Bunga Tapak Dara Ungu

By mangkoko : last updated 01 Mar 2016

Bunga Tapak Dara (Catharanthus roseus) adalah tanaman berbunga yang sangat mudah tumbuh di Indonesia. Sering tumbuh liar ditemui di pinggir-pinggir jalan, parit, bahkan di sela-sela tembok pagar yang terkelupas. Bunganya cantik beraneka warna, ada pink, ungu dan putih. Tapak dara adalah perdu tahunan yang konon berasal dari Madagaskar, kemudian menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya.

Catharanthus roseus, soldaten bloem, kembang tembaga, kemunting cina

Bunga Tapak Dara Ungu

Di Sulawesi tapak dara disebut sindapor, orang Sunda menyebutnya kembang tembaga, dan di Jawa (daerah-daerah berbahasa Jawa) dipanggil dengan nama kembang tapak doro. Orang Malaysia mengenalnya pula sebagai kemunting cina, pokok rumput jalang, pokok kembang sari cina, atau pokok ros pantai. Di Filipina ia dikenal sebagai tsitsirika, di Vietnam sebagai hoa hai dang, di Cina dikenal sebagai chang chun hua, di Inggris disebut rose periwinkle, dan di Belanda dinamai soldaten bloem. (Sumber: Id.Wikipedia)

Manfaat Tapak Dara
Semua bagian tanaman ini, baik akar, batang, daun dan bunga, dipercaya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Bunganya dimanfaatkan sebagai obat anemia, daunnya bisa membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita penyakit darah tinggi. Sedangkan bonggol akarnya dipercaya bisa mengobati asma dan bronchitis. Tetapi penggunaan tanaman tapak dara untuk pengobatan, sebaiknya berhati-hati. Karena komponen kimiawi tapak dara termasuk kuat, bahkan ada bagian dari tanaman ini yang dianggap racun yaitu pada pokok bunganya.

Berikut adalah bunga tapak dara ungu yang tumbuh di tepi jalan hasil jepretan mang Koko, dan tentu saja sudah diformat sebagai wallpaper.

Silahkan download jika berkenan :

 


Baca juga :
Wallpaper Sebagai Pengingat Visual.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.