Inikah Biang Keladinya ?

By mangkoko : last updated 23 Mar 2015

Pohon beringin (Ficus Benjamina) di taman depan rumah terlihat meranggas. Daun-daunnya hampir habis dimakan hama, entah belalang, kumbang, atau ulat. Siapa biang keladi semua ini ? Apakah ulat ? Tetapi tidak terlihat seekorpun yang pantas dijadikan tersangka. Siapakah sebenarnya biang keladinya ?

Daun-daun beringin yang dimakan hama

Daun-daun beringin yang dimakan hama

Dilihat ciri-ciri daun yang dimakan sepertinya gara-gara dimakan belalang. Tetapi kok si tersangka nggak terlihat juga ya ! Malahan mangKoko menemukan seekor kumbang merah yang bercokol dengan asyiknya di rerimbunan daun. Tetapi memang dia tidak tertangkap basah lagi makan dedaunan. Saat dicoba diusik, ternyata tetap diam saja. Hanya malas-malasan sekedar menggerak-gerakkan sungut atau antenanya. Ini tentu saja membuat tangan jadi gatal untuk segera mengambil kamera, membidik, dan menjadikannya fotomodel.

Kumbang sayap merah

Kumbang sayap merah

Serangga ini berukuran panjang tubuh sekitar 2 cm dan lebar saat sayap mengatup sekitar 0.5 cm. Sayapnya jika dilihat dari atas berbulu halus warna merah (agak muda) terlihat seperti gambar diatas. Semantara diberi nama “kumbang sayap merah saja” ya! Habis memang tidak tahu namanya sih ! Kalau coba di cari lewat Google sepertinya yang mendekati taksonomi binatang ini adalah Melamphaus Rubrocinctus. Entah benar atau tidak. Barangkali kalau ada sahabat sekalian yang mengenal serangga ini bisa sharing infonya.

Di internet tidak banyak informasi tentang serangga ini. Justru foto-foto serangga ini yang banyak bertebaran, dijual sebagai stock photo dengan sebutan keren-nya : insect red stink bug. Tetapi kalau dipahami dari namanya stink (=bau), mestinya ada bau menyengat dari serangga ini. Tetapi yang berkunjung ke kebun mang Koko tidak tercium ada bau yang kuat. Jangan-jangan namanya adalah insect red not stink bug !
He he he …

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.