Kebun Binatang Semarang

By mangkoko : last updated 04 Nov 2015

Liburan sekolah telah tiba. Kemana anda akan mengajak anak-anak berwisata? Jika anda tinggal di Semarang dan sekitarnya Kebun Binatang Semarang bisa menjadi salah satu pilihan. Taman Margasatwa Semarang ini  letaknya berada di ujung barat kota Semarang, persis di depan terminal bus Mangkang. Dari arah Jakarta sebelum memasuki kota Semarang anda akan melewati jalur ini. Sehingga lokasinya relatif mudah di jangkau baik dari kota Semarang maupun dari arah barat seperti Kendal dan Pekalongan.

Taman Margasatwa Semarang atau biasa disingkat menjadi Bonbin Semarang menempati area lahan yang lumayan luas dan kondisi di dalamnya relatif bersih sehingga pantas menjadi destinasi wisata edukasi bagi masyarakat di lingkungan kota Semarang dan sekitarnya. Memang saat ini tidak termasuk destinasi wisata populer bagi warga masyarakat Semarang sendiri. Pamornya seakan tenggelam oleh popularitas Kota Lama, Gereja Blenduk, Lawang Sewu atau Kelenteng Sam Po Kong. Mungkin hal ini disebabkan karena koleksi satwa disana tidak cukup lengkap sehingga terasa kurang menarik.

Atraksi menunggang gajah menjadi salah satu andalan Bonbin Semarang

Atraksi menunggang gajah menjadi salah satu andalan Bonbin Semarang

Telah lebih dari satu dasawarsa saya tinggal di Semarang, namun baru akhir Desember 2014 ini sempat membawa anak-anak mengunjungi Kebun Binatang Semarang. Meskipun sebenarnya sudah lama ingin kesana, karena kebun binatang bagi saya adalah destinasi yang sarat nilai edukatif bagi anak-anak. Selama ini selalu terhalang oleh rekomendasi negatif teman-teman warga asli Semarang tentang bonbin Semarang. “Nggak usah kesana lah mas, binatangnya kurus-kurus, malah kasihan kita melihatnya!”, kata mereka. Namun setelah sekian lama, jadi penasaran pula, seperti apa sih kondisinya?

Ternyata kondisinya tidaklah seburuk yang banyak dibayangkan sahabat-sahabat saya itu. Memang belum sebagus Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta, apalagi jika dibandingkan dengan Jatim Park II, memang bukan kelasnya. Sebagai alternatif bagi warga Semarang untuk membawa anak-anak ber-wisata sehat dan murah-meriah telah cukuplah. Lagipula telah terlihat keseriusan pengelola untuk terus mengembangkan tambahan taman dan wahana permainan untuk anak-anak. Sehingga ke depan akan semakin bagus.

Salah satu sudut Museum Satwa, Taman Margasatwa Semarang

Salah satu sudut Museum Satwa, Taman Margasatwa Semarang

Setelah pintu masuk, anda akan menjumpai sebuah ruangan baru yang difungsikan sebagai museum satwa. Anak-anak bisa mengamati lebih seksama bentuk dari beberapa jenis satwa yang telah diawetkan seperti komodo, harimau, kijang, monyet dan lain-lain.

Koleksi satwa di Bonbin Semarang meskipun tidak banyak namun terlihat cukup terawat, tidak kurus-kurus seperti yang di bayangkan para sahabat saya itu.. Atraksi wisata andalan di bonbin ini adalah menunggang gajah. Seekor gajah jinak bernama Sekar yang berasal dari sekolah gajah Way Kambas Lampung inilah yang menjadi atraksi andalan. Relatif aman untuk anak-anak, dan biasanya mereka akan merasa menemukan sebuah pengalaman unik saat berada di punggung sang gajah.

Anak-anak buaya muara yang berhasil ditetaskan secara alami di Bonbin Semarang

Anak-anak buaya muara yang berhasil ditetaskan secara alami di Bonbin Semarang

Taman Margasatwa Semarang (Bonbin Mangkang) ini pernah mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) ketika berhasil mengembangbiakkan buaya muara (crocrodylus porosus) secara alami. Sejumlah 39 ekor telur buaya dari induk betina (bernama Kampret) dan induk jantan (bernama Bagong) berhasil ditetaskan. Tahun 2012 lalu anak-anak buaya tersebut tercatat di MURI sebagai buaya yang menetas secara alami dengan jumlah terbanyak di Indonesia.

Salah satu koleksi satwa yang banyak dijumpai di sini diantaranya adalah burung Nuri Bayan (Eclectus roratus) yang sangat jinak, bahkan anda bisa berfoto dengannya. Bayan atau eclectus parrot adalah spesies burung cantik dan unik asli Indonesia. Bayan jantan berbulu warna hijau dan burung bayan betina warna bulunya merah, cantik dipandang mata. Burung ini termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia.

Burung Nuri Bayan betina

Nuri Bayan betina, burung cantik dan unik asal Indonesia

Sejak beberapa tahun lalu di dalam lokasi Kebun Binatang juga dibangun Water Boom yang diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisata bagi anak-anak. Setelah puas berkeliling melihat koleksi binatang, mereka disuguhkan permainan air yang tentu saja bagian yang sangat menarik bagi anak-anak. Bukankah kita semasa kanak-kanak suka asyik pula bermain air?

Water Boom, wahana permainan air di Bonbin Semarang

Water Boom, wahana permainan air di Bonbin Semarang


One thought on “Kebun Binatang Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.