Bertahan di Padang Gersang

By mangkoko : last updated 27 Jun 2014

Di negeri kita pepohonan tumbuh subur menjadi hal yang sangat lumrah. Bahkan perdu dan rumput liar yang tidak dikehendaki pun tumbuh subur dengan sendirinya. Sangat kontras dengan lingkungan padang pasir seperti di kota suci Makah. Tak ada secuilpun rumput yang tumbuh di tepi jalan. Pohon-pohon yang kelihatan tumbuh di tepi jalanan kota hanyalah pohon Soekarno. Itu karena memang dirawat dan disirami secara rutin oleh dinas pertamanan kota Makah.

Pohon Soekarno menyejukkan Arafah (Credit foto: news.detik.com)

Pohon Soekarno menyejukkan Arafah (Credit foto: news.detik.com)

Pohon Soekarno (Syajaroh Soekarno) adalah sebutan untuk pohon mimba (Azadirachta indica) yang konon merupakan sumbangan dari Indonesia pada jaman pemerintahan Presiden Soekarno sekitar tahun 1955. Selain mengirimkan ribuan bibit mimba, presiden Soekarno juga mengirimkan para ahli agronomi dari Indonesia untuk mengembangkan pohon yang terkenal mampu bertahan pada iklim sangat kering dan tanah yang gersang.

Di luar kota, akan lebih sulit menemukan pepohonan. Sajauh mata memandang hanya terhampar gundukan pasir dan bukit-bukit batu yang sangat gersang. Sesekali memang terlihat pohon-pohon perdu liar yang mampu bertahan pada lingkungan yang ekstrim tersebut.

Di Jabal Magnet (Manthaqotul Baido, tanah putih), sebuah daerah perbukitan batu yang terletak sekitar 60 km dari kota Madinah, mangKoko menemukan sebatang pohon liar yang sangat luar biasa. Tumbuh subur di alam liar yang sangat kering dan gersang. Entah apa nama pohonnya. Bentuknya perdu bercabang banyak, dengan daun-daun hijau mirip daun kelor namun lebih tebal dan keras jika diraba.

Pohon ini seakan memberi pesan pada kita. Di tempat sekering dan setandus apapun di muka bumi ini, kehidupan ternyata mampu bertahan.

Pohon perdu di Jabal Magnet, bertahan hidup di iklim sangat kering dan gersang

Wallpaper: Bertahan di padang gersang

Inspirasi yang bisa kita petik dari kehebatan pohon ini adalah kesederhanaan, ketegaran, kekuatan, dan tahan uji.

Silahkan download fotonya sebagai wallpaper di :


One thought on “Bertahan di Padang Gersang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.