Resep Jus Mangga Ala mangKoko

By mangkoko : last updated 21 Oct 2015

Musim mangga telah tiba, saatnya menikmati manis, harum dan segarnya buah batu (drupa) yang berdaging lembut ini. Pada saat awal musim penghujan, anda akan sangat mudah menemukan para penjual mangga menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan.

Inilah saatnya memanjakan lidah dengan kelezatan buah yang panen rayanya setahun sekali ini. Buah-buah yang telah matang dan manis, paling sedap dimakan segar. Namun jika menemukan buah mangga yang berasa asam, janganlah kecewa! Justru saatnya anda menikmati jus mangga yang paling istimewa.

jus-mangga

Jus mangga segar tanpa bahan pengawet

Mangga yang manis, memang kurang nendang dibuat menjadi jus. Yang paling enak dibuat jus justru mangga matang yang ada rasa asamnya. Mangga varietas okyong termasuk salah satu mangga yang sedap dibuat jus. Mangga okyong yang telah benar-benar tua (apalagi masak di pohon) wow … sungguh sedap: harum, manis dan segar rasanya.

Namun jika dipetik belum benar-benar tua akan muncul rasa asam yang sangat ideal dibuat manjadi jus.

Pada umumnya jus buah (bisa pula disebut smoothies), paling enak dan maksimal kandungan gizi-nya jika dinikmati segar. Artinya selesai dibuat, langsung diminum. Namun akan merepotkan jika hal ini dilakukan setiap hari. Untuk itu, saya akan berbagi resep membuat jus mangga, yang tetap segar dinikmati selama beberapa hari meskipun tanpa tambahan bahan pengawet.

Bahan yang digunakan hanya: buah mangga segar, gula pasir dan air layak minum. Sedangkan alat yang digunakan hanya berupa pisau buah, dan blender. Saya tidak menyarankan menggunakan juicer karena tidak cukup efektif mengekstrak buah menjadi jus. Sedikit sekali prosentasi yang menjadi jus, sebagian besar justru terbuang percuma menjadi ampas. Menggunakan blender akan lebih efektif, hanya sedikit yang terbuang sebagai ampas.

Blender Dengan Penyaring Ampas
Akan lebih baik bila anda memiliki blender yang dilengkapi dengan penyaring buah (fruit filter) yang di pasang pada bagian tengah gelas blender. Filter ini sangat memudahkan pekerjaan kita menyaring bagian serat kasar dari buah. Saat daging buah dilumatkan, saat itu pula di dorong melewati penyaring, bagian ampas kasar-nya akan tetap tertinggal di dalam filter.

Tanpa menggunakan fruit filter, anda harus melakukan penyaringan sendiri diluar blender. Anda tahu kan, bahwa bagian paling menjengkelkan saat membuat jus adalah melakukan penyaringan manual ini? Dengan fruit filter bagian paling tidak asyik ini tidak lagi perlu dilakukan. Tidak semua merek dan tipe blender memiliki fasilitas fruit filter. Jadi jika anda berniat membeli blender, pastikan yang memiliki fitur fruit filter.

Blender yang dilengkapi dengan fruit filter

Blender yang dilengkapi dengan fruit filter

Cara membuat jus mangga (untuk 2 liter jus)

  1. Siapkan 4 bitir buah mangga berukuran sedang, cuci bersih dengan air mengalir.
  2. Kupas buah dengan hati-hati, cucilah tangan sebelum mengupas, karena setelah dikupas daging buah mangga tidak perlu dicuci lagi.
  3. Potong daging buah dalam ukuran memanjang, supaya mudah dimasukkan dalam blender.
  4. Siapkan blender, pasang fruit filter, kemudian tutup bagian atasnya dan lakukan penguncian dengan cara memutar, agar posisi fruit filter erat terpasang.
  5. Isi blender dengan air dingin layak konsumsi kira-kira 1liter atau 50% kapasitas blender ukuran srandard.
  6. Masukkan 6 sendok makan (munjung) gula pasir.
  7. Masukkan potong-potongan daging buah mangga sampai penuh.
  8. Nyalakan blender sampai buah terlihat telah lumat.
  9. Masukkan mangga yang masih tersisa dan nyalakan blender lagi.
  10. Jika wadah blender telah penuh padahal buah masih tersisa, tuangkan jus yang telah jadi pada wadah sementara
  11. Kemudian tambahkan air dan lumatkan sisa buah sampai habis.
  12. Tempatkan seluruh jus yang telah jadi dalam satu wadah, kemudian aduk agar kekentalan merata.
  13. Cicipi, jika kurang masis tambahkan lagi gula pasir, tergantung selera. Gula pasir ini selain sebagai pemanis, berfungsi pula sebagai pengawet alami. Sehingga jika anda menghendaki jus tanpa gula, maka sebaiknya segera dikonsumsi, karena tidak tahan simpan.
  14. Tuangkan jus ke dalah botol berukuran 1 liter, isi penuh masih-masing botol, tutup rapat-rapat, kemudian simpan di dalam kulkas.

Nah … sekarang jus mangga yang segar telah jadi dan siap diminum kapan saja.

Buah yang telah dilumatkan dan bersentuhan dengan udara luar akan terjadi proses oksidasi. Untuk membatasi terjadinya proses ini, maka setelah jus selesai dibuat harus segera diisikan ke dalam botol kedap udara. Pengisian ke dalam botol harus penuh, agar sesedikit mungkin rongga udara di dalam botol sehingga proses oksidasi yang membutuhkan oksigen dari udara terhambat.

Cara mengkonsumsinya sebaiknya jangan di buka semua sekaligus. Buka botol pertama, jika masih tersisa simpan kembali ke dalam kulkas. Kemudian jika akan meminumnya lagi lakukan pada botol pertama. Jika sudah habis barulah buka botol kedua.


2 thoughts on “Resep Jus Mangga Ala mangKoko

  1. aira abdullah

    kebetulan saya penyuka mangga,tpi ga faham jenis2’y,hee… diblender’y cuma pke blender tanpa filter… ^_^

    mangKoko says:
    Wilujeung sumping di imah mamang, teh Aira …
    :-)

    Reply
  2. agung

    Mengolah buah menjadi jus merupakan salah satu cara untuk mengkonsumsi buah dengan cara berbeda, buah mangga juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

    mangKoko says:
    Setuju mas Agung.
    Blog “Info kesehatan”-nya bagus mas. Keep writing & inspiring!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.