Candi Plaosan

By BAS : last updated 29 Jun 2016

Candi Plaosan, adalah sebuah komplek candi Budha yang terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi Plaosan kerap juga disebut dengan nama Candi Kembar karena di kawasan wisata ini terdapat dua bangunan candi utama dengan bentuk yang sama, di komplek Candi Plaosan terdapat sekitar 116 stupa perwara dan 50 candi perwara.

Candi-Plaosan

Candi-Plaosan

Komplek Candi Plaosan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan), kedua komplek tersebut dipisahkan oleh tembok panjang, masing-masing komplek juga memiliki teras yang sama-sama berbentuk persegi.

Jika Anda berjalan ke utara, tepat diujung komplek terdapat sebuah bangunan yang mirip dengan pelataran, yang disebut Mandapa. Komplek Candi Plaosan bisa dibilang merupakan salah satu komplek candi terluas di Jawa Tengah. Bisa kita lihat dari pagar yang mengelilinginya sepanjang 460 m dari utara ke selatan serta 290 m dari barat ke timur.

Lokasi candi ini terletak di pinggir sawah, menjadikan udara di kawasan ini terasa sejuk segar. Selain itu, komplek ini juga dikelilingi oleh rerumputan hijau, mirip seperti komplek Candi Arjuna di Dieng Wonosobo. Dibalik keindahannya, ternyata Candi Plaosan memiliki cerita sejarah yang cukup menarik.

Candi Plaosan didirikan oleh Raja Wangsa Sailendra bernama Rakai Pikatan. Raja ini juga mendirikan candi Borobudur dan Candi Sewu sebagai bukti cintanya terhadap sang istri bernama Pramudhya Wardhani.

Didalam dua bangunan candi utama terdapat enam ruangan, tiga dibawah dan tiga lagi tedapat di lantai atas. Pada zaman dahulu setiap lantai dipisahkan oleh papan, namun kini papan pemisah sudah tidak ada lagi, walaupun begitu bekas pemasangan papan masih terlihat jelas.

Salah satu sudut Candi Plaosan

Salah satu sudut Candi Plaosan

Komplek Candi Plaosan mulai buka pukul 09:00-17:30 WIB, hanya dengan membayar tiket Rp.5.000/orang saja kita sudah bisa puas berkeliling komplek. Keadannya yang terawat dan pemandangan sekelilingnya yang menyegarkan membuat tempat wisata ini pantas anda masukkan dalam daftar tempat tujuan wajib dikunjungi.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Candi Plaosan adalah ketika pagi dan sore hari, karena sinar matahari tidak terlalu terik. Jika Anda berkunjung di siang hari maka udara akan terasa cukup panas, jadi jika memang terpaksa berkunjung di siang hari pastikan membawa topi.

Komplek Candi Plaosan terletak tak jauh dari Candi Prambanan. Kebanyakan wisatawan yang sedang berlibur ke Candi Prambanan juga akan menyempatkan untuk berkunjung ke Candi Plaosan.

Untuk menuju ke Candi Plaosan juga cukup mudah, dari pusat Kota Klaten atau Solo anda tinggal menuju ke arah Candi Prambanan. Tepat sebelum Candi Prambanan terdapat perempatan, nah beloklah ke kanan lalu ikuti jalan hingga anda melihat sosok Candi Plaosan di kejauhan yang berada di sisi kanan jalan.



Penulis tamu (kontributor): Bayu Aji Saputro

Seorang anak muda yang hobi jalan-jalan, untuk menjadikan diri lebih baik.


 


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.