Mangga Okyong, Bisa Berbuah 3X Setahun

By mangkoko : last updated 14 Aug 2016

Pernah dengar nama mangga okyong ? Mangga okyong adalah mangga introduksi dari Thailand. Termasuk salah satu varietas mangga unggulan, sangat pantas ditanam di halaman atau kebun di rumah. Mangga Thailand ini mampu berbuah 3 kali dalam setahun. Bandingkan dengan pohon mangga lain pada umumnya hanya berbuah satu kali setahun.

Rasa buah mangga okyong juga istimewa. Jika telah benar-benar matang akan berasa: manis, segar berair, berserat lembut, renyah dan memunculkan aroma harum. Daging buahnya relatif tebal karena biji (pelok) berukuran relatif kecil dan tipis.

Mangga okyong masak pohon

Mangga Okyong, mangga unggul dari Thailand

Kenikmatan rasa mangga okyong muncul maksimal ketika dipetik dalam kondisi telah masak di pohon. Tandanya kulit buah telah berwarna kekuningan, jika dipencet terasa agak empuk. Jangan tunggu sampai benar-benar empuk, agar anda dapat menikmati kerenyahan tekstur buah mangga ini. Tekstur buah ini memang istimewa, jika digigit ada rasa kres yang sensasional.

Buah yang dipetik ketika masih muda akan muncul rasa asam, meskipun telah diperam beberapa hari agar menjadi matang. Jika kurang suka dengan rasa asam, lebih baik diblender menjadi jus mangga segar.

Pengin tahu cara membuat jus mangga? Silahkan meluncur ke: Resep Jus Mangga ala mangKoko.

Dimana mendapatkan buah mangga okyong?
Mangga okyong masih jarang ditemukan di pasaran. Meskipun sedang musim mangga, lapak-lapak para pedagang mangga di pinggir umumnya menjual mangga Indramayu. Jarang ada yang menjual mangga okyong. Di supermaket juga setali tiga uang, saya belum pernah menjumpainya. Rupanya jenis mangga ini belum banyak dikebunkan dalam skala komersial. Sehingga sulit ditemukan di pasar.

Tekspur daging buah mangga okyong masak pohon, kuning cerah, lembut dan segar berair

Tekstur daging buah mangga okyong masak pohon: kuning cerah, lembut dan segar berair

Kabar baiknya, bibit pohon mangga okyong relatif mudah ditemukan di lapak-lapak penjual bibit tanaman. Banyak para hobbies yang telah menanam pohon ini di kebun dan halaman rumah mereka.

Cara menanamnya relatif mudah, tak beda dengan menanam pohon mangga pada umumnya. Mangga unggul dari Thailand ini juga memiliki kemampuan adaptasi yang baik terhadap kondisi lingkungan. Sehingga mudah tumbuh di Indonesia.

Pada umumnya pohon mangga (termasuk okyong) akan berbuah lebat jika ditanam di dataran rendah, seperti di metropolis seperti Jakarta, Surabaya dan Semarang. Sehingga cocok ditanam di rumah sebagai penghasil buah sumber gizi bagi keluarga. Pohon mangga yang selalu rimbun sekaligus berfungsi sebagai peneduh dan paru-paru kota.

Dompolan mangga okyong muda

Dompolan mangga okyong muda

Ada 2 batang pohon mangga okyong yang tumbuh subur di depan dan samping rumah mangKoko di Semarang. Satu pohon telah sering berbuah lebat, bahkan pernah sampai 3 kali dalam setahun. Pohon satunya di samping rumah, baru belajar berbuah.

