Sang Pollinator

By mangkoko : last updated 14 May 2014

Suatu pagi, ketika lagi asyik membidik bunga-bunga ruellia ungu (ruellia brittoniana) yang lagi bermekaran, tiba-tiba muncul seekor sahabat kecil yang sangat manarik perhatian. Dia adalah seekor lebah madu (apis mellifera) bercorak loreng kuning hitam. Sahabat kecil ini terbang dari satu bunga ke bunga yang lain secara berurutan, tidak ada satu bungapun yang tidak kebagian dikunjungi.

Sang Pollinator beraksi

Sang Pollinator dan Bunga Ruellia Ungu

Setiap sampai pada satu bunga, dia hinggap pada mahkota bunga, kemudian berjalan masuk lubang di tengah bunga. Mungkin inilah prosesi untuk mengumpulkan madu dari setiap bunga yang sedang mekar.

Aktifitas sahabat kecil kita ini, ternyata bersifat mutualisma dengan bunga yang di kunjungi. Membantu penyerbukan (pollination), sehingga kelak bunga-bunga akan bertransformasi menjadi buah. Penyerbukan adalah proses bertemunya serbuk sari (pollen) dengan kepala putik (stigma). Ini merupakan bagian dari proses reproduksi tanaman yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan kehidupan sebuah spesies tumbuhan.

Peran pollinator sebagai agen yang membantu proses penyerbukan di alam memegang peran yang sangat vital. Berdsarkan penelitian, hanya 10% saja dari tanaman berbunga yang diserbuki tanpa bantuan agen pollinator. Yang biasanya terjadi dengan bantuan hembusan angin. Lebah adalah salah satu agen pollinator sangat penting bagi keberlangsungan ekosistem di alam

Sang lebah, makhluk mungil ini begitu mankjubkan. Tanpa mengenal lelah menghampiri satu demi satu bunga-bunga ruellia ungu yang sedang mekar tanpa ada satupun yang terlewatkan.

Lebah memang makhluk yang sangat menakjubkan. Sepanjang hidupnya diisi dengan aktifitas yang selalu memberi manfaat. Peranannya sangat penting sebagai agen penjaga keberlangsungan reproduksi tanaman. Dengan bekerja seakan tanpa mengenal lelah mengumpulkan sari bunga dan madu yang kelak akan memberi manfaat pada makhluk hidup lain termasuk manusia. Bukankah ini merupakah jalan hidup yang pantas untuk kita diteladani ? Pollen dan madu sebagai hasil pekerjaan lebah merupakan super food. Makanan yang berkualitas sangat tinggi yang dihasilkan murni dari alam. Bahkan menjadi obat bermacam-macam penyakit yang diderita manusia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.