Mancing Unik Dengan Botol Plastik Bekas

By mangkoko : last updated 01 Dec 2015

Biasanya orang mancing menggunakan mata pancing (hook) berupa kait baja berbentuk setengah jangkar. Namun di Pantai Marina Semarang, saya menemukan beberapa orang sedang memancing ikan belanak dengan cara berbeda. Di ujung pancing tidak terpasang hook, tetapi tergantung botol plastik bekas larutan penyegar. Jangan-jangan sang ikan sedang panas dalam! He he …

Memancing ikan belanak dengan botol plastik

Memancing ikan belanak dengan botol plastik

Botol plastik bekas kemasan larutan penyegar yang tergantung di ujung senar pancing ini tentu saja bukan obat panas dalam buat ikan, tetapi adalah piranti penjebak ikan. Botol diisi dengan umpan agar ikan tertarik untuk masuk ke dalamnya. Begitu ikan masuk, sang pemancing segera menariknya … strike!

Apakah ikan tak meronta keluar? Ternyata tidak.
Ikan akan tertarik memakan umpan dan masuk ke dalam botol dengan kepala lebih dahulu. Pada umumnya ikan juga tak bisa berenang mundur. Untuk berbalik juga tak memungkinkan, karena ukuran botol relatif sempit. Tidak cukup untuk memutar tubuh. Itulah alasan kenapa ikan yang tertangkap tidak bisa meronta keluar dari dalam botol.

Mata pancing dari botol plastik bekas larutan penyegar

Mata pancing dari botol plastik bekas larutan penyegar

Lihatlah bentuk mata pancing dari botol plastik pada gambar diatas. Cara membuatnya kurang lebih sebagai berikut:

  1. Botol plastik di potong bagian pantatnya. Kemudian dipasang di unjung senar tali pancing.
    Botol yang digunakan dari bekas air mineral 500 ml, atau botol bekas larutan penyegar. Botol bekas larutan penyegar lebih ideal digunakan, karena memiliki leher lebih panjang dan menyempit di ujungnya. Sehingga lebit menyulitkan ikan yang telah terjebak untuk lolos keluar.
  2. Di salah satu sisi punggung botol dipasang pelampung berupa potongan karet bekas sandal jepit. Di sisi lain di pasang pemberat dari besi.
  3. Di beberapa bagian botol di lubangi dengan diameter sekitar 1 cm. Gunanya untuk mengalirkan air saat mata pancing di tarik ke atas. Jika tanpa lobang akan berat saat ditarik, karena terisi penuh dangan air.

Cara Mancing Ikan Belanak Menggunakan Botol Plastik

Ikan belanak (valamugil seheli) adalah jenis ikan yang suka berkelompok. Banyak ditemukan di sebagian besar perairan laut di Indonesia. Bentuknya memanjang menyerupai ikan bandeng, namun berukuran lebih kecil. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama blue-spot mullet atau blue-tail mullet (Wikipedia.org).

Ikan belanak termasuk ikan yang sulit dipancing dengan cara biasa. Namun dengan menggunakan mata pancing dari botol plastik bekas ini terlihat cukup mudah. Umpan yang digunakan juga tak sulit diperoleh. Karena berupa tepung terigu, tanpa campuran apapun.

Tepung terigu untuk umpan ikan mancing belanak

Tepung terigu untuk umpan ikan mancing belanak

Cara memancingnya sebagai berikut:

  1. Botol plastik diisi sedikit air. Kemudian dimasukkan satu sendok makan tepung terigu sebagai umpan.
  2. Lempar botol plastik ke posisi yang diperkirakan banyak terdapat ikan belanak. Ruangan dalam botol akan segera terisi dengan air, mengakibatkan botol setengah tenggelam. Tepung terigu sebagai umpan akan larut di air di dalam dan menyebar di depan pantat botol yang terbuka. Sehingga menarik perhatian ikan.
  3. Ketika terasa getaran di joran pancing, atau terlihat ada ikan telah masuk ke dalam botol, segera tarik dan angkat dari atas air. Sebagian air di dalam botol akan mengalir ke luar dari lubang-lubang di botol.
  4. Saat terbaik memancing belanak adalah pada pagi dan sore hari, saat ikan sedang beraktifitas mencari makan.

Joran yang digunakan untuk memancing dengan cara ini sebaiknya dipilih yang agak kaku, supaya mudah dan ringan saat menarik setelah ikan terperangkap. Botol plastik yang yang terisi air lumayan berat. Jika joran terlalu lentur akan sangat menyulitkan.

Selain ditemui di pantai Marina Semarang, cara memancing seperti ini konon banyak dilakukan pula oleh mancing mania di pantai Pondok Bali Pamanukan, Subang Jawa Barat.

 


Share :

2 thoughts on “Mancing Unik Dengan Botol Plastik Bekas

  1. Ira Guslina

    Menarik caranya… nggak kebayang kalau ikannya doyan terigu… mau bikin kue kayaknya 😀

    mangKoko says:
    Mungkin jika umpannya ditambah minyak goreng, ikan-ikan akan bikin bakwan ya mbak Ira!
    🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.