Teh Krampul ala Angkringan Solo

By mangkoko : last updated 27 Nov 2015

Pernah dengar minuman hangat bernama teh krampul? Jika kebetulan lagi berada di kota Solo, cobalah mengunjungi warung-warung angkringan malam hari, yang banyak bertebaran di berbagai penjuru di kota., dan cobalah pesan nama minuman itu. Teh krampul memang salah satu minungan hangat yang populer disajikan di warung-warung angkringan di kota Solo.

Teh krampul ala Warung Angkringan Solo

Teh krampul ala Warung Angkringan Solo

Sesuai dengan namanya: teh krampul (atau ada pula yang menyebut teh kampul) sesungguhnya hanyalah teh panas manis ditambah beberapa irisan tipis jeruk nipis, sengaja hanya di-cemplungkan, tidak diperas. Irisan jenuk nipis terlihat melayang-layang di tengah gelas, krampul-krampul (dalam bahasa Jawa) sehingga di panggil dengan nama teh krampul.

Rasanya mirip seperti lemon tea yang disajikan panas, dengan kadar rasa asam dari jeruk nipis yang minimalis. Bagi saya, rasanya sungguh nendang, campuran wangi teh melati plus jeruk nipis yang khas, sangat pas untuk menemani kelezatan makan malam dengan menu nasi dan lauk pauk ala angkringan yang tradisional, ramah di kantong dan memorable, sungguh asyik.

Karena cara membuatnya yang begitu sederhana, di rumah-pun saya sering membuatnya sendiri. Cukup disiapkan segelas teh melati nasgitel (artinya: panas legi kentel – panas manis kental) di tambah 2 atau 3 iris tipis jeruk nipis organik segar, yang baru saja dipetik dari tabulampot jeruk nipis yang tumbuh di depan rumah. Sungguh nikmat, menemani malam yang kini terasa agak dingin di Semarang, mungkin karena bulan Mei telah memasuki musim kemarau ya!

Kenikmatan itu ternyata bisa datang dari sesuatu yang begitu sederhana, sesuatu yang bisa kita lakukan sendiri di rumah …


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.