Wallpaper = Pengingat Visual

By mangkoko : last updated 26 Jul 2016

Wallpaper tidak sekedar penghias layar komputer agar nyaman dipandang mata. Bagi mang Koko wallpaper harus menjadi milestone yang eye cathing untuk mengingatkan akan suatu interes pribadi atau fokus pada style yang ingin dijalani. Bagi kita yang banyak menghabiskan waktu bekerja di depan komputer, sebuah wallpaper bisa menjadi sebuah tools pengingat pribadi yang efektif.

Masjid_Agung_Jawa_Tengah_500Anda sekalian tentu tidak asing dengan computer wallpaper bukan? Computer wallpaper didefinisikan sebagai: gambar yang digunakan sebagai latar belakang (background) pada layar computer, notebook, maupun perangkat mobile seperti ipad, tab dan sebagainya.

Istilah wallpaper pertama kali dipakai di Microsoft Windows. Kemudian istilahnya berubah menjadi desktop background bersamaan dengan kemunculan Windows Vista. Sedangkan Mac OS X menyebutnya sebagai desktop picture (Wikipedia.org).

Kenapa wallpaper sangat efektif sebagai media pengingat ?
Karena background layar computer yang terpampang di hadapan kita ini akan sering terlihat oleh mata. Memang ketika kita lagi bekerja menggunakan aplikasi tertentu misalnya Word, Excel atau Internet Browser maka gambar background akan tertutup. Tetapi bukankah waktu kita lagi pindah-pindah window aplikasi sekilas akan terlihat gambar background screen computer kita ? Nah saat jeda antar pergantian window aplikasi inilah fungsi pengingat dari wallpaper akan efektif.

Warna dominan pada sebuah wallpaper konon mampu mempengaruhi suasana hati seseorang. Warna apa saja yang akan mambangun kesan psikologis seseorang dapat anda baca pada artikel: Psikologi Warna, Biarkan Warna Berbicara.

Wallpaper mengingatkan apa ?
Bisa mengingatkan apa saja, tergantung persepsi kita sendiri ketika melihat suatu obyek (dalam hal ini adalah gambar). Misalnya saat kita lagi focus untuk hidup lebih sehat secara organik, kita bisa pasang foto kebun sayur organik atau foto buah-buahan segar yang sedap dipandang mata. Atau seperti contoh wallpaper diatas, ketika ingin selalu ikhlas dalam setiap aktifitas sehari-hari, mang Koko coba pasang gambar Masjid Agung Jawa Tengah plus sebuah kalimat : “There is no way to ikhlas, ikhlas is the way“.

Wallpaper Insect

Atau mungkin anda lagi focus ingin mendapatkan perut langsing ? Tentu nggak ada salahnya jika dipasang wallpaper serangga super langsing seperti gambar di samping kanan. He he …

Untuk mendapatkan wallpaper-wallpaper inspiratif yang sesuai dengan minat kita tentu ada banyak jalan menuju kesana. Bisa menggunakan foto-foto hasil jepretan sendiri, dipilih yang terbagus, kemudian di cropping sesuai dengan resolusi desktop, notebook atau perangkat mobile yang kita pakai.

Cara lain yang lebih gampang adalah download dari beberapa website yang menyediakan wallpaper gratis. Disana biasanya telah disediakan berbagai macam ukuran atau resolusi gambar. Tinggal pilih sesuai dengan resolusi layar perangkat kita. Berikut beberapa sumber wallpaper gratis yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu : Wallpapers Wide, Wallpapers, Wallpaperia dan masih banyak lagi.

Atau di blog ini, jika kebetulan lagi ada obyek foto menarik, mang Koko juga akan post foto-foto sebagai wallpaper. Monggo silahkan download disini. Tetapi jangan ditertawakan ya, soalnya kualitas jepretan fotografinya masih nuwbie !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.