Membuat Sendiri Lampu Tidur Unik

By mangkoko : last updated 22 Nov 2016

Kali ini, saya akan ajak sahabat sekalian membuat sendiri lampu tidur yang sederhana, namun tak kalah cantik dengan produk jadi dari toko. Design-nya-pun bisa dibuat “aku-banget”. Disesuaikan dengan selera, warna dinding atau tema pada kamar tidur kita. Dan yang paling penting: anda pasti bisa membuatnya sendiri.

Lampu tidur yang berkualitas bagus, awet dan sekaligus cantik untuk menghias kamar tidur biasanya berharga lumayan mahal. Pemasangan atau instalasinya juga sering tidak mudah dilakukan sendiri, karena harus ngebor tembok, atau menggantungnya di plafon kamar. Sehingga anda harus minta bantuan tukang listrik atau tukang bangunan.

2 Model lampu tidur sederhana buatan sendiri

2 Model lampu tidur sederhana buatan sendiri

Lampu tidur yang akan kita buat, bahannya sangat mudah ditemukan di pasar swalayan di kota anda atau toko peralatan listrik terdekat. Yang diperlukan hanya 3 jenis bahan, yaitu fiting colok, kap lampu, dan bohlam lampu.

Ide dan cara pembuatannya sangat sederhana. Bahkan hanya dengan melihat foto diatas saja, saya yakin anda bisa membuatnya sendiri. Tanpa perlu penjelasan apapun.

Ikuti proses pembuatan sebagai berikut:

1. Menyiapkan Bahan

  • Fitting Colok
    Pilihlah fitting colok type  E27 yang dilengkapi dengan saklar on/off. Fitting colok adalah fitting lampu yang bisa di colokkan pada stop kontak di dinding. Harga di toko biasanya tak lebih dari Rp 10.000,- per pcs. Kode E27 adalah standard ukuran fitting yang biasa dipakai untuk lampu-lampu di Indonesia.
  • Kap Lampu
    Kap lampu dibuat dari cangkir kertas (cup) bekas minuman kopi atau teh yang terbuat dari kertas tahan air. Cup jenis ini relatif tahan panas, mampu menahan panas yang ditimbulkan oleh bohlam lampu. Jangan gunakan cup yang terbuat dari plastik, karena akan mudah meleleh terkena panas.
  • Bohlam Lampu
    Pilih bohlam lampu jenis hemat energi, atau lebih baik lagi jenis LED. Lampu LED ini hampir tak menimbulkan panas, sehingga kap lampu tak mudah gosong terkena panas. Pilih bohlam dengan daya kecil, karena lampu tidur tak membutuhkan cahaya terang. Misalnya 5 atau 3 watt telah cukup. Ukuran bohlam (diameter bulp) carilah yang kecil pula, agar muat ke dalam berbagai ukuran cup yang biasa dipakai.

2. Membuat lobang pada cup kertas untuk difungsikan sebagai kap lampu. Lubangi bagian bawah cup seukuran ulir bohlam lampu.
3. Merakit dengan memasang bohlam dan kap lampu pada fitting.

Maka jadilah kini lampu tidur cantik buatan kita sendiri.

Lampu tidur unik buatan sendiri

Lampu tidur unik buatan sendiri

Lampu ini sangat awet. Jika ada kerusakan, misalnya bohlam lampunya mati, tinggal diganti yang baru. Warna dan bentuk kap lampunya bisa di gonta-ganti sesuai selera. Untuk itu jangan pernah buang cup bekas kopi atau teh dari coffee shop! Jadikan saja koleksi untuk kap lampu tidur anda! He he …


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.