Mulsa untuk Tabulampot

By mangkoko : last updated 11 Mar 2015

Anda mungkin sering melihat para petani hortikultura maupun sayuran menutup permukaan guludan di sawah ladang mereka di bawah tanaman dengan lembaran plastik putih atau hitam. Itulah yang disebut mulsa. Mulsa plastik berfungsi menutup media tanam. Tetapi pernahkah anda melihat aplikasi mulsa plastik pada tabulampot ?

Mulsa plastik pada tabulampot cereme manis

Mulsa plastik pada tabulampot cereme manis

Idenya bermula dari suatu kejadian di kebun. Saya melihat tabulampot cereme manis berbuah sangat lebat, bahkan pentil-pentil buahnya sampai menyentuh tanah permukaan media tanam.

Untuk melindungi buah-buah supaya tidak kotor terkena tanah saya coba meletakkan lembaran sterofoam putih diatas media tanam. Sehingga pentil-pentil buah terbawah yang menyentuh permukaan media tanam tertahan diatas lembaran sterofoam.

Namun warna putih sterofoam kok terlihat mengganggu pandangan ya? Tabulampot terlihat kotor dan kurang sedap dipandang mata. Kebetulan waktu itu ada sebuah polibag bekas wadah bibit buah, lantas saya coba mengganti sterofoam dengan plastik polibag warna hitam tersebut. Polibag dipotong melingkar mengikuti ukuran diameter pot. Dilobangi bagian tengah seukuran diameter batang tanaman dan kemudian dipotong dari tepi menuju ke lobang tersebut. Ini bertujuan supaya plastik mudah dipasang melingkari batang tanaman dan menutupi tanah (media tanam) di bawah tanaman.

Jadilah tabulampot ber-mulsa plastik !
Sekarang tabulampot menjadi lebih kelihatan rapi. Pentil-pentil buah juga terhindar dari sentuhan langsung dengan tanah.   😛

“Apa sih sebenarnya fungsi mulsa tersebut ?”
Mulsa yang umumnya berupa lembaran plastik putih, silver atau hitam memiliki fungsi untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah dan mencegah pertumbuhan gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman.

Tabulampot tanpa mulsa akan sangat cepat ditumbuhi gulma rerumputan

Tabulampot tanpa mulsa akan sangat cepat ditumbuhi gulma rerumputan

Khusus untuk tabulampot, mulsa plastik berfungsi untuk melindungi permukaan media tanam agar tidak mengotori lingkungan disekitarnya akibat guyuran air hujan maupun pada saat penyiraman.

Kelembaban media tanam juga lebih terjaga karena proses penguapan air dari permukaan media tertahan oleh mulsa. Dampak positifnya tentu saja menghemat pemakaian air, sehingga frekuensi penyiraman bisa dikurangi. Selain itu mulsa akan mencegah pertumbuhan gulma berupa rerumputan liar yang mengganggu penyerapan hara oleh tanaman.

Sebuah ide sederhana, mudah dilakukan, murah, dan memberi dampak positif bagi pertumbuhan tanaman. Mau mencoba ?

Happy gardening !


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.