Museum Benteng Vredeburg

By mangkoko : last updated 04 Nov 2015

Tentang Museum Benteng Vredeburg, rasanya tidak ada seorangpun (yang pernah berkunjung ke Jogja) yang tidak mengenalnya. Destinasi wisata Yogyakarta selalu identik dengan Malioboro, dan Benteng Vredeburg terletak di ujung selatan jalan yang sangat tersohor itu. Bisa dikatakan bahwa Benteng Vredeburg menjadi bagian dari eksotisme Malioboro.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Gerbang Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg adalah tempat wajib kunjung saat berada di Yogyakarta, terutama kalau lagi ada hajatan besar berupa pemeran dan vestival yang sering deselenggarakan di tempat ini. Seperti misalnya di bulan Oktober 2014 lalu, baru saja diselenggarakan pameran seni bonsai berskala internasional yang disebut International Bonsai Art & Culture Biennale 2014. Ini adalah sebuah pameran dengan tema unik yakni  “When Art and Culture Meet Through Bonsai”.

Benteng yang dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1765 ini dalam kesehariannya kini difungsikan sebagai museum. Di dalamnya anda akan banyak menemukan benda-benda sejarah, lukisan, foto-foto dan diorama kisah Kemerdekaan Republik Indonesia yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi memang tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Yogyakarta bersama anak-anak menyempatkan berkunjung ke museum ini. Anak-anak akan bisa belajar banyak tentang Yogyakarta di musemum dalam benteng ini.

Suasana dalam Museum Benteng Vredeburg

Suasana dalam Museum Benteng Vredeburg

Salah satu contoh diorama yang ada di sana adalah tentang Kongres perempuan Indonesia Pertama yang diadakan di Dalem Joyodipuran Jl. Brigjen Katamso 23 Yogyakarta pada tanggal 22 s/d 25 Desember 1928. Kongres yang konon dihadiri 1000 orang dari 30 organisasi wanita ini diprakarsai oleh Ny. Sukonto, Nyi Hajar Dewantara, dan Nn Sujatin. Kongres memutuskan diantaranya: mendirikan Perserikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI), menerbitkan koran, memperkuat pendidikan kapanduan putri dan mencegah perkawinan dini anak-anak di bawah umur.

Diorama Kongres Perempuan Indonesia Pertama tahun

Diorama Kongres Perempuan Indonesia Pertama tahun 1928

Benteng Vredeburg artinya adalah Benteng Perdamaian, dahulu disebut Benteng Rustenburg yang artinya Benteng Peristirahatan. Di masa sebelum kemerdekaan tahun 1945 difungsikan sebagai markas militer Belanda. Bentuk arsitektur beberapa bangunan yang ada di dalamnya sangat kuat mengesankan sebagai bekas markas militer. Sampai sekarang bangunan-bangunan tersebut masih bisa kita saksikan sebagai sebuah museum yang bersih, terawat dan rapi karena dikelola dengan baik oleh pemerintah DIY.

Sejak diproklamasikan Kemerdekaan RI tahun 1945  sampai tahun 1977, digunakan sebagai markas militer RI. Barulah sejak tahun 1987 dialihfungsikan sebagai museum dan terbuka dukunjungi masyarakat umum. Benteng berbentuk segi empat ini menempati area seluas kurang-lebih 2,5 hektar. Terdapat bangunan ciri khas umumnya sebuah benteng berupa menara pengawas (bastion) di keempat sudutnya. Masing-masing sudut diberi nama Jayawisesa (sudut barat laut), Jayapurusa (sudut timur laut), Jayaprakosaningprang (sudut barat daya) dan Jayaprayitna (sudut tenggara).

Bangunan dalam benteng Vredeburg kental gaya militer

Bangunan dalam benteng Vredeburg kental gaya militer

 


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.