Pantai Marina, Wisata Bahari Terpopuler di Semarang

By mangkoko : last updated 06 Jan 2016

Pantai Marina adalah lokasi wisata bahari/pantai paling populer bagi warga kota Semarang dan sekitarnya. Garis pantainya berbentuk cekungan yang menjorok ke daratan (teluk). Tidak langsung berhadapan dengan samudera luas, sehingga ombaknya tidaklah tinggi. Cukup aman untuk mandi atau berendam di pantai.

Menjala ikan di pantai Marina Semarang

Menjala ikan di pantai Marina Semarang

Konon, pantai Marina pada awalnya merupakan wilayah hutan bakau. Kemudian beralih fungsi menjadi pantai landai berpasir hitam. Di bibir pantai warna airnya terlihat agak gelap kecoklatan, sedangkan agak ke tengah relatif lebih jernih berwarna agak kehijauan.

Sebenarnya kualitas air lautnya tidak cukup ideal sebagai tempat wisata, karena dekat dengan muara sungai Banjir Kanal Barat yang membelah kota Semarang dari arah hulu. Namun tetap populer di mata masyarakat Semarang karena lokasinya bisa dikatakan terbaik dan terdekat.

Keunggulan utama Pantai Marina adalah lokasinya yang sangat dekat dari pusat kota Semarang. Dari Simpang Lima hanya berjarak sekitar 7 km ke arah barat laut. Akses jalannya juga lebar dan mulus, sehingga sangat mudah dijangkau, baik dengan sepeda motor maupun mobil.

Pantai Marina dibuka untuk umum 24 jam. Tiket masuknya murah meriah, hanya Rp 4.000,- per orang (2015). Parkir motor dan mobil gratis.

Jalan Menuju ke Pantai Marina

Arah jalan menuju ke Pantai Marina sbb.:
Dari Simpang  Lima mengarah ke barat menyisuri Jl. Pandanaran – Jl Jend. Sudirman – Jl. Madukoro Raya ( Perumahan Semarang Indah) – Menyeberang Jl. Arteri Yos Sudarso – Jl. Puri Anjasmoro (ke arah PRPP) – Jl. Marina. Atau jalur yang lebih mudah yaitu dari Simpang Lima  – Jl. Pandanaran – Jl Jend. Sudirman – Bundaran Kalibanteng belok kanan – Jl. Arteri Yos Sudarso – Jl. Puri Anjasmoro – Jl. Marina.

Jika anda dari arah barat kota Semarang, sesampai di Bundaran Kalibanteng belok kanan ke arah Arteri Yos Sudarso. Demikian pula dari arah Timur (Demak) atau dari jalan Tol, silahkan berbelok ke arah kiri masuk ke jalan Arteri Yos Sudarso.

Wisata di Pantai Marina

Pantai Marina berada di wilayah Semarang Utara, di sebelah barat Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sangat dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang. Saat pesawat terbang sedang take-of atau landing terlihat dari pantai ini. Menjadi salah satu pemandangan yang asyik disaksikan para pengunjung.

Mandi dan berendam di Pantai Marina Semarang

Mandi dan berendam di Pantai Marina Semarang

Setiap hari minggu dan hari libur nasional, selalu dipadati pengunjung. Baik dari warga kota Semarang sendiri maupun wisatawan dari sekitar wilayah kota Semarang. Sejak jam 5:00 pagi mulai banyak pengunjung berdatangan. Banyak pengunjung keluarga yang datang beserta anak-anak yang masih kecil. Mereka menggelar tikar di sepanjang pantai dan memandikan anak-anak dengan air laut. Konon mandi di pantai dan menghirup udara pantai merupakan aktifitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Suasana Pantai Marina memang cukup nyaman. Di sepanjang pantai tumbuh pepohonan rindang yang membuat pengunjung tidak kepanasan. Di sepanjang bibir pantai terdapat selasar dari paving blok yang cukup nyaman pula untuk aktifitas berolah raga. Baik pada waktu pagi, maupun sore hari. Dari selasar yang menghadap ke arah barat ini juga asyik untuk menikmati keindahan matahari terbenam di sore hari.

Naik Perahu Keliling Pantai

Di Marina kita bisa naik perahu keliling pantai. Tarifnya murah meriah. Per orang hanya membayar Rp 5.000,- saja. Ombak pantai Marina relatif tidak besar, menjadikan rekreasi naik perahu ini aktifitas murah meriah yang mengasyikkan. Relatif aman pula bagi anak-anak.

Naik perahu keliling Pantai Marina

Naik perahu keliling Pantai Marina

Perahu yang bisa diisi lebih dari 50 orang ini start dari dermaga kayu yang ada di pantai Marina. Lamanya waktu keliling pantai sekitar 30 menit. kita akan diajak menikmati pemendangan garis pantai dari sisi laut. Menyusuri tepian pantai untuk melihat aktifitas para nelayan memancing ikan dan mengelola keramba terbuat dari bambu yang banyak terdapat di sana.

Perahu terus melaju ke arah timur mendekati pelabuhan Tanjung Emas. Namun memang tidak sampai ke wilayah pelabuhan berskala Internasional itu. Karena akan segera berputas balik menuju ke dermaga pantai Marina kembali.

Mancing Ikan di Pantai Marina

Pantai Marina juga menjadi tempat favorit para pemancing ikan. Lokasinya berada di sisi utara garis pantai. Bagian bibir pantai yang banyak terdapat tumpukan batu-batu besar untuk membentengi pantai dari abrasi yang diakibatkan gempuran ombak laut.

Konon memancing di laut relatif lebih mudah dibanding memancing di air tawar. Ikan-ikan yang di dapat di pantai memang relatif lebih kecil dibanding memancing di tengah laut. Namun tentu saja lebih hemat karena tak perlu menyewa perahu ke tengah laut. Ikan yang biasa di dapat adalah ikan pethek, ikan kerapu, ikan belanak, dan lain-lain.

Mancing ikan di Pantai Marina

Mancing ikan di Pantai Marina

Salah satu cara memancing yang menarik di saksikan di Pantai Marina adalah cara memancing ikan belanak yang sungguh unik. Mata kail (hook) tidak berupa kawat baja berbentuk setengah jangkar seperti cara mancing pada umumnya. Namun menggunakan botol plastik bekas kemasan minuman pereda panas dalam. Baca lebih lanjut di: Mancing Unik Dengan Botol Plastik Bekas.

Jadi …
Pantai Marina memang bukan tempat wisata pantai yang direkomendasikan bagi anda yang datang dari luar kota Semarang. Karena memang tak seindah pantai-pantai di Jogja, Pacitan atau Jepara. Namun karena berada di kota Semarang, maka menjadi tempat wisata pantai yang paling mudah diakses oleh warga Semarang.

 


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.