Festival Durian Semarang 2015, dan Lomba Buah Lokal Unggul

By mangkoko : last updated 04 Nov 2015

Para penggemar durian di Semarang, saat ini lagi dimanjakan dengan diadakannya Festival Durian Semarang 2015 (6-8 Maret 2015). Event ini adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kota Semarang. Untuk tahun ini tidak hanya buah durian yang ditampilkan, tetapi juga buah lokal lain seperti duku, alpukat, manggis, dan salak turut dilombakan.

Durian-durian dari Mijen dan Gunungpati Semarang

Durian-durian dari Mijen dan Gunungpati Semarang

Festival dilangsungkan di  lapangan Jatisari, Jl. RM. Hadisubeno  Mijen, dapat ditempuh dari kota Semarang kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan santai dengan mobil. Untuk kesana silahkan menuju barat ke arah Jakarta, kemudian belok kiri menyusur jalan ke arah Bumi Semarang Baru (BSB). Lapangan Jatisari terletak di sisi kanan jalan setelah melewati BSB.

Lomba durian di Festival Durian Semarang 2015

Lomba durian di Festival Durian Semarang 2015

Sebagai antisipasi membludaknya pengunjung seperti penyelenggaraan pertama tahun lalu, tahun ini akan disiapkan sekitar 10 ribu buah durian agar tidak lagi ada pengunjung kecewa karena kehabisan stok durian yang terjadi tahun lalu. Seperti dilaporkan Antara News: seluruh potensi buah durian di sentra penghasil durian di Kecamatan Mijen dan Gunungpati akan dikerahkan untuk mendukung acara ini. Buah durian dari 2 daerah ini memang terkenal enak, manis dan berdaging cukup tebal.

Buah manggis unggul juga dilombakan

Buah manggis unggul juga dilombakan

Pada event ini, banyak pengunjung yang tak menyia-nyiakan kesempatan untuk langsung menikmati durian di tempat. Memang direkomendasikan makan di tempat, tidak dibawa pulang, karena ada garansi jika tidak enak langsung diganti dengan durian lain yang enak.

Tentang kualitas rasa durian Semarang, saya mohon maaf jika tidak bisa bercerita detil, karena (terpaksa) tidak menggemari durian karena tubuh saya kurang ramah dengan buah yang beraroma sangat kuat itu.  Namun di sana saya tetap sangat menikmati keasyikan melihat ekspresi para pengunjung yang terlihat sangat menikmati kelezatan rasa buah musiman ini.

Asyiknya menikmati durian di Festival Durian Semarang 2015

Asyiknya menikmati durian di Festival Durian Semarang 2015

Ada beberapa cara menikmati durian di sini. Jika anda penggemar berat durian dan yakin tidak ada masalah apapun dengan kesehatan anda untuk makan banyak durian, ikuti paket makan durian sepuasnya dengan hanya membayar 100 ribu rupiah. Jika anda kebetulan datang berombongan anda bisa mengikuti paket menikmati durian ber-delapan orang dengan membayar 500 ribu rupiah, ada sekitar 15 buah durian ukuran cukup besar yang siap anda habiskan berdelapan. Sedangkan alternatif paling moderat pilih salah satu durian yang anda inginkan, dan nikmati di tempat. Jika tak enak minta ganti.

500 ribu rupiah untuk paket ber-8 menikmati durian

500 ribu rupiah untuk paket ber-8 menikmati durian

Agenda acara yang di publikasikan penyelenggara pada hari pertama 6 Maret 2015 adalah Lomba Buah Lokal Unggul tingkat provinsi Jawa Tengah.Selain durian, ada beberapa macam buah yang kebetulan musim penennya bersamaan dengan durian atau buah-buah tanpa mengenal musim turut dilombakan seperti duku, alpukat, manggis dan salak. Dari pangi sampai siang hari saat saya berkunjung ke sana sedang dalam tahap penjurian.

Hari kedua, adalah acara seremonial pembukaan secara resmi oleh Wali Kota Semarang. Disusul lomba makan durian dan lomba buah durian terbesar. Hari ketiga (Minggu 8 Maret 2015) rupanya sebagai acara yang dimaksudkan untuk bisa dinikmati oleh seluruh keluarga dengan manambah acara lomba bagi anak-anak.

Sebagai penggemar durian, apakah anda tidak tertarik untuk berkunjung ke sana?


2 thoughts on “Festival Durian Semarang 2015, dan Lomba Buah Lokal Unggul

  1. wisatania

    Saya lahir dan besar di semarang, tapi sudah 10 tahun gak pulang semarang.. eh baru tahu kalau ada festival durian… hmmm keki poll.

    mangKoko says:
    Padahal Solo-Semarang sekarang terasa sangat dekat lho!
    Dan Semarang sekarang telah banyak berbenah, banyak sudut menarik untuk dikunjungi.

    Reply
  2. Intan

    wah saya suka sekali durian, sayang udah lewat. tahun depan ada lagi enggak ya?

    mangKoko says:
    Biasanya sih … diadakan setiap tahun mbak Intan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.