Olah Raga Itu: Cari Sehat, Bukan Sekedar Keringat

By mangkoko : last updated 22 Sep 2016

Olahraga terbaik adalah: mencari sehat, bukan sekedar membanjirnya keringat. Dengan ukuran target: teraihnya denyut jantung optimal. Setelah napas memburu, degup jantung melaju, itulah indikasi olahraga yang sudah cukup memberikan nilai aerobics optimal. Denyut jantung optimal dihitung dengan rumus 60% x (220-usia).

Contoh:
Jika umur 40 tahun maka denyut jantung optimalnya adalah: 60% x (220 – 40) = 108 per menit.

Brisk walking - jalan sehat

Brisk walking – jalan sehat

Brisk Walking

Olahraga terbaik bagi kebanyakan kita yang telah berusia kepala 4 adalah jalan cepat, atau jalan tergopoh-gopoh (brisk walking). Olah raga lari tidak lagi dianjurkan. Tekanan telapak kaki saat berlari beresiko mencederai tumit, dengkul atau system persendian yang memang sudah mulai aus menua.

Jalan santai di pagi hari, bermanfaat membakar kelebihan kalori yang tersimpan sebagai lemak di dalm tubuh. Demikian pula menjadi salah satu unsure relaksasi yang mestinya menjadi salah satu santapan jasmani harian kita. Relaksasi merangsang keluarnya hormone-hormon utama yang menjadi suplemen alami menjaga tubuh tetap fit dan sehat.

Namun jika jalan santai ditingkatkan kecepatannya menjadi brisk walking, anda akan mendapatkan bonus extra meningkatkan fungsi dan kebugaran jantung anda. Brisk walking adalah porsi olahraga paling optimal untuk melatih jantung agar selalu bekerja secara optimal.

Tua memang resiko kehidupan yang harus ditanggung oleh siapapun. Hidup panjang umur adalah sebuah anugerah, dengan syarat tetap dalam kondisi sehat dan berbahagia.

Porsi brisk walking yang disarankan sekitar 40-50 menit. Namun jika belum mampu mencapai waktu tersebut, lakukan secara bertahap. Usahakan jalan cepat selama 15 menit, jangan kurang. Karena umumnya setelah 15 menit tersebut denyut nadi aerobics baru tercapai. Lakukan setiap setiap hari, dengan jeda istirahat pada hari ke 7. Atau minimal 3x perminggu sudah cukup baik.

Setelah kita lakukan 3 sampai 4 minggu, biasanya akan kita rasakan stamina tubuh kita meningkat. Ditandai dengan tidak mudah capek, dan badan terasa lebih nyaman dan bugar. Bagi orang awam (bukan atlet) porsi olahraga terbaik adalah sedikit namun rutin.

Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga yang tidak bersifat kompetitif seperti olah raga permainan. Tetapi olahraga yang bersifat personal seperti jalan cepat, jogging, senam aerobic, taichi dan sebagainya. Alasannya olahraga seperti ini lebih terkendali, lebih mudah mengatur porsi paling optimal bagi kesehatan jantung.

Batas kemampuan fisik yang memang seharusnya tidak boleh dilewati lebih mudah di rasakan saat kita melakukan brisk walking, sehingga kita bisa segera mengurangi porsinya jika batas tersebut sudah tersentuh.

Bagaimana cara melakukan brisk walking yang baik, dan berapa kecepatan jalan yang optimal, mungkin akan lebih mudah dipahami dengan melihat video berikut:

 

Health Promotion Board (HPB), sebuah badan bentukan pemerintah Singapura yang bertujuan mengedukasi kesehatan masyarakat, menyebutkan bahwa brisk walking dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, membakar kalori, membantu mengelola berat badan ideal, mengurangi tingkat stress dan meningkatkan kualitas tidur.

Brisk walking yang disarankan HPB adalah selama 30 menit, dengan frekuensi 5 kali perminggu.

Bagaimana dengan olah raga permainan?

Olahraga permainan seperti bulutangkis, tenis, sepak bola, dan sejenisnya cenderung memforsir kemampuan fisik. Dalam sepak bola misalnya: ketika harus mengejar bola, tubuh kita akan terpacu dan sangat mungkin mencapai diatas batas kemampuan fisik yang sesungguhnya. Signal warning dari tubuh sering tidak terasa, karena tertutup oleh semangat untuk menang.

Olah raga yang memforsir tubuh ini, sudah tak lagi ideal bagi kita yang telah berusia diatas 40 tahun.

Jadi …. cari sehat yuk, bukan sekedar cari keringat !


Share :

One thought on “Olah Raga Itu: Cari Sehat, Bukan Sekedar Keringat

  1. Berita Terkini Hari Ini Sindonews

    Brisk walking, mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang olaharaga ini dan masih sekedar jalan biasa saja sebagai olahraga rutin di pagi hari. Nice artikel, jadi banyak orang yang lebih tahu akan manfaat brisk walking 🙂

    mangKoko says:
    Trims telah berkunjung.
    🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.