Pantai Indrayanti, Jimbaran van Jogja

By mangkoko : last updated 01 Dec 2015

Sekilas pantai Indrayanti di Yogyakarta ini mirip suasana pantai Jimbaran di Pulau Dewata. Pantai berpasir putih ini nama resminya adalah Pantai Pulang Syawal, tetapi kemudian masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Pantai Indrayanti, karena adanya sebuah Restoran & Cafe Pantai bernama Indrayanti yang memang berdiri persis di bibir pantai. Jaraknya agak jauh dari kota Yogyakarta yaitu sekitar 70 km melewati jalan berbukit dan berkelok-kelok. Seperti umumnya kondisi jalan di DIY kondisinya cukup mulus sehingga nyaman dilewati.

Pantai Indrayanti Jogjakarta

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul Jogjakarta

Pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta  ini memang istimewa untuk ukuran pantai yang terletak di pesisir Pulau Jawa. Lingkungannya relatif bersih. Pengelola menerapkan aturan sangat ketat berkenaan dengan kebersihan lingkungan. Konon mereka tak segan-segan mendenda pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Cafe & Resto Indrayanti (Credit image pada obyekwisataindonesia.com)

Cafe & Resto Indrayanti (Credit image pada obyekwisataindonesia.com)

Di sana tersedia penginapan sederhana berupa gubug dan cottage dari kayu, berdinding anyaman bambu yang cukup representative untuk menginap. Kesan tradisional sangat terasa. Kondisi ruangannyapun cukup bersih dan nyaman untuk melewatkan waktu liburan bersama keluarga.

Menginap di Pantai Indrayanti
Penginapan di sini umumnya tidak ber-AC. Lokasinya yang berada persis di bibir pantai rupanya telah lebih dari cukup untuk menyejukkan ruangan. Bahkan jika musim kemarau, malam hari udara akan terasa sangat dingin menggigit tulang. Disarankan membawa jaket atau selimut jika berencana menginap di sana.

Menikmati ikan bakar di tepi pantai ala Jimbaran Bali

Menikmati ikan bakar di tepi pantai ala pantai Jimbaran Bali

Pantai Indrayanti berada satu deret dengan pantai di Gunung Kidul lain yang telah terkenal sebelumnya, yaitu pantai Sundak, Krakal, Kukub dan Baron. Sangat dekat jaraknya dari pantai Sundak, kurang lebih berjarak 500 m ke arah timur.

Deratan pantai berpasir putih di Yogyakarta ini juga memiliki batuan karang yang relatif landai. Sehingga bila air sedang surut, kita bisa berburu biota laut yang beraneka ragam. Menjadi keasyikan tersendiri bagi anak-anak ketika mencoba menangkap ikan-ikan hias kecil warna-warni yang berseliweran diantara batu karang, dengan menggunakan jaring kecil yang banyak dijual disana.

Waktu terbaik menikmati pantai adalah pada waktu sore hari, saat matahari menjelang terbenam. Jika beruntung langit bersih, tidak banyak awan di cakrawala yang menghalangi pandangan, kita bisa menikmati keindahan matahari terbenam di pantai Indrayanti.

Pagi hari juga saat asyik menikmati suasana pantai. Sunrise di pantai Indrayanti memang tidak bisa leluasa dinikmati karena tertutup bukit-bukit di belakang garis pantai. Namun suasana pantai yang sejuk menjadi sensasi tersendiri. Menemani saat bercengkerama dengan deburan ombak yang masih sangat bersahabat.

Kura-kura pasir di pantai Indrayanti

Kura-kura pasir di pantai Indrayanti

Itenary paling nyaman wisata ke pantai adalah dengan menginap minimal 1 malam. Datanglah pada siang menjelang sore, supaya bisa menikmati sunset eksotis. Malamnya bisa membuat api unggun sambil menikmati hidangan ikan laut segar nan sedap.

Pagi hari merupakan saat paling nyaman menikmati suasana pantai. Masih sejuk dan tenang, belum ada hiruk pikuk wisatawan lain yang umumnya datang agak siang.

 


Share :

2 thoughts on “Pantai Indrayanti, Jimbaran van Jogja

  1. Goapindul

    Artikel yang menarik.
    Terimkasih sudah membantu promosi pariwisata Gunungkidul, semoga dengan artikel yang anda buat sangat membantu wisatawan untuk datang ke Gunungkidul.

    Salam lestari

    mangKoko says:
    :-)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.