Apa Sih: Food Combining ?

By mangkoko : last updated 30 Sep 2014

Mau makan enak tetapi tetap sehat ? Cobalah melakukan Food Combining. Caranya sederhana kok. Kita hanya perlu mencermati jenis makanan apa saja yang boleh dimakan bersamaan, kemudian makanan jenis apa saja yang tidak boleh dimakan bersamaan, dan yang terakhir jenis makanan apa yang hanya boleh dimakan tunggal alias tidak boleh digabung dengan jenis makanan lain.

Kombinasi makanan ala food combining

Kombinasi makanan ala food combining

Food combining berangkat dari kenyataan bahwa sistem pencernaan makanan kita mempunyai keterbatasan dalam mencerna makanan. Enzim yang dibutuhkan untuk mencerna ternyata berbeda-beda untuk setiap jenis makanan. Setiap jenis makanan juga membentuk lingkungan pH (asam, basa atau netral) yang berbeda-beda. Maka food combining dirancang untuk meringankan kerja sistem pencernaan, dengan cara mengkombinasikan secara tepat makanan yang kita makan sehingga membentuk sinergi. Kombinasi makanan serasi ala food combining akan meringankan kerja sistem pencernaan kita dan memberi manfaat lebih dibanding jika dimakan sendiri-sendiri.

Pedoman Dasar Food Combining
Pedoman dasar kombinasi makanan ala food combining adalah sbb. :

1. Makanan dibagi menjadi 4 kategori yaitu: karbohidrat, sayur-sayuran, protein dan buah-buahan. Setiap kategori akan membentuk lingkungan asam atau basa yang berbeda di dalam sistem pencernaan. Kombinasi ideal akan terjadi jika jenis makanan yang membentuk asam di kombinasikan dengan makanan yang bersifat basa. Kombinasi ini akan membentuk pH tubuh netral.

2. Selama 24 jam (sehari-semalam) tubuh manusia akan membentuk siklus alami, yang dibagi menjadi tiga periode waktu.

  • Periode 1 : Antara jam 04:00 dini hari sampai 12:00 siang adalah proses pembuangan sisa makanan.
  • Periode 2 : Jam 12:00 sampai 20:00 adalah saat untuk mencerna makanan.
  • Periode 3 : Jam 20:00 sampai 04:00 dini hari adalah fase dimana tubuh menjalankan fungsi penyerapan sari makanan.

Asupan makanan pada periode 1 sebaiknya berupa jenis-jenis makanan yang mudah dicerna, seperti buah-buahan. Sedangkan makanan yang membutuhkan proses pencernaan yang berat dan lama seperti karbohidrat dan protein dimakan pada periode 2. Periode 3 yang merupakan fase penyerapan makanan sebaiknya tidak diganggu dengan proses mencerna makanan yang baru masuk/dimakan. Tetapi jika memang masih dikehendaki makan, usahakan memilih makanan yang mudah dicerna, sehingga tidak terlalu membebani sistem pencernaan makanan kita.

Berdasarkan pedoman dasar diatas maka disusunlah kombinasi utama food combining diantara jenis-jenis makanan sebagai berikut:

1. Kombinasi pertama: karbohidrat tidak boleh dimakan bareng dengan protein, tetapi boleh dimakan bareng dengan sayur-sayuran. Karbohidrat yang pada umumnya membentuk lingkungan asam menjadi ideal dikombinasikan dengan sayur-sayuran yang membentuk lingkungan basa. Karbohidrat membutuhkan waktu untuk dicerna 3 jam dan sayur-sayuran butuh waktu sekitar 2 jam, sehingga kombinasi ini boleh sebagai makan siang maupum makan malam.

Food combining: Sayuran + Carbohidrat

Kombinasi 1: Sayuran + Karbohidrat

2. Kombinasi kedua: protein hanya boleh dimakan bareng dengan sayur-sayuran. Protein pada umumnya membutuhkan waktu cerna sekitar 4 jam dan sayuran sekitar 2 jam. Kombinasi menu ini juga sesuai untuk makan siang maupun makan malam.

Kombinasi 2: Sayuran + Protein

Food combining: Sayuran + Protein

3. Dan ketiga: buah hanya boleh dimakan tunggal tidak dianjurkan dimakan bareng dengan karbohidrat maupun protein. Buah-buahan adalah makanan yang paling cepat dicerna. Hanya membutuhkan waktu paling lama 30 menit. Sehingga tidak dianjurkan dimakan saat makan besar (makan siang maupun makan malam). karena rentang waktu cerna dengan karbohidrat maupun protein sangat jauh berbeda. Jika buah dimakan setelah makan besar maka karbohidrat atau protein akan dicerna lebih dahulu. Buah akan menunggu sekitar 4 jam kemudian baru akan dicerna. Dan ini tidak akan memberi manfaat pada tubuh. Sebaiknya buah dimakan paling tidak 15 menit sebelum makan besar. Atau paling ideal buah-buahan dimakan pada pagi hari.

Buah-buahan tidak dianjurkan dimakan bersama jenis makanan lain

Buah-buahan tidak dianjurkan dimakan bersama jenis makanan lain

Dengan memperhatikan kombinasi seperti diatas maka akan meringankan kerja sistem pencernaan, selain itu juga akan bekerja lebih optimal.

Karbohidrat membentuk asam, demikian juga protein membentuk asam, sedangkan sayur-sayuran membentuk basa. Sehingga kombinasi serasi untuk mendapatkan pH netral adalah karbohidrat + sayuran atau protein + sayuran.

Sebenarnya ada satu lagi jenis makanan yang disebut di dalam food combining, yaitu lemak. Tetapi karena lemak ini membutuhkan waktu cerna yang sangat panjang yaitu antara 6 sampai 8 jam. Maka jika terpaksa mengkonsumsi lemak sebaiknya dalam jumlah yang sesedikit mungkin. Karena sifat lemak yang sangat lama dicerna akan cenderung mengacaukan proses pencernaan jenis makanan lain yang proses waktu cernanya jauh lebih singkat.

Makanan yang termasuk kelompok karbohidrat adalah: nasi, kentang, umbi-umbian.
Yang termasuk kelompok protein adalah daging, telor, susu dan semua produk turunannya seperti keju, mentega dsb.

Yang termasuk sayur-sayuran adalah : kangkung, brokoli, caisim dsb.

Jadi sekarang tidak ada lagi menu nasi + sate ayam, sekarang menjadi sate ayam + sayur-sayuran atau nasi dan sayur-sayuran.  😥
Makan buah sebagai pencuci mulut tidak ada lagi, yang ada sekarang adalah sarapan pagi dengan buah-buahan.  😥

“Wah ternyata sulit juga ya mang !”
“Nggak sulit kok, cuma beradaptasi dengan kebiasaan baru.”
“Lha justru letak sulitnya adalah bagian “beradaptasi dengan kebiasaan baru itu mang!”
“He he he …”


Share :

One thought on “Apa Sih: Food Combining ?

  1. Lolo

    Saya mau nanya mbak/mas, kalo misalkan dianjurkan sate ayam dnngan sayuran saja bukannya itu pola makan yang tidak seimbang ? Bukannya pola makan kita harus seimbang (ada karbohidrat, protein, sayuran dan buah) merujuk ke Tumbeng Gizi Seimbang depkes? Soalnya kalau hanya sate ayam dan sayuran itu ga ada karbohidratnya alias nasi misalnya. Terimakasih

    mangKoko says:
    Hallo Lolo,
    Konsep dasar food combining memang berbeda dengan konsep gizi seimbang yang selama ini dianut.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.