SMESCO Netizen Vaganza 2015

By mangkoko : last updated 28 Sep 2015

Apa yang akan terjadi tatkala para Netizen berkolaborasi bareng dengan KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah) se Indonesia? Sangat mungkin: sebuah daya ungkit luar biasa akan muncul melambungkan popularitas produk-produk unik para pengrajin pengUsaha Kecil Menengah Indonesia ke seluruh penjuru dunia. Tentu saja “tipping point” ini baru akan terjadi bila ada partisipasi kreatif anda sebagai seorang netizen. Bergabung yuk, ikut ambil bagian di dalamnya!

SMESCO Building

SME Tower, Jl. Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta

Bermula dari SMESCO Indonesia Company (SIC), sebuah lembaga layanan pemasaran produk-produk KUKM dibawah Kementerian Negara Usaha Kecil dan Menengah meletakkan prakarsa untuk menggelar sebuah perhelatan unik bertajuk SMESCO Netizen Vaganza bagi masyarakat umum terutama penggiat social media. SMESCO (Small & Medium Entreprises and Cooperative) atau bisa pula disebut KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil Menengah), alamatnya di Gedung SME Tower, Jl. Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta. Web: SmescoIndonesia.com

Acara SMESCO Netizen Vaganza berlangsung selama 2 hari, tanggal 26 dan 27 September 2015, jam 10:00 – 17:30 WIB. Agenda utama perhelatan ini ada 2 yaitu UKM Gallery Open House, dan Talkshow (bincang santai) seputar Blogging dan Vlogging yang pasti akan bikin asyik para kaum muda dan netizen.

Batik, warisan kekayaan budaya Nusantara

UKM Gallery: mempertemukan berbagai keunikan produk kerajinan Nusantara di satu tempat

I. UKM Gallery Open House
Anda yang tinggal di Jakarta, barangkali sudah tak asing dengan sosok SME Tower dengan ciri khas kubah besar yang eye catching. Di situlah Netizen Vaganza akan digelar. Di sana pula akan dilakukan open house Gallery yang memajang produk-produk KUKM dari seluruh provinsi di tanah air. Anda tidak perlu berkeliling Indonesia jika sekedar pengin mengapresiasi produk-produk unggulan karya sahabat-sahabat sebangsa. One stop shopping di satu lokasi untuk menemukan produk KUKM dari Pavilium Provinsi.

Kerajinan kerang dan sisik ikan dari Maluku

Kerajinan kerang dan sisik ikan dari Maluku

Konon kekuatan ekonomi sebuah negara akan sangat kuat dan sulit digoyang krisis tatkala tulang punggungnya terdiri dari ribuan UKM yang bergerak di industri-industri kreatif yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Bukan oleh beberapa gelintir industri skala raksasa. Sebuah UKM Gallery bisa menjadi corong untuk mempopulerkan produk di tengah masyarakat Indonesia, bahkan juga masyarakat internasional. Berkunjung ke sana, siapa tahu akan membangkitkan apresiasi produk dalam negeri yang memang pantas dibanggakan. Dan tidak tertutup kemungkinan akan menumbuhkan inspirasi untuk turut bergabung berkiprah di sana. Sebuah peluang yang sangat menjanjikan baik saat ini maupun di masa mendatang.

II. Talkshow
Agenda kedua, berupa talkshow yang akan menghadirkan 4 sosok netizen sukses dengan spesialisasi masing masing sebagai travel blogger, vlogger dan seorang fashion entrepreneur. Sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja, apalagi jika sahabat netizen tinggal di Jakarta.

Talkshow: Basic Travel Writing
Jika anda seorang travel blogger, pasti akan asyik mengikuti perbincangan santai dengan Agustinus Wibowo, seorang travel writer yang tersohor akan kisah perjalanan yang ditulis dalam buku Selimut Debu, Garis Batas dan Titik Nol. Agustinus Wibowo yang bisa ditemui di blog-nya www.agustinuswibowo.com memang seorang pejalan yang tak biasa. Ke tidak “biasaannya” justru karena lebih terbiasa menyusuri jalan darat melintas wilayah eksotis di Asia Selatan dan Tengah yang jarang orang lain melakukannya.

Talkshow: Vlogging Tips & Trick
Mungkin passion anda di berada di ceruk unik dan sangat potensial yang yang berhubungan dengan videografi? Tak salah lagi jika anda bergabung berbincang santai dengan Sacha Stevenson yang akan berbagi tips dan trik vlogging dengan memanfaatkan Youtube. Sacha sesungguhnya berasal dari Kanada, namun aktivitasnya sangat Indonesiani. Salah satu karya videonya yang menjadi viral dan melambungkan namanya adalah “ How act Indonesian”. www.yuutube.com/user/sasaseno

Talkshow: Still Life Photography
Photography juga menjadi bagian tak terpisahkan dengan aktivitas dunia maya. Raiyani Muharramah, seorang travel blogger cewek yang mengaku “feel in love with photography” akan berbagi kiat selama bertualang menjadi seorang travel blogger yang mendokumentasikan dengan apik obyek-obyek yang berhubungan dengan alam, seni dan budaya. Jika melihat sederet penghargaan yang dia terima di bidang fotografi dari wanita berjilbab yang bisa ditemui di blognya www.raiyani.net ini, memang sangat pantas diacungi jempol.

Talkshow: How to Monetize Your Socmed?
Dan pembicara terakhir adalah Yeyen Nursjid, seorang fashion entrepreneur yang suka memadukan batik dengan aneka produk etnis dari daerah lain di Nusantara. Uniknya Yeyen dengan label karyanya yaitu Amayra Batik Indonesia mengoptimalkan promosi produknya menggunakan instagram dan facebook. Dan pada talkshow ini, Yeyen akan membawakan tema “How to Monetize Your Sosmed” Lihatlah karya-karyanya di: https://instagram.com/amayrabatikindonesia

Photo: courtesy of disgiovery.com

 .


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.