Kampoeng Kopi Banaran

By mangkoko : last updated 26 Dec 2015

Sejak dibukanya akses jalan tol Ungaran – Bawen, Kampung Kopi Banaran menjadi semakin ramai dikunjungi masyarakat dari kota Semarang dan sekitarnya. Jika sebelumnya untuk mencapai tempat ini harus ditempuh selama 2 jam atau lebih, sekarang cukup sekitar 40 menit saja dengan mobil melewati jalan tol baru.

Pintu Gerbang Kampoeng Kopi Banaran

Pintu Gerbang Kampoeng Kopi Banaran

Kawasan Wisata Agro Semarang yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yang terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35. Lokasinya persis di tepi jalan Semarang – Salatiga atau sekitar 1 kilometer dari Terminal Bawen. Kampoeng Kopi Banaran (sebelumnya dikenal dengan nama “Banaran Coffee”) adalah sebuah Coffee Shop untuk menikmati sedapnya kopi asli yang diproduksi sendiri oleh PT. Perkebunan Nusantara IX.

Area parkir gratis di Kampoeng Kopi Banaran

Area parkir gratis di Kampoeng Kopi Banaran

Suasananya relatif sejuk karena berada pada ketinggian 480–600m dpl, dengan suhu udara berkisar antara 23ºC  – 27º C, sehingga menjadi salah satu pilihan untuk refresing bersama keluarga bagi warga kota Semarang yang panas.

Jika anda berkendara dengan mobil dari Semarang, gunakan jalan tol Semarang – Bawen. Dari pintu keluar tol di ujung selatan terminal Bawen, anda tinggal belok kiri. Berjarak sekitar 1 km kemudian, anda akan sampai di Kampung Kopi Banaran.

Taman bermain anak, di Kampoeng Kopi Banaran

Taman bermain anak, di Kampoeng Kopi Banaran

Bagaimana jika anda buka penggemar kopi ?
Jangan khawatir, tempat ini tak hanya menyajikan kopi, tetapi juga pilihan minuman segar lain seperti aneka jus buah, teh poci dan lain-lain. Menu makanan juga lumayan banyak pilihannya, seperti aneka masakan dari ikan, daging ayam, daging sapi, dan sayur-sayuran. Harganya juga terjangkau.

Menu kesukaan saya disini adalah sepiring singkong keju goreng (nan legit) dan tahu goreng van Bandungan nan mantab. Untuk menemani se-teko teh poci plus gula batu yang sungguh sedap dinikmati.

Lokasi ini cukup ideal sebagai destinasi wisata dengan seluruh keluarga. Cuacanya terasa sejuk, dengan semilir angin meniup sepoi di bawah kerindangan pohon-pohon besar. Kita bisa mimilih lokasi santai di dalam resto maupun di tempat terbuka berupa joglo dan gazebo kayu yang tersebar di seantero taman. Sementara itu anak-anak asyik bermain di area yang nyaman dan teduh di bawah rerindangan pohon-pohon besar.

Banyak mainan anak disediakan di sana: ayunan, jungkat-jungkit, bola panjat dan sebaginya. Pengunjung juga bisa menggelar tikar untuk bersantai bersama keluarga. Ada pula rombongan pengunjung yang menyelenggarakan pertemuan arisan disini.

Kereta wisata di Kampoeng Kopi Banaran

Kereta wisata di Kampoeng Kopi Banaran

Mobil Golf, Kampoeng Kopi Banaran

Mobil Golf, Kampoeng Kopi Banaran

Disediakan pula sarana untuk menjelajah berkeliling kebun kopi berupa kereta wisata. Tarifnya Rp 60.000,- per kereta, menempuh perjalanan selama sekitar 30 menit. Sang masinis (sopir) kereta sekaligus menjadi guide yang akan memandu mengenal lebih dekat suasana kebun kopi di area perbukitan itu.

ATV di Kampoeng Kopi Banaran

ATV di Kampoeng Kopi Banaran

Flying fox di Ksmpoeng Kopi Banaran

Flying fox di Ksmpoeng Kopi Banaran

Fasilitas lain di sana adalah taman buah, gedung pertemuan, mushola, dan sarana permainan seperti berkuda, jelajah dengan ATV dan flying fox. Ada 2 jenis flying fox, yaitu untuk anak-anak dan dewasa. Flying fox dewasa membentang dari atas bukit sepanjang kurang-lebih 150 m. Disediakan kendaraan khusus untuk menuju atas bukit. Sehingga anda tidak harus bersusah payah mendaki sendiri.

Naik kuda di Kampoeng Kopi Banaran

Naik kuda di Kampoeng Kopi Banaran

Di sisi sebelah barat terdapat lapangan tennis, kolam renang dan area Outbond Games untuk anak-anak. Anak-anak diberi tantangan untuk meniti pilar berbeda ketinggian, melintas ban gantung, merambat jaring, merangkak, panjat dinding, melintas jembatan goyang dan lain.lain.

Meniti Pilar

Meniti Pilar

Melintas Ban Gantung

Melintas Ban Gantung

Panjat Dinding

Panjat Dinding

Spider Net

Spider Net

Fasilitas Outbond untuk anak-anak ini cukup representatif, hanya saja instruktur atau pembimbing outbond perlu ditingkatkan cara pelayanannya. Mereka terkesan kurang ramah pada anak-anak. Mungkin perlu pelatihan khusus bagaimana memperlakukan anak-anak agar mereka bisa nyaman dan fun. Beberapa orang anak terlihat ngambek dan takut ketika sang instruktur berbicara keras.

Wisata tematik untuk mendekatkan anak-anak dengan alam semacam Agro wisata Kampoeng Kopi Banaran ini mestinya perlu dikembangkan dan diperbanyak. Karena aktifitas di alam terbuka menjadi wahana terpenting bagi anak-anak untuk memahami cara hidup yang ramah lingkungan.

Wisata alam tidak harus mahal. Seperti Kampoeng Kopi Banaran mobil anda bisa diparkir di tempat yang luas di bawah rindangnya pepohonan. Gratis lagi ! Tidak dipungut biaya apapun. Bahkan anda boleh membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Karena pengelola memang tidak melarangnya.

Wisata murah-meriah dan sehat. Asyik kan !


Share :

One thought on “Kampoeng Kopi Banaran

  1. Kopi Kampoeng

    Wahhh lengkap banget lokasi, mudah”an bisa jadi bucket list buat nanti kesana sama keluarga

    mangKoko says:
    Trims telah berkunjung

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.