Pameran Bonsai Semarang 2014

By mangkoko : last updated 04 Nov 2015

Pameran Bonsai Semarang 2014 telah diselenggarakan pada tanggal 3-16 November 2014 di Taman KB, Jl. Menteri Supeno Semarang. Event yang bertajuk Pameran Nasional Bonsai Kota Semarang 2014 (Go Green Bonsai Kota Semarang) ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Semarang bekerja sama dengan Pemkot Semarang.

Pameran Bonsai Taman KB Semarang 2014

Pameran Bonsai Taman KB Semarang 2014

Meskipun sebuah pameran atau kontes bonsai pada umumnya tidak memperebutkan hadiah yang berupa uang, namun tetap ramai diikuti oleh para kolektornya untuk meningkatkan peringkat bonsai yang dimilikinya. Bahkan beberapa kolektor rajin mengikuti berbagai kontes baik yang diselenggarakan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ada ratusan bonsai dipamerkan, panitia mengklaim ada sejumlah 379 bonsai dari seluruh Tanah Air mengikuti pameran ini. Terdiri dari bonsai kelas prospek, regional, madya, utama sampai kelas bintang sebagai level tertinggi. Team juri melakukan penilaian seluruh bonsai yang ikut berpartisipasi, dan setelah semuanya kelar barulah dibuka untuk disaksikan bagi masyarakat umum mulai tanggal 9-16 November 2014.

Bonsai-bonsai mame (kecil) kelas regional yang menawan

Bonsai-bonsai mame (kecil) kelas regional yang menawan

Bonsai kelas prospek adalah tanaman yang dianggap masih berupa bakalan, masih membutuhkan training lebih lanjut untuk menyempurnakan menjadi bonsai yang bernilai tinggi. Kelas regional diperuntukkan bagi bonsai-bonsai yang belum pernah ikut pameran atau kontes. Jadi meskipun merupakan kelas rendah dan pendatang baru, namun terkadang kualitas dan nilainya bisa menyaingi kelas yang ada di atasnya.

Pada event ini, diadakan pula bursa bonsai. Bursa ini banyak dimanfaatkan oleh para pekebun bonsai dengan membuka stand untuk memajang bakalan atau bahan bonsai hasil produknya. Hari Sabtu 8 November lalu saya datang ke lokasi ini, tentu saja dengan maksud memuaskan hasrat menangkap seluruh keindahan bonsai yang dipamerkan dalam bentuk koleksi foto. Namun ternyata ruang pamernya belum dibuka untuk umum.

Kekecewaan terobati dengan banyak ngobrol dengan para pekebun bonsai yang rata-rata sangat bersahabat dan tentu saja sangat antusias ngobrol tentang pohon kerdil yang cantik dan anggun ini. Tentang bursa ini silahkan baca lebih lanjut pada artikel Bursa Bonsai 2014 di Taman KB Semarang.

Bonsai Mustam koleksi Husny dari Sidoarjo yang menyabet penghargaan The Best Ten Kelas Utama

Bonsai Mustam koleksi Husny dari Sidoarjo yang menyabet penghargaan The Best Ten Kelas Utama

Kesempatan memotret dengan leluasa baru terlaksana seminggu berikutnya. Memotret bonsai di pameran relatif lebih mudah dan efektif dibanding memotret langsung di kebun atau nurseri pemiliknya. Karena bonsai-bonsai dengan performa terbaik telah berkumpul di satu tempat. Ditata anggun dengan asesories yang serasi dengan gaya yang ditampilkan. Selain itu setiap tanaman selalu disertai dengan informasi nama, pemilik dan tentu saja bendera prestasi yang diraihnya.

Event seperti ini sangat pantas untuk diapresiasi. Sebagai upaya untuk menyejuk-hijau-segarkan kehidupan sosial masyarakat Semarang, kota di tepi pantai yang relatif panas. Pemerintah kota Semarang sendiri beberapa tahun belakangan terlihat berupaya mendukung agenda-agenda ramah lingkungan. Sebelumnya juga digelar pameran hortikultura, diadakan 6 bulan sebelum bursa bonsai pada bulan November 2014.

Bonsai-bonsai Kelas Bintang di Pameran Bonsai Semarang 2014

Bonsai-bonsai Kelas Bintang di Pameran Bonsai Semarang 2014

Mudah-mudahan acara-acara seperti ini terus diadakan berkesinambungan. Tidak sekedar hangat-hangat tahi ayam. Saya yakin, masyarakat kota Semarang pecinta tanaman akan sangat menghargai upaya ini. Apalagi jika pemkot konsisten seperti tekatnya untuk mengadakan agenda expo yang berhubungan dengan Flora dan Fauna setiap 6 bulan sekali di Taman KB ini. Siapa tahu, suatu saat Taman KB Semarang ini menjadi setenar Lapangan Banteng di Jakarta sebagai tempat Expo Flora Fauna berkualitas Internasional.

Pameran bonsai kolosal dan berskala internasional juga telah diadakan di Yogyakarta, namanya: International Bonsai Art & Culture Biennale 2014.


Share :

One thought on “Pameran Bonsai Semarang 2014

  1. senyumperawat.com

    Ternyata di semarang ada beginian ya, ditunggu event berikutnya mang

    mangKoko says:
    Konon event semacam ini, dengan tema yang mungkin berbeda akan diadakan setiap 6 bulan sekali. Semoga penyelenggara bisa konsisten!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.