100 Cerita Batu Mulia Indonesia

By mangkoko : last updated 18 Sep 2016

Setahun lalu jika anda berhasil menemukan satu saja buku (berbahasa Indonesia) yang membahas tentang batu mulia di toko, maka anda termasuk orang yang beruntung. Karena memang sangat sedikit buku tentang batu mulia yang diterbitkan. Kalaupun ada biasanya buku import atau buku terbitan lama yang telah sangat jarang ada.

Situasinya menjadi berbanding terbalik dengan saat ini. Sangat mudah sekarang untuk menemukan puluhan judul buku baru tentang batu mulia. Ini memang berkaitan langsung dengan melambungnya popularitas batu akik di seluruh penjuru tanah air. Ada kebutuhan berkaitan dengan informasi tentang batu mulia yang tiba-tiba melambung. Tentu saja ini menjadi peluang yang tak di sia-siakan para penulis untuk mencoba memenuhi dahaga masyarakat.

Tumpukan buku-buku baru tentang batu mulia di sebuah toko buku

Tumpukan buku-buku baru tentang batu mulia di sebuah toko buku

Sayangnya tidak semua buku yang terbit, ditulis oleh orang yang kompeten. Sebagian besar ditulis ala kadarnya, sekedar mendokumentasikan apa yang ada di masyarakat, bukan memberikan informasi tentang dunia batu-batuan mulia yang bisa dipertanggungjawabkan.

Kebanyakan hanya seperti katalog yang menampilkan foto-foto batu mulia yang sedang digandrungi di pasaran disertai keterangan ala kadarnya dengan menyebutkan nama populer sang batu, dibumbui dengan mitos yang beredar di masyarakat berkaitan dengan khasiat dan kehebatan sang batu. Foto-foto yang ditampilkan-pun sering asal comot dari internet.

Buku Mang Okim
Kabar baiknya, di tengah gempuran puluhan buku-buku abal-abal tersebut muncul sebuah buku tentang batu mulia yang sangat komprehensif. Memberikan informasi yang representatif karena memang ditulis oleh seorang pakar batu-batuan mulia yang tak seorangpun meragukan kapabilitasnya, terutama di kalangan para gemolog.  Dialah Ir. H. Sudjatmiko, atau yang populer dengan nama panggilan mang Okim.

Buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama ini berjudul: 100 Cerita Batu Mulia Indonesia

Buku: 100 Cerita Batu Mulia Indonesia

Buku: 100 Cerita Batu Mulia Indonesia

Tidak seperti umumnya buku-buku tentang batu mulia terbitan luar negeri yang ditulis seperti sebuah text book karya ilmiah, buku karya mang Okim ini sungguh berbeda, ditulis dengan gaya bertutur populer namun tidak mengabaikan unsur-unsur ilmiah. Selain renyah dicerna oleh masyarakat awam, kualitas isinya cukup representatif.

Isi buku berupa kumpulan artikel kisah pengalaman sehari hari sang penulis dalam berkecimpung di dunia batu-batuan mulia, baik sebagai seorang dosen, konsultan, dan kolektor yang sangat peduli pada pelestarian sumber daya alam Nusantara ini.

Saya sendiri tak pernah mengira sebelumnya, membaca sebuah buku tentang batu mulia bisa menjadi sentimental membangkitkan gejolak emosi, seakan turut larut pada keprihatinan dan sepak terjang sang penulis dalam upaya melindungi kakayaan alam Nusantara.

Misalnya saat bercerita tentang penyelamatan ber-truk-truk batuan jasper dari Tasikmalaya yang diekspor mentah ke Jepang dengan harga sangat murah. Atau perjuangan beliau untuk menjadikan kawasan sungai Cimedang di Tasikmalaya sebagai sebuah Geopark yang tak kunjung kesampaian. Padahal daerah aliran sungai Cimedang ini kaya akan bongkahan batuan jasper raksasa yang keindahannya tiada bandingannya di dunia.

Ada lebih dari 100 cerita sangat inspiratif dari mang Okim di buku ini, tepatnya 108 cerita. Selain yang mengharu biru tentang penyelamatan kekayaan alam, ada pula cerita-cerita yang menggelitik dan membuah senyum dikulum. Misalnya cerita tentang Abah Ontel yang sangat bangga dengan cincin “jenang gulo”-nya. Atau cerita tentang batu kasuari dari hutan di Papua yang dipasarkan sangat tinggi, padahal batu kasuari bukan batuan alam,  tetapi sejenis kelereng yang konon sengaja di sebar oleh Pemerintah Kolonial Belanda jaman dulu untuk memotivasi para pekerja untuk mau masuk ke hutan.


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.