Jateng Fair 2014, Nonton Pameran Sekaligus Rekreasi

By mangkoko : last updated 04 Nov 2015

Jateng Fair adalah agenda pameran rutin tahunan yang diselenggarakan di Kompleks Pekan Raya Pomosi Pembangunan (PRPP) Semarang. Tahun ini adalah event yang ke 41, diselenggarakan selama 17 hari dari tanggal 29 Agustus s/d 14 September 2014. Konsep yang diangkat adalah: pameran, hiburan, rekreasi dan kompetisi dengan tema khusus: “Ayo Wujudkan Jateng Kreatif Dan Hebat”.

Stand salah satu daerah di Jateng Fair 2014

Stand salah satu daerah di Jateng Fair 2014

Agenda acara ini bertujuan merangsang pihak swasta, BUMN, instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan masyarakat untuk mweujudkan kemandirian dan kesejahteraan wilayah Jawa Tengah. Meliputi kemandirian produksi tanaman pangan, energi, infrastruktur, pariwisata, usaha kecil menengah (UMKM) sebagai pilar utama penyangga pertumbuhan ekonomi wilayah Jawa Tengah.

Salah satu stand BUMN di Jateng Fair 2014

Salah satu stand BUMN di Jateng Fair 2014

Sebagai sebuah pameran multi produk, Jateng Fair 2014 menampilkan stand-stand Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan 35 kabupaten sejawa tengah. Mereka menampilkan identitas dan potensi kekayaan alam dan ekonomi masing-masing daerah.

Misalnya Kabupaten Klaten menampilkan industri kerajinan batik, kayu, dan industri hasil kerajinan kulit berupa wayang. Kabupaten Kebumen dan Pacitan yang terkenal akan kekayaan batuan alam menampilkan aneka kerajinan berbahan dasar batuan akik seperti pancawarna untuk mata cincin dan kalung. Demikian pula dengan kabupaten lain seperti Jepara dengan produk ukiran kayu yang telah mendunia. Dan masih banyak lagi daerah yang menampilkan potensi unggulan mereka. Nggak rugi untuk berkunjung ke sana.

PT. PRPP sebagai sang penyelenggara, tampaknya berusaha menarik minat semua usia untuk datang berkunjung. Bagi anak-anak disediakan bermacam jenis permainan ala pasar malam seperti trampolin, bianglala dan sejenisnya.

Wahana-wahana permainan anak ala Pasar Malam

Wahana-wahana permainan anak ala Pasar Malam

Digelar pula taman lampion bertema “Korean Latern Park” dan juga petualangan horor di arena bersalju yang disebut “Snow Ghost”. Banyak lampion-lampion menarik bergaya Korea yang menjadi faforit untuk berfoto. Memang taman lampionnya tidak sebagus Festival Lampion Sozhou yang degelar di tempat yang sama bulan Juni-Juli lalu. Namun masih cukup lumayan sebagai bagian dari Jateng Fair 2014.

Korean Lantern Park di Jateng Fair 2014

Korean Lantern Park di Jateng Fair 2014

Taman lampion, Jateng Park 2014

Taman lampion, Jateng Park 2014

Si Nok anak saya minta dibelikan tiket untuk masuk ke arena Snow Ghost. Namun ternyata tidak menikmati suasana yang ditampilkan. Meskipun tidak ada hal yang sungguh menakutkan di dalamnya, namun dia selalu merasa ketakutan berpegang terus mengekor di belakang ayahnya. Ornamen salju di dalamnya hanya terbuat dari sterofoam, bukan dari air yang dibekukan.

Penampilan Krido Taruno dari Temanggung yang menarik ala Ramayana Ballet - Prambanan

Penampilan Krido Taruno dari Temanggung yang menarik ala Ramayana Ballet

Salah satu acara yang menarik bagi saya adalah pegelaran budaya daerah. Malam saat kami berkunjung menampilkan Paguyuban Seni Tari Kuda Lumping & Topeng Krido Taruno dari desa Kandangan Temanggung. Mereka menampilkan tarian dengan format seperti Ramayana Ballet di Prambanan, namun kontum dan gerakan tarinya mengadaptasi pagelaran Tari Barong yang sangat populer sebagai atraksi wisata di Bali.

Adegan perang ala Tari Barong Bali, Krido Taruno Temanggung

Adegan perang ala Tari Barong Bali, Paguyuban Tari Krido Taruno Temanggung

Dengan tambahan sentuhan manajemen dan arena yang lebih representatif, tarian kuda lumping koreografi modern ala Temanggung ini akan bisa mengikuti keanggunan Ramayana Ballet Prambanan maupun popularitas Tari Barong Bali di khasanah budaya dunia pariwisata.

Adegan perkelahian dengan harimau, Paguyuban Tari Krido Taruno Temanggung

Adegan perkelahian dengan harimau, Paguyuban Tari Krido Taruno Temanggung

Selain acara-acara diatas, di arena Jateng Fair juga disajikan panggung musik yang menampilkan para artis nasional antara lain, penampilan Ada Band, Tony Q, Shagy Dog, Didi Kempot, Vagetoz, Soleh Akbar, Brodin, Endank Soekamti, Siti Badriah, Selvi KDI, Wiwik Sagita dan lain-lain.

Nonton yuk … mumpung masih ada kesempatan sampai hari minggu depan !

 


One thought on “Jateng Fair 2014, Nonton Pameran Sekaligus Rekreasi

  1. Tuxlin

    Wah keren gan, apalagi pas foto orang lagi nari tuh 😀

    mangKoko says:
    Tempaknya mulai banyak seni tradisi kita yang di kemas apik, sehingga bisa dinikmati oleh siapapun, termasuk oleh orang-orang asing yang tidak mengerti bahasa kita.
    :-)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.