Staycation di Mesastila Hotel & Resort Magelang

By mangkoko : last updated 29 Jul 2016

Anda pasti sudah tahu sebuah candi di Magelang yang sangat tersohor ke seluruh penjuru dunia, yakni Candi Borobudur. Namun kota Magelang tak hanya tentang Candi Borobudur, masih banyak destinasi wisata lain yang asyik untuk nikmati bersama keluarga. Ada wisata alam, wisata keluarga, wisata belanja, dan lain-lain yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kota ini.

Candi Borobudur (Courtesy of jogjarentcar.info)

Candi Borobudur

Namun jka semua destinasi wisata konvensional sudah dikunjungi, dan anda bingung mau kemana lagi, ada satu konsep wisata menarik yang pantas dicoba. Namanya adalah staycation, yaitu berupa wisata yang hanya menghabiskan waktu didalam rumah atau bisa juga hotel.

Staycation di Mesastila Hotel & Resort Magelang

Berikut adalah cerita seorang sahabat, yaitu Andre Setiawan yang melakukan staycation di sebuah hotel di Magelang, Jawa Tengah:

“Hotel yang saya pilih kali ini adalah Mesastila Hotel & Resort Magelang. Alasan saya memilih staycation adalah konsep hotel ini yang unik, terdapat beberapa wahana bermain, dan juga berseni cukup tinggi”, kata Andre.

Berikut penuturan Andre selengkapnya:

Mesastila adalah sebuah hotel yang terletak dipedalaman perkebunan kopi yang membentang luas sekitar 22 hektar. Satu yang unik adalah: kopi. Bahkan saat memasuki jalan menuju hotel ini saja sudah mulai tercium aroma biji kopi yang begitu khas menggelitik indera penciuman saya. Sungguh hotel yang unik dan memberikan ketenangan, jauh dari hiruk pikuk lalu-lalang kendaraan bermotor.

Mesastila Hotel & Resort (Courtesy of traveloka.com)

Mesastila Hotel & Resort

Hotel ini sangat pas untuk mengusir kejenuhan suasana kantor yang monoton dan memicu stress, hubungan keluarga yang mulai tak asyik, atau hubungan pertemanan yang mulai renggang. Ketenangan memberikan kenyaman dan inspirasi untuk menemukan solusi. Selain tenang, udara yang segar, hotel ini juga memberikan kesan yang begitu romantis.

Lokasi hotel berada ditengah perkebunan, di kombinasikan serasi dengan pemilihan interior yang terkesan tradsional. Di setiap sudut tertangkap suasana alami karena interior terbuat dari kayu jati, dengan konsep bangunan menyerupai rumah adat Jawa. Mata saya begitu dimanjakan dengan dominasi warna hijau segar dari tumbuhan, dan juga warna cokelat dari furniture serta tiang-tiang bangunan.

Saat mulai memasuki resepsionis, aura dari adat Jawa yang kental mulai terasa. Bagi saya seakan berada dirumah sendiri. Kemudian saya didampingi menuju kamar yang sudah saya pesan. Disepanjang jalan menuju kamar terlihat beberapa hiasan khas Jawa yang sungguh menguatkan kesan tentang adat Jawa.

Kamar di Mesastila Hotel & Resort (Courtesy of traveloka.com)

Kamar di Mesastila Hotel & Resort

Saat masuk dan melihat kamarnya, saya semakin kuat merasakan nuansa rumah adat Jawa. Terdapat kasur ber-sprei putih yang dilengkapi dengan kelambu yang serasi dengan warna kasurnya. Hiasan wayang terbingkai rapi dan diletakan dekat kasur. Ada juga sofa-sofa yang memberikan kesan sederhana pada ruang kamar ini.

Dari hotel ini, saya leluasa menikmati pemandangan gunung merbabu dari jendela kamar dengan dilengkapi sofa dan meja menambah nikmat saat memandanginya. Kamu bisa menikmati pemandangan ini pada saat pagi agar terlihat lebih indah.

View Gunung Merbabu (Courtesy of Traveloka.com)

View Gunung Merbabu

Jika pagi sudah tiba ada banyak kegiatan  yang bisa di lakukan: seperti  bermain di sebuah area menyerupai catur raksasa lengkap dengan bidak-bidak caturnnya. Area ini cocok dijadikan tempat untuk berfoto bersama karena hitam putihnya catur dapat memberikan kesan unik pada foto yang dihasilkan.

Area papan catur raksasa di Mesastila

Area papan catur raksasa di Mesastila

Atau anda bisa mencoba berkuda mengelilingi perkebunan kopi. Hmm … aduhai, pagi-pagi sudah menghirup aroma biji kopi langsung dari kebunnya, sedap nian. Atau bisa pula anda bersepeda untuk membakar lemak di tubuh dalam balutan suasana yang sejuk menyegarkan di pagi hari.

Berkuda di Mesastila

Berkuda di Mesastila

Saya sendiri memilih untuk bersepeda mengelilingi perkebunan. Sejauh mata memandang, saya temui warna hijau dedaunan kopi dan warna biru langit pagi hari. Setiap kaki saya mengayuh, angin pagi terasa berhembus. Bulir-bulir keringat mulai muncul membasahi sekujur tubuh. Perkebunan dengan seluas kurang lebih 22 hektar ini sungguh luar biasa jika dikelilingi dengan sepeda kayuh. Saya tidak begitu kuat bersepeda, hanya separoh jalan saja yang dapat saya tempuh, kemudian berbalik kembali menuju hotel.

Bersepeda di Mesastila

Bersepeda di Mesastila

Pintu gerbang hijau dengan corak kuning keemasan mulai tampak, itu artinya hotel mulai terlihat. Setelah mengayuh cukup lama, saya memutuskan untuk berisitrahat dipendopo sambil melihat hijaunya dedauan yang ada. Sungguh hotel yang unik dan memberikan kesan keharuman aroma biji-biji kopi segar langsung dari kebunnya.

Image courtesy of :
– Jogjarentalmobil.info: Borobudur
– Traveloka.com: all Mesastila photo


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.