Menanam Tabulampot Nangka Mini

By mangkoko : last updated 04 Jan 2016

Pohon nangka biasanya tumbuh besar di kebun atau di halaman rumah yang luas di pedesaan. Jarang ditemukan di lingkungan rumah di perkotaan, kerena umumnya hanya memiliki lahan terbatas, tak mungkin ditanami pohon nangka yang bisa tumbuh sangat besar. Tapi itu jaman dulu, karena sekarang telah ada varietas nangka yang sosoknya tak terlalu besar, namun mampu berbuah lebat. Namanya nangka mini.

Varietas nangka unggulan ini tidak membutuhkan lahan luas sehingga cukup ideal ditanam di areal sempit di perkotaan. Bahkan ditanam di dalam pot sekalipun (sebagai tabulampot) tetap tumbuh subur dan berbuah lebat.

Tabulampot nangka mini

Tabulampot nangka mini

Sesuai dengan namanya, ukuran buah nangka mini memang tidak sebesar nangka lokal pada umumnya. Namun karena dapat berbuah lebat, menjadi menarik dibudidayakan. Selain itu, indah pula sebagai penghias halaman.

Tanaman ini sesungguhnya dapat tumbuh besar dan tinggi seperti pada umumnya pohon nangka (Artocarpus heterophyllus), ketinggiannya bisa mencapai sekitar 20 meter. Namun karena cepat berbuah (sekitar 2-3 tahun dari biji) maka terkesan sebagai pohon nangka berukuran kecil (mini).

Perawatan Tanaman Nangka Mini

Pohon nangka tak membutuhkan perawatan rumit. Bahkan umumnya di pedesaan hampir tak dilakukan perawatan sama sekali. Hanya sekali-kali dilakukan pemangkasan dahan pohon, itupun tujuannya untuk mengambil daun untuk pakan kambing.

Namun saya tetap menyarankan untuk melakukan pemangkasan secara rutin. Terutama pada dahan pohon yang mengarah ke atas. Ketinggian tajuk teratas sebaiknya di jaga maksimal setinggi 3 meter, agar pohon tak tumbuh terlalu tinggi sehingga menyulitkan melakukan panen buah.

Pemangkasan juga bertujuan untuk menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman yang tidak produktif. Sehingga suplai nutrisi akan beralih pada pertumbuhan generatif berujud buah nangka yang menggelantung di batang utama.

Pemupukan cukup dilakukan secara organik dengan menaburkan pupuk kandang di sekitar perakaran pohon.

Tabulampot Nangka Mini

Di halaman depan rumah mangKoko di Semarang terdapat satu batang tabulampot nangka mini. Ditanam sejak sekitar 1,5 tahun lalu. Bibit berasal dari salah satu kios penjual tanaman hias yang banyak terdapat di sepanjang Jl. Arteri Soekarno Hatta Semarang.

Waktu dibeli dulu sudah terlihat ada babal (pentil buah nangka) menggelantung di batang utama. Namun beberapa hari setelah sampai di rumah, babal tersebut rontok.

Beberapa bulan kemudian terlihat bunga-bunga nangka bermunculan kembali. Namun kemudian rontok juga, tak tersisa. Kemungkinan tanaman sedang dalam tahap belajar berbuah.

Pentil buah nangka mini (babal)

Pentil buah nangka mini (babal)

Pada pembungaan ke tiga, barulah dapat bertahan membesar hingga berukuran sekitar 25 x 15 cm dan berat mencapai 1,5 Kg. Namun sebagian buah tak bertahan pula hingga matang. Tangkai buah terlihat mengerut dan jatuh sebelum cukup tua. Entah kenapa hal itu terjadi …

Gudeg Basah dari Nangka Muda

Buah nangka muda jatuhan ini ternyata cukup ideal dimasak menjadi sayur gedeg. Tekstur serat daging buahnya terasa lembut, sehingga sayur gudeg basah yang dimasak isteri menjadi istimewa, nikmat menemani sepiring nasi hangat.

Gudeg basah dari nangka mini

Gudeg basah dari nangka mini

Oh ya … yang disebut gudeg basah sesungguhnya tidak jauh beda dengan gudeg Jogja. Sedikit perbedaanya: gudeg Jogja dimasak sampai kering, berwarna coklat tua dan terasa sangat manis. Sedangkan gudeg basah lebih berkuah (nyemek, dalam bahasa Jawa), berwarna coklat muda, dan tidak tidak semanis gudeg Jogja.

Detil cara memasak gudeg basah, kurang lebih seperti resep: Jangan Gori + Tetelan ala Diah Didi Kitchen. Silahkan meluncur sendiri ke sana ya!

Nangka Mini Masak Pohon

Berselang sekitar 2 bulan kemudian, beberapa buah yang mampu bertahan (tidak rontok kala masih muda), berhasil tumbuh membesar hingga seukuran buah kelapa hijau (diameter sekitar 30 cm) dan masak di pohon. Buah nangka yang masak pohon ditandai dengan munculnya bau harum semerbak khas buah nangka. Dan jika anda tekan dengan jari, terasa empuk.

Rasa buah nangka mini yang telah masak sangat manis, kenyal dan relatif tebal daging buahnya. Lihat foto di bawah.

Buah nangka mini matang di pohon

Buah nangka mini matang di pohon

Warna kuning, daging buah nangka mini

Warna kuning, daging buah nangka mini

Bagaimana sahabat …
Tidakkah anda tertarik menanam tabulampot nangka mini di halaman rumah anda?


Share :

One thought on “Menanam Tabulampot Nangka Mini

  1. Rai

    Hallo mangkoko terimakasih atas artikel menariknya. Yg ingin sy tanyakan
    1. Apakah nangka yg ditanamn varietas khusus ?
    2. Jd mangkoko membeli pohon nangka yg sudah berusia 1,5tahun sejak di tumbuh kan dr biji ya ?
    3. Jd pertama kali berbuah 2 bulan sejak membeli artinya saat berusia 1tahun 7bulan tanaman sudah berbuah y ?
    4. Berapa banyak jumlah buah seukuran 30cm yg dipanen pada usia tanaman 1tahun 7bulan itu ?
    5. Selanjutnya usia brp tanaman kembali berbuah ? Brp banyak jumlah nya ?
    6. Lalu setelah 3 tahun apakah msh berbuah ?
    7. Berapa harga bibit tersebut ? Dibeli tahun berapa ? Dibeli dimana ?
    8. Mangkoko sendiri punya lahan buah yang cukup luas tidak y ? Yg kira2 setiap musim panen perlu untuk di jual? Jika ada bagaimana sih cara memasarkannya ?
    Mohon jawabannya. Terima kasih.

    mangKoko says:
    1. Nangka mini adalah salah satu varietas nangka unggul
    2. Saya beli bibit sambung pucuk
    3. Betul
    4. Ada 3 buah
    5. Itu buah pertama, selanjutnya belum tahu.
    6. Belum tahu
    7. Bibit banyak dijual di lapak penjual bibit buah-buahan.
    8. He he, saya cuma nanam di pot 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.