Pesona sang Anggrek Tebu

By mangkoko : last updated 15 Oct 2015

Anggrek tebu, mungkin disebut dengan nama itu karena sosok tanamannya yang menjulang tinggi seperti pohon tebu, sehingga dipanggil dengan nama Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum). Tanaman ini merupakan anggrek terbesar diantara saudaranya dari keluarga anggrek (Orchidaceae), sehingga sering disebut anggrek raksasa.  Tingginya bisa mencapai 3 meter. Dalam satu tangkai bisa dipenuhi puluhan bunga-bunga cantik bercorak totol coklat mirip dalmatian. Barangkali tidak ada salahnya disebut anggrek dalmatian.

Anggrek tebu adalah jenis tanaman anggrek yang membutuhkan paparan sinar matahari langsung dalam pertumbuhannya. Berbeda dengan jenis anggrek epifit yang menghendaki lingkungan tumbuh di bawah naungan. Dalam bahasa Inggris sang anggrek raksasa ini dipanggil dengan nama Sugar Cane Orchid, Giant Orchid, atau Queen of the Orchids ini

Berikut 2 buah foto anggrek tebu yang sudah diformat sebagai wallpaper. Foto pertama adalah setangkai penicle atau malai anggrek tebu yang dipenuhi dengan bunga bunga cantik bertotol-totol coklat.

 

Wallpaper Satu Malai Anggrek Tebu

Wallpaper Satu Malai Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)

Silahkan download di :

Foto kedua dibawah adalah closeup bunga anggrek tebu yang juga bisa anda download sebagai wallpaper.

Wallpaper Closeup Sekuntum Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)

Wallpaper Closeup Sekuntum Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)

Silahkan download di :

Tanaman anggrek yang tergolong terbesar dan terberat ini ermasuk tanaman yang dilindungi di Indonesia, karena memang populasi anggrek tebu di alam sudah semakin langka. Penyebaran alami tanaman ini meliputi hampir setiap pulau besar di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi Kalimantan, Sulawesi hingga ke Irian. Selain di Indonesia, anggrek ini ditemukan pula di wilayah Asia tenggara seperti Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan tentu saja Papua Nugini.

Mengingat karakter pertumbuhan anggrek tebu yang membentuk rumpun dan tumbuh meninggi, maka akan lebih cocok ditanam di halaman rumah sebagai center of point sebuah taman. Malai bunga yang berukuran besar, dihiasi dengan kuntum-kuntum bunga warna kuning bercorak coklat keunguan menjadi daya tarik yang mengundang decak kagum bagi siapapun yang memandangnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.