Konon mangga terenak adalah buah yang dipanen dari tanaman yang baru pertama kali berbuah.
Nggak percaya?
Coba tanam sendiri di rumah, dan cicipi jika telah berbuah nanti. Apakah benar buah pertama ini adalah buah terenak! he he …  :-)

Perawatan Pohon Mangga

Pohon mangga yang ditanam dekat rumah, atau di lahan sempit, sebaiknya sering di lakukan pemangkasan. Dilakukan setelah selesai panen. Pemangkasan bertujuan untuk mengatur percabangan pohon agar rapi dan enak dilihat. Jaga ketinggian tajuk pohon maksimal setinggi 3 meter, agar batang utama dan perakaran tidak cepat membesar yang berpotensi merusak bangunan di sekitarnya.

Pohon yang dijaga tidak terus tumbuh meninggi akan memudahkan saat panen. Ide seperti ini telah banyak di terapkan pada perkebunan buah-buahan di Thailand. Mereka rutin melakukan pemangkasan agar pertumbuhan melebar, tidak meninggi. Saat panen menjadi mudah. Tak perlu menggunakan tangga atau memanjat pohon. Cukup berdiri di atas mobil bak terbuka atau di atas traktor, telah dapat menjangkau buah.

Bagaimana dengan pemupukan?
Saya sendiri lebih suka melakukan perlakuan secara organik dengan mengocori dengan pupuk organik cair atau pupuk kandang seperlunya. Jeda waktunya 3 bulan sekali. Sebaiknya tidak menggunakan pestisida kimiawi maupun zat-zat hormonal perangsang munculnya bunga. Lebih baik dibiarkan tumbuh alami sesuai dengan kodratnya. Dengan begitu tanaman akan sehat dan menghasilkan buah-buah organik yang sangat berkualitas.

Selamat berkebun … mangga gan

Catatan:
Banyak pertanyaan yang diajukan ke mangKoko, “Dimana mendapatkan bibit pohon mangga okyong?”. Padahal setahu mangKoko mudah didapatkan di sentra-sentra penjual bibit buah di kota-kota besar, terutama di Pulau Jawa.

  • Di Semarang mangKoko lihat banyak stock di Hortimart dan Bangkit Tani yang terletak di Bawen Kab. Semarang, Jalur utama (non tol) Semarang Solo.
  • Di beli online-pun cukup mudah seperti misalnya di Kebunbibit.id dan Sriwijayatani.com

Share :

11 thoughts on “Mangga Okyong, Bisa Berbuah 3X Setahun

  1. Taslim

    Mang Koko, saya sepertinya punya pohon mangga jenis ini di rumah. Sekarang lagi berbuah agak banyak, setelah sebelumnya cuma beberapa biji (mungkin baru belajar berbuah). rasanya memang manis luar biasa, dengan pelok yang sangat tipis.

    Persoalannya, mangga saya dirumah banyak yang pecah, sebelum tua. kira2 kenapa yah?

    mangKoko says:
    Hallo mas Taslim,
    Konon problem mangga yang pecah karena terlalu banyak paparan sinar matahari. Saya tidak tahu persis benar-tidaknya. Pohon mangga di rumah saya mengalami hal yang sama. Panen perdana buahnya sedikit tetapi mulus dan istimewa rasanya. Panenan musim berikutnya pecah-pecah. Namun di musim panenan setelah itu tidak lagi pecah di pohon. Mungkin pohonnya sendiri telah beradaptasi dengan baik pada lingkungan tumbuhnya.

    Reply
  2. mas sugeng

    mang koko…mangga ini luar biasa asamnya tapi juga luar biasa manisnya,…artinya klo belum matang benar,asamnya wowww..tapi kalau sdh matang jangan tanya mangga mana yang bisa ngalahin manisnya mangga ini..kebetulan saya punya satu pohon di halaman depan,sdh 7 kali menikmati panen.

    mangKoko says:
    Wow … selamat menikmati panen manis di musim-musim berikutnya mas Sugeng!
    :-)

    Reply
  3. Amanda

    Mas, ada di jual online gak yah bibit mangga ini?
    Ada kontak yg bs di hubungi?

    mangKoko says:
    Setahu saya, bibit mangga okyong banyak tersedia di gerai para penjual bibit buah. Coba Amanda tanyakan ke gerai terdekat!

