Pantai Teleng Ria Pacitan

By mangkoko : last updated 09 Nov 2016

Pantai Teleng Ria adalah destinasi wisata pantai yang paling dekat dengan pusat kota Pacitan. Jaraknya hanya sekitar 3 km saja. Bisa dibilang: Pantai Telengria adalah pantai yang ada di dalam kota Pacitan. Relief pantai Teleng Ria relatif landai, dengan panjang garis pantai sekitar 2,5 km.

Pantai Teleng Ria, perbukitan Limo di kejauhan

Pantai Teleng Ria, perbukitan Limo di kejauhan

Dalam khasanah dunia kepariwisataan, Pacitan lebih terkenal akan wisata goa, sehingga disebut sebagai kota 1001 goa. Namun sesungguhnya pantai-pantai yang ada di Pacitan tak kalah mempesona, sehingga sungguh sayang dilewatkan kala kita berkunjung ke kota kelahiran pan SBY ini.

Baca pula: Tips Wisata ke Pacitan – Pesona Pacitan: Goa, Pantai dan Batu Akik

Pantai Teleng Ria sesungguhnya langsung menghadap Samudera Hindia, namun ombaknya termasuk tidak terlalu ganas. Hal ini disebabkan karena pantai ini berada di cekungan Teluk Pacitan, berderet dengan Pantai Tamperan di sebelah kanan dan Pantai Pancer di sisi sebelah kiri. Berbeda misalnya dengan Pantai Klayar yang juga ada di Pacitan yang memiliki ombak yang sangat ganas.

Infrastruktur wisata yang tersedia di Pantai Teleng Ria terhitung komplit. Sepanjang pengamatan saya, inilah pantai yang paling lengkap dibanding pantai-pantai lain di sepenjang wilayah pesisir Pacitan. Disana telah tersedia hotel dan rumah makan yang cukup representartif. Demikian pula infrastruktur lain seperti fasilitas MCK umum, pasar kerajinan dan berdekatan dengan pasar ikan, karena Pantai Tamperan merupakan tempat pendaratan ikan.

Warung Kopi Pacitan, Pantai Teleng Ria

Warung Kopi Pacitan, Pantai Teleng Ria

 

Resto Kampung Nelayan, Pantai Teleng Ria

Resto Kampung Nelayan, Pantai Teleng Ria

Surfing Bay Cottages, Pantai Teleng Ria Pacitan

Surfing Bay Cottages, Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria diapit oleh tebing-tebing pegunungan Limo. Anda dapat melihatnya dari bibir pantai jika menghadap ke daratan. Tebing-tebing terlihat menjulang tiggi membentuk pola huruf U mengelilingi pantai. Inilah yang menunjukkan bahwa pantai Teleng Ria berada di sebuah teluk. Sehingga ombak Samudera Hindia teredam, menjadi tidak terlalu ganas. Kondisi ini pula yang menyebabkan pantai ini disukai oleh para peselancar pemula.

Bermain di Pantai Teleng Ria Pacitan

Bermain di Pantai Teleng Ria Pacitan

Meskipun ombak tidak ganas, namun harus tetap berhati-hati saat berada di pantai. Selalu ikuti petunjuk dan terutama larangan dari petugas penjaga pantai disana. Agar wisata kita tetap nyaman dan aman.


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.