Jus Terong Belanda

By mangkoko : last updated 16 Oct 2015

Terong adalah jenis buah yang biasa dimasak dan dimakan sebagai sayur maupun sebagai lalap. Lodeh terong menjadi salah satu menu masakan berbahan terong yang paling populer. Tetapi ada jenis terong yang tidak dipersepsi sebagai sayur tetapi sebagai buah. Namanya terong belanda (Solanum bataceum).

Terong Belanda (Solanum bataceum)

Terong Belanda (Solanum bataceum)

Dalam bahasa Inggris terung belanda dipanggil dengan nama tamarillo. Tanaman ini memang masih dalam keluarga terung-terungan (Solanaceae).

Konon tanaman penghasil buah yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941 ini diperkenalkan dan dikembangkan oleh orang-orang Belanda jaman penjajahan dulu. Mungkin karena itulah sehingga dikenal dengan nama terong belanda. Padahal sebenarnya buah tersebut tidak berasal dari Belanda, tetapi dari daerah Amazon di Peru, Amerika Latin.

Buah terung belanda berbentuk bulat telur, ukuran garis tengah buah sekitar 4 s/d 4.5 cm, sedangkan panjang/tinggi bagian lonjong sekitar 5 s/d 5.5 cm.

Terong belanda banyak mengandung provitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan vitamin C untuk mengobati sariawan, panas dalam dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu juga mengandung antosianin, yaitu salah satu jenis antioksidan golongan flavonoid. Daging buahnya mengandung serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit.

Syarat Tumbuh Terong Belanda
Terong belanda hanya tumbuh baik di daerah tropis dengan syarat di pegunungan/dataran tinggi pada ketinggian antara 450 s/d 1700 mdpl. Ketinggian terbaik adalah sekitar 1000 mdpl. Sehingga keinginan mang Koko untuk menanam di kebun rumah untuk sementara di tunda.

Ditunda Sampai kapan? Ya sampai siapa tahu suatu saat ada varietas terong belanda yang mampu tumbuh subur dan berbuah di dataran rendah. Dengan teknologi bidang pertanian yang terus berkembang seperti saat ini tidak menutup kemungkinan ditemukannya varietas-varietas unggul baru yang dapat tumbuh diluar habitat normalnya.

Meskipun tidak tumbuh di sembarang tempat, terong belanda telah banyak dibudidayakan, sehingga mudah ditemukan di supermarket. Harganyapun cukup terjangkau.

Sekarang ke dapur saja yuk !
Bagaimana sih, tips membuat jus terong belanda yang nikmat, nyess, dan nyus ?

Bahan yang dibutuhkan :

1. 4 buah terong belanda
2. Gula pasir 3 sendok makan
3. Air mineral / air matang 3 gelas

Cara membuat jus terong Belanda:

  1. Cuci bersih terong belanda kemudian potong menjadi 2 bagian. Kerok daging buah dan isinya. Jangan sampai kulit buahnya ikut. Karena kulit buah ini akan menimbulkan rasa pahit. Sebenarnya anda bisa juga mengupas kulitnya, tetapi kulit terong belanda cukup liat sehingga agak susah dikupas. Jadi cara yang paling gampang ya belah dan kerok isinya.
  2. Masukkan daging buah yang telah dikerok tadi beserta gula dan 3 gelas air matang ke dalam blender. Sebaiknya gunakan blender yang terdapat filter/saringan di bagian tengahnya. Informasi tentang blender dengan fitur fruit filter ini saya tulis lebih detil di artikel: Resep Jus Mangga ala mangKoko.  Blender yang seperti ini akan memudahkan kita membuat jus, karena kita tidak perlu menyaring lagi, karena ampas atau bagian kasarnya akan terkumpul di bagian tengah. Sehingga jus yang di hasilkan akan sangat lembut, tidak ada serat kasar yang mengganggu tenggorokan waktu meminumnya.
  3. Blender sampai halus, dan tuangkan dalam 3 gelas. Jika suka dingin tambahkan potongan-potongan es batu.
Segelas jus terong belanda yang nikmat

Segelas jus terong belanda yang nikmat

Nah sekarang jus terong belanda yang sedap, nyus dan nyes siap dinikmati. Sebaiknya segera diminum selagi masih segar, karena terong belanda termasuk buah yang mudah teroksidasi.

Jika dibiarkan dalam waktu beberapa jam warna jus yang merah tua/peach akan berubah menjadi coklat. Inilah tandanya jus tersebut sudah teroksidasi. Jus teroksidasi artinya telah banyak mengandung oksidan di dalamnya, sehingga tidak lagi menyehatkan bagi tubuh.

 


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.