Cereme Manis, Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

By mangkoko : last updated 16 Nov 2016

Tahu cereme manis? Bukan manisan cereme lho! Cereme manis adalah salah satu varietas buah cereme yang rasanya relatif manis. Cereme yang biasa kita temukan sehari-hari rasanya yang sangat asam, sehingga harus dioleh menjadi manisan agar enak dimakan. Sedangkan cereme manis rasanya tidak se-asam cereme biasa sehingga bisa dikonsumsi segar tanpa perlu pengolahan lebih dahulu.

Buah Cereme Manis

Buah Cereme Manis

Banyak sebutan untuk buah cereme ini, seperti cerme, ceremai, creme, atau ciremai. Dalam bahasa Inggris buah ini disebut Malay Gooseberry.

Buah yang mempunyai nama ilmiah Phyllantus acidus ini diperkirakan berasal dari Madagaskar, kemudian menyebar ke berbagai tempat beriklim tropis lain di seluruh dunia. Di Malaysia cereme dipanggil dengan nama chermai, di Filipina Karmay, dan di Thailand dipanggil Mayom.

Sosok pohon cereme manis ini sama dengan pohon cereme pada umumnya. Bentuk dan ukuran buah juga relatif sama. Jika ada perbedaan yang tampak adalah pada ukuran daun. Daun cereme manis sedikit lebih besar dibanding cereme biasa. Buah yang telah matang pohon berasa sidikit manis dan ada rasa sepat.

Bila cereme biasa hampir tidak mungkin dimakan tanpa tambahan gula atau pengolahan (misalnya dibuat manisan cereme) karena saking kecutnya, cereme manis ini cukup enak dan segar dimakan mentah tanpa tambahan apapun. Karena memang kadar keasamannya tidak setinggi cereme biasa. Buah matang akan terasa lebih manis bila dimakan 2 – 3 hari setelah petik.

Pentil cereme tumbuh di ujung tangkai daun

Pentil cereme tumbuh di ujung tangkai daun

Produktifitas pohon cereme ini sangat luar biasa. Berbuah terus-menerus sepanjang tahun, alias tidak mengenal musim.

MangKoko mendapatkan bibit cangkokan cerme manis ini pada Soropadan Agro Expo 2013 bulan Juni 2013 di Magelang Jawa Tengah.

Belum genap satu bulan di tanam di pot, pohon segera memunculkan bunga-bunga yang semarak. Terkadang di ujung-ujung tangkai daun majemuknya tumbuh bunga dan juga pentil-pentil hijau yang berukuran mungil.

Sampai bulan Maret 2014 saat ini (sekitar 9 bulan) telah berbuah 3 kali. Biasanya bunga-bunga akan bermunculan kembali berselang sekitar 2 minggu setelah buah habis dipanen.

Bunga-bunga cereme akan segera menjadi pentil buah berwarna hijau muda berselang sekitar satu sampai 2 minggu kemudian. Buah-buah kecil bergerombol sangat banyak, bahkan terkadang sampai menyentuh dasar media pada pot. Buah yang telah masak berubah warna menjadi kuning cerah.

Tabulampot cereme manis

Tabulampot cereme manis

Cerme memang bukan buah komersial. Dengan sedikit kandungan rasa manis di daging buahnya, ditambah rasa sedikit kecut dan sepet tentu tidak mudah menandingi buah-buah komersial lain seperti strawberry, cherry, lengkeng dan sebagainya.

Tetapi karakter pohon cereme yang gampang tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian sampai 2000 m dpl, mudah perawatan, dan terus-menerus berbuah bisa menjadi point plus. Menarik sebagai penghias halaman di perkotaan. Sekaligus memberikan nutrisi sehat bagi seluruh keluarga.

Selain itu, hampir seluruh bagian pohon cerme sejak lama dipercaya mempunyai khasiat obat:

  • Buahnya sebagai obat batuk, menambah nafsu makan, ada juga yang melaporkan bahwa manisan cerme bisa menyembuhkan tumor kelenjar getah bening dan leukemia.
  • Daun cereme yang banyak mengandung saponin, karbohidrad, flavonoida, polifenol, dan tannin sering digunakan sebagai obat herbal untuk menawarkan racun akibat gigitan serangga, menurunken tekanan darah tinggi, dan anti kanker. Bagi para wanita, daun rebusan daun cerme sangat popular digunakan sebagai herbal pelangsing.
  • Bagian kulit akar konon bisa menyembuhkan asma dan sakit kulit
  • Biji buah berkhasiat untuk menyembuhkan sembelit dan mual.

Pohon cereme memang sangat menarik sebagai elemen penghias taman, karena sifat tanaman yang adaptif, sangat mudah tumbuh, dan buah-buahnya terlihat atraktif. Ideal pula ditanam di dalam pot.

Tabulampot cereme manis
Tabulampot cereme manis yang ada di halaman depan rumah mangKoko di Semarang yang panas, mampu tumbuh dengan baik. Sosok buahnya yang ranum dan bergerombol semarak sering menarik perhatian tetangga dan para sahabat yang kebetulan berkunjung. Tak sedikit diantara mereka tergoda mencicipi satu dua buah yang terlihat ranum kuning segar, karena telah masak pohon.

Pengin mencicipi juga ?

Jika berkenan, silahkan sahabat sekalian Download Walpaper Buah Cereme Manis yang telah di publish bersamaan dengan artikel ini. Anda bisa pasang pada notebook maupun perangkat mobile.


Share :

2 thoughts on “Cereme Manis, Rajin Berbuah Sepanjang Tahun

  1. Cauchy Murtopo

    Rasanya masam, tapi bisa untuk manisan.

    mangKoko says:
    Mas Cauchy,
    Untuk varietas yang disebut cereme manis tidak terlalu asam, sehingga bisa dimakan tanpa perlu diolah menjadi manisan
    :-)

    Reply
  2. sahar

    mas,.ada yg jual online cermai maniz,..???

    mangKoko says:
    mas Sahar,
    Coba tanyakan ke (www.pohonbuahnursery.com), mungkin di sana ada!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.