Pameran Flora dan Fauna Semarang 2015

By mangkoko : last updated 04 Nov 2015

Pameran Flora dan Fauna Kota Semarang 2015 telah digelar dari tanggal 27 Maret sampai dengan 5 April 2015. Lokasinya seperti biasa di Taman KB, Jl. Menteri Supeno Semarang. Agenda acara yang mendukung gaya hidup sehat ini digelar dalam rangka menyambut hari jadi Kota Semarang yang ke 468.

Pameran Flora dan Fauna  Semarang 2015

Pameran Flora dan Fauna di Taman KB Semarang 2015

Tidak seperti pameran yang dilangsungkan tahun 2014 lalu yang lumayan meriah, pameran tahun ini terkesan sangat sepi pengunjung. Saat saya menyambangi pada hari Sabtu pagi (4 April 2015) lalu pengunjung yang terlihat rasanya tak genap dihitung dengan dua jari tangan. Taman KB yang teduh dan luas itu terlihat lengang dan leluasa karena peserta pameran atau stan yang ada juga sangat sedikit. Tentu saja tidak banyak hal yang bisa diceritakan dari pameran dengan situasi seperti ini. Bahkan hingga pukul sekitar 10 pagi pun masih banyak stan yang belum buka.

Stan tanaman anggrek di Pameran Flora dan Fauna Semarang 2015

Stan tanaman anggrek di Pameran Flora dan Fauna Semarang 2015

Jika dua event sebelumnya  di tempat yang sama mengangkat tema khusus yaitu yang pertama adalah tema anggrek pada Gebyar Flora Suara Merdeka 2014 (26 April – 11 Mei 2015) dan kemudian disusul 6 bulan kemudian dengan tema bonsai pada Pameran Bonsai Semarang 2014 (3 – 16 November 2014), maka pada pameran kali ini lebih umum. Terdiri dari buah-buahan, tanaman hias (seperti anggrek, aglonema dan anturium), juga beberapa stan fauna peliharaan seperti kelinci, sugar glider, ular, dan tokek hias warna-warni (gecko).

Sedikitnya pengunjung yang datang mengkin akibat langsung dari sangat sedikitnya stan peserta pameran. Sebab lain barangkali adalah promosi yang sangat kurang, sehingga banyak masyarakat Semarang yang tidak tahu akan adanya even ini. Saya biasanya telah tahu satu atau dua minggu sebelum gelaran acara ini diselenggarakan kali ini hampir terlewat. Informasi yang saya dapat adalah dari seorang sahabat yang kebetulan lewat Taman KB milihat di tempat ini sedang diadakan Pameran Flora dan Fauna.

Aglaonema masih tetap bertahan, meskipun masa euforia di Indonesia telah lewat

Aglaonema masih tetap bertahan, meskipun masa euforia di Indonesia telah lewat

Mudah-mudahan even yang sangat asyik seperti ini, dan telah sukses dibangkitkan di tahun 2014 lalu tidak melempem kembali di tahun 2015 ini. Saya yakin masyarakat kota Semarang selalu mendambakan event yang mendukung “green life” seperti ini. Pemerintah Kota Semarang sebagai sang empunya gawe mudah-mudahan tetap konsisten menyelenggarakan event bertema serupa, dan menggarapnya dengan lebih sungguh-sungguh. Dengan menggandeng pihak-pihak yang memang kompeten menyenggarakan acara serupa. Toh tahun lalu bisa sangat sukses … pantas diacungi jempol.

Ayo dong … bangkit lagi Flona Expo Kota Semarang !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.