Gallery Museum Affandi

By mangkoko : last updated 26 Sep 2016

Museum Affandi adalah salah satu aset seni rupa terpenting di Nusantara tercinta ini, karena siapapun tahu Affandi adalah maestro seni rupa yang sangat sulit dicari tandingannya. Sekali-kali cobalah anda berkunjung ke sana, ke rumah dengan bentuk arsitektur unik di tepi sungai Gajahwong, yang menjadi tempat tinggal Affandi semasa hidup dan sekaligus berfungsi sebagai museum yang menyimpan setiap jejak-jejak karya sang maestro.

Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi beralamat di Jl. Laksda Adisucipto No. 167 Yogyakarta. Anda akan mudah menemukan lokasi ini karena terletak di jalur jalan utama memasuki kota Yogyakarta dari arah timur, dari Prambanan maupun Solo. Lokasinya berseberangan dengan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kompleks museum dibangun secara bertahap dan konon dirancang sendiri oleh Affandi, menempati lahan berteras di tepi sungai seluas sekitar 3500 m2. Ada 3 bangunan utama berupa gallery yang berfungsi untuk menyimpan dan memamerkan karya-karya Affandi, isteri dan anak-anaknya. Setiap bangunan gallery memiliki bentuk arsitektur unik. Atapnya berbentuk garis melengkung menyerupai bentuk pelepah daun pisang. Konon dahulu Affandi menggunakan daun pisang untuk melindungi lukisan-lukisannya dari cucuran hujan dan terik matahari. Sehingga bagi Affandi, daun pisang merupakan simbol perlindungan bagi diri dan keluarganya.

Gallery I Museum Affandi

Galery I seluas 314,5 m2 selesai dibangun pada tahun 1962. Di dalamnya tersimpan karya-karya Affandi dari sejak awal hingga akhir masa hidupnya, sehingga disebut sebagai ruang pamer retrospektif (retrospective exibition). Dia gunakan berbagai macam media, dari sketsa di atas kertas, lukisan pastel, cat air dan tentu saja cat minyak di atas media kanvas. Affandi juga sempat membuat patung potret dirinya terbuat dari tanah liat dan semen.

Gallery I Museum Affandi

Gallery I Museum Affandi

Baca pula: Selfie ala Pelukis Affandi

Kendaraan kesayangan Affandi: sebuah mobil Colt Gallant warna kuning buatan tahun 1976, sebuah sepeda unta tahun 1965 dan sebuah sepeda mini ungu tahun 1985, dipajang di satu sudut ruangan. Pernak-pernik memorabilia Affandi terdokumentasi pula di ruangan ini. Sedangkan lukisan-lukisan yang tersimpan di sini kebanyakan berupa lukisan potret diri dan keluarganya dari masa ke masa kehidupan berkesenian sang maestro.

Mobil kesayangan Affandi

Mobil Colt Gallant tahun 1985 kesayangan Affandi

Gallery II Museum Affandi

Di sisi kiri sebelum memasuki pintu masuk Gallery II, anda akan menemukan makam Affandi dan Isterinya Maryati.  Gallery II seluas 351,5 m2 dibangun tahun 1987 atas bantuan Presiden Suharto. Koleksi lukisan yang tersimpan disini memiliki thema yang lebih beragam.

Salah satu lukisan Affandi yang sangat terkenal yaitu Sabung Ayam (Petarung Sejati, tahun 1976) dapat anda saksikan di ruangan ini. Konon lukisan cat minyak di atas kanvas 130×100 cm itu nilainya sangat fantastis, mencapai 7 milyar rupiah.
Wow … tak terbayangkan.

Sabung Ayam (Petarung Sejati tahun) salah satu karya terbaik Affandi

Sabung Ayam (Petarung Sejati tahun 1976) salah satu karya terbaik Affandi

Gallery III Museum Affandi

Galley III dibangun oleh Yayasan Affandi dan resmi dibuka untuk umum tahun 2000. Sesuai dengan keinginan terakhir Affandi untuk memiliki ruang penyimpanan koleksi lukisannya maka Gallery III dibangun 3 lantai. Lantai 1 untuk ruang pameran, lantai 2 untuk ruang perawatan dan restorasi lukisan, satu lagi lantai basement difungsikan sebagai ruangan untuk menyimpan lukisan.

Gallery terakhir ini banyak menampilkan karya-karya keluarga Affandi, terutama isterinya Maryati dan anaknya yaitu Kartika, Juki Affandi dan Rukmini. Karya-karya Maryati berupa sulaman benang. Dapat kita saksikan dipajang di dinding setelah pintu masuk. Disusul kemudian dengan lukisan-lukisan karya Kartika Affandi yang mengusung beragam tema dari potret diri, montit (kereta tebu), Bencana Merapi (After Merapi’s Eruption 2011) dan lain-lain. Ada pula lukisan bertajuk “Affandi & The Sun” karya Juki Affandi yang terlihat condong ke gaya naturalis. Sedangkan lukisan Rukmini berkesan feminim mengambil obyek lukisan berupa bunga-bungaan, tanaman buah, sosok wanita dan juga tari-tarian Bali.

Gallery III Museum Affandi, menyimpan karya-karya keluarga Affandi

Gallery III Museum Affandi, menyimpan karya-karya keluarga Affandi

Itulah sekilas suasana tiga gallery utama di Museum Affandi. Di kompleks museum ini masih banyak tempat dan sudut-sudut lain yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Silahkan baca artikel sambungannya: Eksotisme Dari Tepi Sunga Gajahwong .


Share :

3 thoughts on “Gallery Museum Affandi

  1. Indra Kusuma Sejati

    Bila dilihat dari koleksi di museum ini, Alm. Afandi memang orang yang unik, dan memiliki kretifitas yang tinggi ya Kang…

    mangKoko says:
    Betul mas Indra, beliau memang salah satu putera bangsa terbaik, mengharumkan Nusantara di dunia internasional.

    Reply
  2. Rullah

    Waktu pertama ke Jogja pernah singgah disini, dan sekarang pun kos dibelakang museum affandi. Paling hafal itu foto/sket beliau lagi merokok :-)

    mangKoko says:
    Hallo mas Rullah,
    Affandi sepertinya memang paling suka melukis potret diri
    :-)

    Reply
  3. Museum Timah

    Nanti kalau ke Jogja bisa ke sana. Bagus banget koleksinya.

    mangKoko says:
    Betul mas, tidak ada ruginya sekali-kali berkunjung ke sana

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.