Menginap di Guci Tegal

By mangkoko : last updated 13 Jul 2017

Taman Wisata Air Panas Guci adalah destinasi wisata utama di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Prasarana penunjang wisata telah cukup tersedia untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung ke sana, termasuk ketersediaan hotel. Menginap di Guci menjadi salah satu pilihan tepat jika ingin puas menikmati suasana unik Guci, yakni pemandaian air panas alami dalam atmosfir kesejukan lereng gunung Slamet bagian utara.

Kolam renang air panas alami di Hotel Sankita Guci Tegal

Kolam renang air panas alami di Hotel Sankita Guci Tegal

Guci saat ini tak sekedar: pancuran air panas, kolam rendam, dan kolam renang, namun ada pula Water Boom air panas (hot spring water) yang sangat melimpah ruah airnya. Silahkan baca lebih detil artikel mengenai obyek wisata ini: Taman Wisata Air Panas Guci.

Menginap di Guci

Beberapa waktu lalu, kami sekeluarga menginap di Guci. Pengalaman ini mudah-mudahan menjadi bahan pertimbangan/referensi bagi sahabat sekalian yang akan merencanakan berlibur dan menginap pula di sana. Cukup banyak pilihan hotel yang cukup representatif di Guci. Tak rugi menginap barang semalam di sana.

Atmosfir Guci adalah paduan antara kesejukan suasana lereng pegunungan dengan sumber air panas (hot spring water) yang menciptakan sebuah sensasi unik. Tak banyak tempat wisata lain yang mampu menyuguhkan anugerah alam se-eksotis Guci.

Aktifitas utama yang bisa dilakukan di Guci tentu saja hal-hal yang berhubungan dengan air, seperti berendam dan berenang. Uniknya, anda dapat melakukan itu setiap saat: pagi, sore, bahkan pada malam hari. Letak Guci yang berada di lereng pegunungan memang terasa sangat dingin, namun karena tersedia air panas alami yang melimpah ruah, cuaca dingin mampu dilawan. Sehingga berendam di malam hari sekalipun tetap nyaman dilakukan.

Hotel di Guci Tegal

Di Guci, hotel kelas melati dan villa kebanyakan berada di seputar lokasi pemandian air panas umum, tak jauh dari pancuran 13. Sehingga tamu-tamu hotel relatif dekat menjangkau tempat pemandian air panas umum ini. Umumnya hotel-hotel tersebut tidak menyediakan kolam renang sendiri.

Sedangkan hotel-hotel yang berlokasi agak jauh dengan pusat aktifitas pemandian air panas untuk umum biasanya menyediakan kolam renang air panas sendiri, khusus diperuntukkan bagi tamu-tamu yang menginap. Namun ada pula hotel yang memberi kesempatan bagi non tamu hotel untuk menggunakan fasilitas kolam renang mereka, dengan membayar tiket masuk. Sedangkan tamu hotel gratis.

 

Hotel-hotel di sekitar Taman Wisata Air Panas Guci

Hotel-hotel di sekitar Taman Wisata Air Panas Guci

Pada akhir pekan dan hari libur nasional, biasanya kamar-kamar di hotel berkategori bagus akan habis dipesan. Jadi jika anda akan menginap di sana sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu. Berkeliling dari hotel satu ke hotel lain untuk mencari kamar kosong sangat merepotkan.

Melakukan reservasi hotel di Guci memang agak sulit. Entah kenapa rata-rata mereka sulit dihubungi lewat telepon fix line (kabel). Mungkin jaringan telepon kabel kurang berfungsi dengan baik di sana. Sebagai gantinya mereka bisa dihubungi dengan nomor GSM.


Hotel-hotel di Guci biasanya tidak dilengkapi dengan AC. Suhu udara sudah sangat dingin, apalagi di saat malam hari. Kondisi ini mirip hotel-hotel di daerah Lembang Bandung. Karena tanpa AC membuat biaya operasional hotel lebih hemat, sehingga tarif kamar juga relatif murah.

Tarif (rate) kamar standard hotel di Guci sekitar 300 – 500 ribu rupiah semalam. Harga ini akan naik pada week end (check in di hari Jumat dan Sabtu).

Berikut beberapa hotel di Guci yang pantas anda pertimbangkan untuk menginap:

1. Hotel Duta Wisata
Hotel yang dimiliki oleh perusahaan Teh 2 Tang ini  termasuk hotel yang paling populer di Guci, mungkin karena termasuk telah cukup lama berdiri. Lokasinya paling dekat dengan pancuran 5 dan pancuran 13. Memiliki kolam renang air panas sendiri yang representatif, disediakan untuk tamu-tamu hotel, maupun pengunjung umum dengan membayar tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah (tahun 2015).

Saat kami ke sana tanpa reservasi, ternyata kamar standard telah habis dipesan. Kamar-kamar standard yang berada berada dalam bangunan 2 lantai ini memang terlihat strategis. Kami ditawari kamar superior yang tarifnya lebih tinggi. Berada dalam bangunan-bangunan kecil menghadap ke taman. Interiornya cukup bagus, namun karena pandangan di luar kamar terlihat agak kurang terawat, isteri saya merasa kurang sreg, sehingga tidak jadi menginap di sini.

Nomor telephone Hotel Duta Wisata yang bisa dihubungi: 0851-0033-6777

2. Hotel Guci-Ku
Hotel Guci-Ku termasuk hotel yang relatif baru. Di sini tersedia kolam renang air panas yang lumayan luas. Dilengkapi dengan Water Boom air panas (Hot Water Boom) pula. Sangat menarik sebagai pilihan saat menginap di Guci. Water boom-nya boleh digunakan oleh pengunjung umum dengan membeli tiket seharga 25 ribu rupiah di hari biasa, atau 30 ribu rupiah di hari libur.

