Green Dragonfly

By mangkoko : last updated 23 Mar 2015

Hari masih pagi, sisa-sisa kabut masih membayang di udara, para penghuni kebun seakan enggan beranjak dari peraduannya. Terlihat seekor capung hijau bertengger dengan antengnya di pucuk daun pepaya. Angin berhembus sangat lembut, hampir tidak menggoyang dedaunan sedikitpun, sehingga memungkinkan beberapa kali bidikan kamera mengabadikan sosok sang naga terbang.

Capung Hijau (Odonata Anisoptera) sepertinya adalah salah satu jenis capung yang mampu bertahan pada lingkungan urban yang semakin padat mengikis habis habitat alaminya. MangKoko masih sering melihat capung ini berkeliaran di sekitar rumah. Jenis capung lain seperti capung merah dan capung jarum, sudah sangat jarang terlihat. Dalam bahasa Inggris, capung dipanggil dengan nama Dragonfly. Beberapa daerah di Jawa menyebut capung besar ini dengan nama Ndokerok, dan capung yang bertubuh lebih kecil dan ramping dipanggil dengan nama Ndokiyik.

Mungkin di daerah anda ada sebutan berbeda untuk sang naga terbang ini ?

Capung adalah serangga yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dalam rantai makanan bertindak sebagai predator pemakan nyamuk, dan serangga kecil lainnya seperti lalat, lebah, semut, dan tawon. Mereka menyukai area basah seperti rawa-rawa, danau, kolam, dan sungai. Meskipun bertindak sebagai predator, capung juga harus menghadapi predator lain sebagai musuh alaminya, yaitu burung, kadal, katak, dan laba-laba.

Wallpaper Capung Hijau (Odonata Anisoptera)

Wallpaper Capung Hijau (Odonata Anisoptera)

Silahkan download wallpaper capung hijau di :

 


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.