Songgolangit, Gulma Berkhasiat Obat

By mangkoko : last updated 30 Sep 2014

Pasti anda pernah melihat tanaman berbunga putih ini. Sering dijumpai tumbuh liar sebagai gulma di pinggir jalan, tanah lapang, atau tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Namun jarang yang mengetahui nama dari tanaman ini. Padahal namanya terdengar sangat hebat lho, yaitu songgolangit, yang artinya tiang langit, atau sang penyangga langit.

Songgoangit, gulma berkhasiat obat

Songgoangit, gulma berkhasiat obat (Credit image pada id.wikipedia.org)

Entah kenapa tanaman ini dipanggil songgolangit, mungkin karena tangkai bunganya yang memanjang ke atas menopang kelopak bunga, sehingga dianalogikan seperti tiang penyangga langit. Kelopak bunganya berukuran kecil bermahkota putih dengan bagian tengah berwarna kuning. Daunnya berbulu, berbentuk tombak, dan bergerigi di bagian pinggirnya

Tanaman Songgolangit (Tridax Procumbens) biasa juga dipanggil dengan nama Gletang, Ketumpang, Londotan, dan Sidawala. Di Jepang disebut Kotobukigiku, dan dalam bahasa Inggris dipanggil dengan nama Tridax Daisy.

Terna menahun yang konon berasal dari benua Amerika tropis tersebut ternyata berkhasiat obat. Bersifat analgesik, anti inflamasi dn anti radang, sehingga sering di kemas sebagai herbal untuk membantu pengobatan penyakit degeneratif. Beberapa referensi menyebutkan bahwa tanaman ini juga aman bagi penderita gangguan hati dan ginjal karena tidak bersifat racun.

Daun songgolangit mengandung flavonoid yang bersifat analgesik, menyejukkan sehingga banyak dipakai sebagai obat herbal untuk meringankan gejala rematik dan nyeri pada pinggang. Sedangkan kandungan saponin berperan sebagai anti radang, antibiotik, dan menurunkan asam urat. Selain itu berperan juga sebagai peluruh kencing, yang merupakan salah satu cara untuk menrunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

MangKoko selalu mengingatkan pada sahabat sekalian, bila menggunakan terna seperti ini untuk keperluan pengobatan sebaiknya tetap waspada dan hati-hati. Memang penggunaan obat herbal sering dipercaya lebih aman, tanpa efek samping. Namun tidak selalu menjamin lebih efektif dibanding obat-obatan paten. Jadi sebaiknya selalu dalam pengawasan dokter.

Jika berkenan, sudah tersedia pula Bunga Songgolangit untuk di-download sebagai wallpaper.

Referensi: id.wikipedia.org, dan sumber lain.


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.