6. Penyegel Bungkus Kripik

Sangat sederhana, tetapi sangat bermanfaat untuk menjaga keripik atau kerupuk yang tak habis dimakan agar tetap renyah, tak cepat melempem.

Mencegah keripik cepat melempem

Mencegah keripik cepat melempem

7. Pelindung pisau cukur

Pisau cukur yang sehari-hari dipakai juga akan terlindung tidak cepat kotor dengan menjepit kepalanya dengan binder clips.

Pelindung pisau cukup

Pelindung pisau cukup

8. Tag Gantungan Kunci

Binder clips juga bisa digunakan sebagai gantungan kunci, sekaligus label agar tak bingung mengidentifikasi banyaknya kunci yang ada di rumah.

Key tag name

Key tag name

9. Melabeli Dokumen

Tumpukan dokumen kita juga menjadi mudah diidentifikasi dengan memanfaatlan binder clips yang di beri label tulisan.

Label dokumen

Label dokumen

Sembilan contoh diatas hanyalah sebagian kecil ide memanfaatkan binder clips. Banyak ide lain yang bisa dicoba. Dan andapun tak tertutup kemungkinan memiliki ide-ide unik lain yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.

Sumber ide dan gambar:
Miracles you can accomplish with a binder clips (lifehacker.com)
– Life Hacks For Binder Clips (Youtube.com)

 

 


Share :

One thought on “9 Cara Kreatif Memanfaatkan Binder Clips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.