    Reply
    1. Roni Kartiwa

      Mang koko.. saya br beli tangkal mangga ini dan sekarang sudah di tanam di halaman depan, gmn cara nya spy ke depan nya pohon mangga ini tdk terlalu tinggi dan akar nya tdk menjalar kmh2 mengingat halaman rmh sy yg tdk terlalu luas. Tks

      mangKoko says:
      Hallo mas Roni Kartiwa,
      Lakukan pemangkasan rutin pasca panen. Saya biasanya menjaga agar ketinggian sekitar 3 meter saja. Cara ini akan memperlambat membesarnya akar. Sehingga tidak terlalu mengganggu bangunan di sekitanya.

      Reply
  4. Klismann

    Mau dong beli biji mang …

    mangKoko says:
    Jangan menanamnya dari biji. Akan lama menunggu hingga berbuah. Dan kemungkinan besar karakter unggul-nya akan berubah.

    Reply
  5. Klismann

    Mau dong beli bibitnya mang

    mangKoko says:
    Hallo Klisman,
    Bibit mangga okyong mudah didapatkan di lapak2 penjual bibit buah

    Reply
  6. Yos

    Gan…
    Phn mangga saya jg dah berbuah..u tahun ini luar biasa buah nya mas…banyak sekali…
    tp masalah nya..setelah itu tdk muncul tunas baru..ealau sudah sy pangkas sebagian dahan2nya…solusi n.. mas…

    mangKoko says:
    Nggak apa-apa mas Yos, tampaknya pohon mangga anda lagi membutuhkan masa istirahat setelah berbuah sangat lebat. Dipupuk secara wajar saja, biar kondisinya cepat pulih

    Reply
  7. dessy

    saya punya pohon mangga ini sudah 3 tahun kok belum berbuah ya. belum lama ini baru dipangkas sih. mohon saran sebaiknya diberi apa ya biar cepat berbuah.

    mangKoko says:
    Hallo Dessy,
    Apakah pohon mangga lain di sekitarnya mau berbuah? Jika ya, maka biasanya akan sulit membuahkan pohon mangga yang tak pernah mau berbunga dan berbuah seperti ini. Memang ada beberapa rekomendasi dengan merangsang pembungaan secara hormonal atau kimiawi. Namun sering tidak efektif.

    Coba beri kesempatan beberapa tahun lagi, barangkali saja mau berbuah.

    Saya pernah punya pohon mangga yang sangat subur dan rimbun, namun tak berbuah. Yang saya lakukan adalah: (tapi cara ini jangan ditiru ya!) … saya berkata pada sang pohon mangga, “Segera berbuah dong, aku tunggu sampai musim buah tahun depan ya! Jika tak berbuah juga, mohon maaf jika ditebang! Diganti dengan pohon lain.” :-)

    Reply
  8. warung bibit

    wah, kami jadi ingin mengoleksi bibitnya nich ….
    sampai sekarang kami belum mempunyai stok yang namanya bibit mangga okyong,
    padahal penghobi tanaman sering menanyakan juga.

    mangKoko says:
    Trims kunjungannya
    :-)

    Reply
  9. H. Kasmuri

    Saya ingin membeli bibit mangga okyong yang katanya bisa berbuah 3X dlm setahun.
    Kalo boleh tahu, mangkoko alamat Semarangnya dimana yah ?
    Barangkali kalo aku ke Semarang bisa mampir membeli bibitnya.
    Terimakasih.
    Ttd : H. Kasmuri
    Di Tegal.

    mangKoko says:
    Hallo pak Haji Kasmuri.
    Bibit mangga Okyong setahu saya banyak tersedia di lapak2 penjual bibit buah.
    Coba pak Kasmuri cari di Tegal dan sekitarnya. Saya kira kok ada.
    Kalau di Semarang saya lihat ada di Bangkit Tani – Bawen atau di Hortimart

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.