Bunga Kantung Merah

By mangkoko : last updated 10 Jan 2015

Bunga Kantung Merah saya lihat pertama kali di sebuah resort berhawa sejuk di Bandungan. Waktu itu, mata saya tertambat pada serumpun bunga warna merah muda yang bertengger dengan asyiknya di sebuah tebing batu. Saat didekati terlihat rumpun tanaman itu tumbuh di sela-sela tumpukan batu yang ditata membentuk tebing talut untuk menahan tanah agar tidak longsor pada kontur perbukitan tempat berdirinya resort.

Bunga kantong merah, yang tumbuh di tebing

Bunga kantong merah, yang tumbuh di tebing

Rumpun tanaman ini memiliki bunga merah muda berbentuk kantong, dari jauh saya kira kantung semar, tetapi setelah didekati jelas bukan jenis tanaman pemakan serangga itu. Ukuran kantung bunga relatif kecil, berdiameter sekitar 1.5 cm dan panjangnya sekitar 4-5 cm. Daunnya berwarna hijau tua, dengan tekstur kasar dan tulang daunnya terlihat seperti garis putih dilihat dari atas permukaan daun.

Sebenarnya sosoknya sangat sederhana, namun menjadi terlihat anggun karena tempat tumbuhnya di sela-sela tebing batu. Sehingga memuncuklan kesan sebuah kelembutan, keanggunan di lingkungan kerasnya bebatuan gunung.

Saya memberi nama bunga cantik ini: Bunga Kantung Merah. Terus terang saya tidak tahu nama sesungguhnya dari tanaman berbunga ini. Saya telah mencoba menyusuri lapak-lapak penjual bunga yang banyak terdapat di sekitar pasar Bandungan untuk mencari jenis tanaman ini. Tujuan saya barangkali saja mereka menjajakan, sehingga saya bisa menanyakan apa nama tanaman ini. Namun ternyata tidak berhasil menemukan satu batang-pun. Saya juga telah coba telusur di dunia maya untuk mencari referensi tentang bunga ini, hasilnya juga nihil pula. Jadi nggak apa-apa kan, kalau saya namai sendiri bunga cantik mungil itu?

Wallpaper bunga kantong merah tumbuh di sela-sela batu tebing

Wallpaper bunga kantong merah tumbuh di sela-sela tebing batu gunung

Foto bunga Kantong Merah dapat anda download di :

Sosok bunga sederhana namun terlihat anggun sekaligus kuat penuh semangat ini bagi saya sangat inspiratif. Telah 5 bulan foto-foto bunga ini ingin saya publish di blog, tetapi kerena tak kunjung menemukan referensinya, jadi terus tertunda. Hari ini, meskipun saya tetap belum menemukan referensinya saya putuskan untuk ditampilkan dengan harapan barangkali ada diantara sahabat sekalian yang mengetahui tentang bunga ini berkenan berbagi informasi dengan saya.

Adakah diantara anda yang tahu nama dari bunga ini ?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.