Semarang Hobby Festival 2015

By mangkoko : last updated 04 Nov 2015

Di Semarang, baru saja berakhir sebuah event yang dekat dengan masalah hobby, acaranya bertajuk Semarang Hobby Fest 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 April 2015 di Pasaraya Sriratu lantai 5 yang beralamat di Jl. Pemuda Semarang. Event ini lebih menekankan pada hobby yang berhubungan dengan mainan model diecast, tamiya, paper model, cosplay dan sebangsanya. Ditambah beberapa penghobby reptil yang turut serta memeriahkannya.

Semarang Hobby Fest 2015 di Pasaraya Sriratu Semarang

Semarang Hobby Fest 2015 di Pasaraya Sriratu Semarang

Hobby adalah kata yang selalu dekat dengan asyik bagi siapapun yang ada di dalamnya. Dan hobby bisa apa saja, dari aktifitas memelihara sesuatu (misalnya flora atau fauna), mengkoleksi sesuatu, bahkan juga bergaya bagai tokoh yang dikaguminya. Dan yang sangat jelas terlihat, masyarakat yang hadir pada event acara seperti ini selalu terlihat antusias, bersemangat, dan tentu saja tak ada wajah tidak ceria. Jadi tak berlebihan kiranya jika saya katakan: “Hanya orang yang berbahagia yang memiliki hobby”.

Apakah anda mengenali karakter-karakter ini ?

Apakah anda mengenali karakter-karakter ini ?

Mainan mobil mobilan, seperti Tamiya, RC  Bugy 1/18 menjadi salah satu hobby yang ternyata bukan monopoli anak-anak, bapak-bapak-pun asyik juga bermain. Seru … seperti sebuah gelanggang adu balap sungguhan. Semua [eserta terlihat serius dan asyik mengutak-atik, melakukan setting agar mobil balap jagoannya menjadi sang pemenang.

Saya sendiri bukanlah hobbies pada mainan-mainan model seperti ini. Namun saat mengantar si Nok menyaksikan fertival ini jadi tertarik memboyong beberapa diecast mobil klasik. Sebuah mini cooper warna kuning dan VW Kodok warna biru akhirnya diboyong ke rumah. Belum kepikiran menjadi kolektor, tetapi sekedar menjadi pajangan di rumah dan menjadi obyek jeprat-jepret (baca: foto) bersama koleksi tanaman-tanaman tabulampot di rumah. Pikir saya: asyik juga memotret tabulampot yang di bawah kerimbunan tajuknya terparkir diecast VW kodok atau mini cooper yang klasik.

Pengunjung Semarang Hobby Fest 2015 di area pameran

Pengunjung Semarang Hobby Fest 2015 di area pameran

Saya baru tahu, untuk mengunjungi festival mainan seperti ini dikenakan tiket masuk, lumayan juga harganya Rp 20.000,- per orang tak terkecuali anak-anak. Di dalamnya terdapat gerai-gera penjual aneka macam mainan hobby, pemeran koleksi dari komunitas-komunitang penghoby gundam, cosplay, pape model & toy dan lomba balap tamiya dan sejenisnya.

Asyik memang menyaksikan dan memotret koleksi-koleksi yang ditampilkan. Dan yang tak kalah asyik pula menyaksikan para penggemar dan sekaligus kolektor yang hilir mudik antusias sekaligus terlihat begitu serius berburu model yang diinginkannya. Di beberapa sudut terlihat pula beberapa orang yang serius berdiskusi membahas item-item model yang di tampilkan.

Paper model yang ternyata juga sangat menarik!

Paper model yang ternyata juga sangat menarik!

Memang hobby menjadi sesuatu yang passionate.
Apa hobby anda sahabat ? Apakah anda juga antusias menjalankan hobby anda ?


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.