Koleksi Benda Sejarah Kemerdekaan di Museum Ranggawarsita

By mangkoko : last updated 15 Oct 2015

Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia mestinya menjadi hal yang sangat penting diketahui oleh seluruh anak bangsa di Nusantara tercinta ini. Namun metode penyampaian materi sejarah di sekolah yang terkesan monoton, sekedar menjadi hafalan menjadikannya ilmu yang membosankan karena tidak menarik. Sama sekali tidak merangsang rasa ingin tahu generasi muda.

Salah satu peran museum mestinya adalah memberikan edukasi dengan cara yang komprehensif. Museum harus ditata dan di kelola semenarik mungkin. Ditambah dengan agenda-agenda kreatif yang merangsang rasa ingin tahu generasi muda akan sejarang bangsa besar ini.

Meriam kuno jaman perjuangan Kemerdekaan RI

Meriam kuno jaman perjuangan Kemerdekaan RI

Bagian pertama tulisan tentang Museum Ranggawarsita telah di telusuri tentang sejarah alam, dan bagian kedua tentang koleksi arkeologika dan sejarah nusantara, maka bagian ketiga ini akan kita telusuri bagian koleksi benda sejarah yang berhubungan dengan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Koleksi benda-benda yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan di Museum Ranggawarsita ini memang tidak banyak. Tidak selengkap museum lain seperti misalnya Museum Satria Mandala di Jakarta yang memang mengutamakan koleksi benda benda yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Beberapa benda koleksi cukup menarik misalnya meriam kuno seperti contoh pada gambar diatas, dan juga kursi tandu seperti panglima besar Jendral Sudirman ketika memimpin perang gerilya melawan penjajah Belanda.

Kursi tandu seperti yang dipakai Jendral Sudirman

Kursi tandu seperti yang dipakai Jendral Sudirman

Ada sebuah koleksi sederhana yang unik, yaitu sebuah sepeda antik yang dahulu kala dipakai para tukang pos untuk mengantarkan surat pada jaman itu. Ada tambahan pilar besi di bagian depan berfungsi sebagai bagasi tempat menaruh barang dan surat-surat yang diantarkan.

Sepeda pos yang unik

Sepeda pos antik, yang sungguh unik dan menarik

Koleksi lain di museum ini berupa beberapa alat musik tradisional seperti angklung dan gamelan. Di ruangan lain dipajang bederet-deret koleksi lambang pemerintah daerah yang ada di Jawa Tengah.

Gamelan kuno

Gamelan kuno

Museum ini juga sering mengadakan acara-acara yang edukatif, berupa pameran, ceramah, dan pertunjukan seni yang lekat tema budaya yang cukup menarik untuk dinikmati. Anda bisa mengikuti memperoleh informasi agenda acaranya lewat website resmi di www.museumranggawarsita.com.

Demikian 3 rangkaian tulisan dan foto-foto tentang Museum Ranggawarsita. Mudah-mudahan, tulisan singkat ini menjadi salah satu pengungkit untuk menumbuhkan minat mengenal lebih dekat dengan museum.

Karena museum adalah jendela bidik, untuk mengenal sejarah budaya negeri kita tercinta. Jalan-jalan di museum juga asyik kok, nggak kalah asyik dengan jalan-jalan di mall.

 


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.