Hot Water Boom Guciku (Credit image pada www.guciku.com)

Hot Water Boom Guciku (Credit image pada www.guciku.com)

Lokasinya agak jauh dengan pusat mandi air panas umum. Arah untuk menuju ke sana: setelah pintu gerbang kompleks Taman Wisata Air Panas Guci, anda akan menemui pertigaan, silahkan ambil arah ke kiri ke arah hutan wisata. Setelah melewati Hotel Sankita ada pertigaan, silahkan ke kiri lagi maka akan sampai ke Guci-Ku.

Nomor telepon Guci-Ku yang bisa dihubungi: 0859-5942-1265

3. Hotel Sankita
Hotel Sankita Guci merupakan hotel baru yang cukup representatif. Fasilitas utama hotel ini adalah kolam renang air panas yang bersih dan cukup representatif, meskipun ukurannya tidak besar. Kolam renang ini khusus untuk bagi tamu-tamu hotel saja, sehingga suasana terasa lebih privat.

Hotel Sankita Guci Tegal

Hotel Sankita Guci Tegal

Saya sekeluarga menginap di hotel ini saat ke Guci. Karena kebetulan masih tersedia kamar di lantai 2, dengan pemandangan perbukitan Guci.

Hotel ini terletak sebelum Hotel Guci-Ku. Jadi arah jalan menuju ke sini sama dengan petunjuk arah menuju Guci-Ku.

Contact person dan nomor telepon Hotel Sankita yang bisa dihubungi: Dian & Aksan 0819-1161-3302, 0853-3517-3758

Sesungguhnya masih banyak hotel lain di Guci, namun memang baru 3 hotel tersebut yang pernah saya kunjungi, sehingga mengetahui fasilitas dan layanan yang tersedia di sana.

Bagi anda yang tidak ingin menginap di Guci, tetapi di kota Tegal dan sekitarnya, ada Rekomendasi hotel di Tegal dari Agoda yang bisa anda pertimbangkan.


Share :

3 thoughts on “Menginap di Guci Tegal

  1. fani

    Saya punya pengalaman buruk ketika menginap tgl 31 Des 2015 sd 3 Jan 2016 di sankita hotel, daerah guci ~ tegal.
    1. Ketika saya minta ganti handuk di pagi hari, mereka bilang tidak bisa krn laundry baru datang sore jd mereka tdk ada stock. Setelah itu siang sampai malam saya ada acara diluar hotel sehingga sekembalinya pada pk 22.00 saya mengira bahwa handuk tsb sudah diganti, namun handuk2 tsb tdk ada ditempatnya. Kemudian saya menanyakan ke pihak hotel, namun sd jam 22.00 laundry belum jg datang. Mengecewakan..
    2. Listrik hotel pada malam terkadang suka mati dan seringkali lampu redup2 seakan listrik tidak kuat.
    3. Kolam renang ternyata tidak privat hanya untuk penghuni hotel, namun apabila penghuni mengajak saudara2nya untuk datang berendam di kolam air hangat dari pihak hotel tdk ada melarang. Kemarin hampir 25 org dari 1 keluarga yg menginap memenuhi kolam air hangat, tadinya kami juga ingin berendam namun niat tsb kami urungkan dikarenakan kolam sudah terlalu penuh.
    4. Kebersihan hotel sangat kurang, lantai kamar lengket dan di balkon hotel lantai 2 apabila ada sampah makanan sangat lama responnya. Sehingga banyak semut memenuhi lantai balkon serta piring2 kotor bekas makanan tidak segera dibersihkan apabila tidak disuruh.
    5. Karyawan hotel jumlahnya terlalu sedikit. Saya mengalami kesulitan apabila mau minta bantuan karyawan hotel untuk membersihkan ruangan hotel, balkon, minta handuk, dll. Di front office tidak selalu ada karyawan yg menjaga, ruang housekeeping tidak jelas sehingga kalau minta bantuan saya harus ke gedung seberang (ruang makan) jadi yg menghandle keluhan saya yaitu org dapur.

    Sekian testimoni saya berdasarkan pengalama menginap selama 3 malam di sankita dan berharap pihak sankita dapat melakukan improvement atas keluhan2 tsb.
    Apabila belum dilakukan improvement lebih baik rekan2 untuk mencari alternatif lain sehingga tdk mengalami hal2 buruk tsb seperti yg saya alami.

    Terima kasih

    mangKoko says:
    Trims Fani, telah bersedia sharing pengalaman.
    Mudah-mudahan menjadi sarana instrospeksi bagi management hotel untuk memperbaiki layanannya.

    Reply
  2. ola

    Selamat siang saya juga punya pengalaman buruk di tempat itu, ini saya copy paste dari tulisan saya di media lain sekitar sebulan lalu.

    Saya menulis ini karena saya sangat kecewa dengan pihak HOTEL DUTA WISATA …. dst …(cut)

    mangKoko says:
    Hallo Ola,
    Sebelumnya saya minta maaf ya, comment yang anda tulis tentang Hotel Duta Wisata sangat panjang sekali, jadi saya potong.
    Saya turut prihatin dengan kejadian tak mengenakkan yang anda alami. Mudah-mudahan management hotel segera menyelesaikan sebaik-baiknya dengan anda.

    Reply
  3. sudarmanto

    mohon daftar harga sewa kamr hotelnya. trmksh

    mangKoko says:
    Hallo mas Sudarmanto
    Langsung saja kontak ke nomor telephone yang sudah ada ya mas! 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.