Pesona Wisata Pacitan: Goa, Pantai, dan Batu Akik

By mangkoko : last updated 11 Nov 2016

Goa, pantai dan batu akik menjadi identifikasi yang paling melekat pada Pacitan, sebuah kota kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah. Menyebut kata Pacitan, masyarakat juga segera terbayang pak SBY, mantan presiden RI ke 6, kerena kota inilah kampung halaman beliau. Suasana khas Pacitan akan sangat terasa pada saat perjalanan mulai memasuki wilayah itu. Ditandai dengan kontur jalan perbukitan kapur yang termasuk deretan panjang pegunungan seribu yang membentang di selatan pulau Jawa.

Benarkan Pacitan itu identik dengan goa, pantai dan batu akik? Jika pernah ke sana, pasti anda akan mengangguk setuju.

Suasana kota pantai Pacitan yang asri dan damai

Jika anda belum pernah mengunjungi Pacitan, cerita perjalanan saya kali ini mudah-mudahan menjadi pemandu anda berlibur di Pacitan. Atau bolehlah disebut sebagai tips wisata ke Pacitan.

Suasana Kota Pacitan

Pusat kota Pacitan sendiri sangat menarik untuk dijelajahi. Sekali-kali , cobalah menginap di kota Pacitan. Anda akan menemukan situasi kota yang terlihat sangat bersih dan rapi. Bagian yang paling terasa unik adalah suasana kota yang terkesan tenang dan sepi. Sebuah suasana yang langka terjadi di kota-kota di pulau Jawa pada umumnya.

Saat saya berjalan-jalan menyusuri kota, di hari Senin yang notabenenya adalah hari kerja, pada jam paling sibuk sekitar jam 7:00 pagi, lalu-lintas terlihat sangat lancar. Sedikit sekali mobil dan sepeda motor yang lalu lalang di jalan. Kalau coba saya bandingkan dengan di Semarang, kota tempat saya tinggal, suasana seperti ini hanya dapat dijumpai pada minggu pagi.

Hotel di Pacitan

Jika anda berniat menginap di Pacitan, ada beberapa hotel yang berada di pusat kota, seperti Prasasti Hotel, Hotel Graha Prima, Hotel Remaja, Hotel Permata,Hotel Pacitan, Hotel Srikandi dan Hotel Bali Asri. Saya tidak banyak tahu kondisi detil masing-masing hotel tersebut. Saya sendiri pernah menginap di Hotel Remaja di pusat kota. Kondisinya lumayan bersih dan tarifnya cukup terjangkau.

Surfing Bay Cottages, Pantai Teleng Ria Pacitan

Hotel Surfing Bay Cottages, di Pantai Teleng Ria Pacitan

Namun jika anda ingin menikmati suasana sunset dan sunrise di tepi pantai, ada sebuah hotel di Pantai Telengria (pantai yang berada di pusat kota Pacitan) yang cukup representatif sebagai tempat menginap, yaitu Surfing Bay Cottage.

Wisata di Pacitan

Wilayah Pacitan berada di pesisir pantai selatan pulau Jawa, sehingga kaya akan pantai landai berpasir putih nan cantik. Ada pantai Mbuyutan, pantai Klayar, Pantai Watu Karung, Pantai Srau dan Pantai Teleng Ria yang berada paling dekat dengan pusat kota Pacitan. Diantara pantai-pantai yang ada, yang paling istimewa adalah pantai Klayar. Tidak berlebihan jika dikatakan: pantai Klayar adalah pantai alami terindah yang ada di pesisir pulau Jawa.

Seruling Samudera di pantai Klayar yang menakjubkan

Seruling Samudera di pantai Klayar yang menakjubkan

Pacitan juga disebut sebagai kota 1001 goa. Wilayahnya berbukit-bukit batu gamping yang disebut sebagai kawasan karst, dengan ciri utama banyak terdapat sungai bawah tanah sehingga kaya dengan goa-goa yang sangat menarik untuk di eksplorasi. Ada puluhan goa yang dikenal, namun yang cukup ternama adalah Goa Tabuhan, Goa Gong, Goa Kalak, Goa Putri dan lain-lain. Diantara goa-goa yang ada tersebut Goa Gong merupakan yang paling menakjubkan.

Goa Gong di Pacitan yang sungguh menakjubkan

Goa Gong di Pacitan yang sungguh menakjubkan

Batu Akik Pacitan

Satu lagi hal yang menarik di Pacitan yaitu batu mulia (batu akik). Inilah salah satu keunggulan wilayah karst, alam Pacitan mewariskan kekayaan berupa beraneka warna dan jinis batu mulia atau batu akik. Di wilayah kecamatan Donorojo Pacitan merupakan sentra kerajinan batu akik. Untuk menuju ke sentra pengrajin batu akik ini sangat mudah, kerena terletak di jalur jalan dari arah Yogyakarta atau Wonogiri (Solo) menuju kota Pacitan. Banyak sekali pengrajin yang mengasah batu akik sejaligus menjajakan hasil karyanya di sisi kiri dan kanan jalan wilayah kecamatan Donorojo.

Seorang pedagang akik memamerkan liontin batu gambar koleksinya

Seorang pedagang akik memamerkan liontin batu gambar koleksinya

Hebatnya lagi, Sentra Akik Donorojo, Goa Gong, dan Pantai Klayar berada di lokasi yang berdekatan, sehingga jika anda hanya punya waktu hanya satu haripun anda tetap dapat mengakses ketiganya. Jika perjalanan anda berasal dari arah Yogyakarta atau Solo anda akan melewati wilayah Donorojo. Selanjutnya anda akan dituntuj petunjuk arah ke Goa Gong dan Pantai Klayar.

Namun jika perjalanan anda dari arah timur atau dari pusat kota menuju ke Pantai Klayar, sebaiknya berhati-hati memilih jalur jalan. Gunakan jalur yang melewati Goa Gong. Ada sebuah pengalaman perjalanan yang sangat pahit saya alami, gara-gara cuma mengandalkan Goggle Map.

Waktu pertama kali berkunjung ke sana menuju ke Pantai Klayar dari pusat kota Pacitan, karena belum tahu jalan, saya mengandalkan Navigation Google Map. Saya ditunjukkan jalur jalan yang lebih dekat, namun ternyata melewati perkampungan berbukit-bukit yang jalannya sangat sempit, rusak, berkelok-kelok naik turun sangat tajam sehingga sangat berbahaya dilewati. Sulit bagi saya untuk berbalik arah. Pilihan satu-satunya adalah menyelesaikan perjalanan yang menguras tenaga dan nyali. Kapok, tak lagi sudi melewati lagi jalur jalan itu.

Mudah-mudahan jalur neraka ini hanya saya yang mengalami, tidak akan terjadi dengan anda yang membaca artikel ini. Sekali lagi gunakan jalur utama melewati Goa Gong, jalannya sangat mulus. Baru setelah mendekati Pantai Klayar akan menyempit, namun relatif bagus dan tidak sulit dilewati.

Jadi, Pacitan adalah destinasi paling ideal bagi anda bersama seluruh keluarga yang menyukai menikmati kesegaran suasana pantai, menjelajah keindahan goa-goa bawah tanah dan sekaligus menyukai batu mulia (batu akik).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.