7 Manfaat Ajaib Berpegangan Tangan

By mangkoko : last updated 26 Feb 2016

Berpegangan tangan atau bergandengan tangan dengan orang-orang yang disayangi adalah hal yang biasa dilakukan sehari-hari. Misalnya berpegangan tangan dengan isteri, anak, atau sahabat karib. Konon berpegangan tangan adalah komunikasi non verbal paling efektif untuk menunjukkan rasa persahabatan, sayang, cinta, peduli dan simpati. Selain itu aktifitas sederhana ini ternyata juga memiliki manfaat ajaib, mungkin selama ini anda tak menyadarinya.

Holding hand, Courtesy of Pixabay.com

Holding hands, Courtesy of Pixabay.com

Kita berkomunikasi dengan sesama menggunakan bahasa verbal, yakni secara lisan (oral) dan tulisan. Selain itu  ada cara lain berkomunikasi yang disebut non verbal, berupa bahasa tubuh dan sentuhan. Bergandengan tangan atau menggenggam tangan orang lain adalah salah satu bahasa non verbal berupa sentuhan yang lazim dilakukan orang.

Komunikasi non verbal ini ternyata sangat penting untuk memahami perilaku manusia. Karena sangat sederhana, universal, dan memiliki tingkat efektifitas yang sangat tinggi. Sekedar menggenggam tangan, bisa mengandung arti sangat mendalam. Bagaikan mewakili beribu-ribu kata. Bahkan mampu menyampaikan sesuatu yang tak mungkin terkatakan dengan bahasa verbal.

Saraf-saraf di kulit saling berkomunikasi dengan sentuhan, dengan mengaktifkan sistem hormonal dalam tubuh. Otak melepaskan zat fitokimia ke seluruh tubuh, yang membuat rasa nyaman dan hangat.

Ada banyak studi tentang hal ini, dan akan terus dipelajari efek psikologis dari sentuhan tangan antar manusia. Setidaknya ada 7 manfaat dari berpegangan/bergandeng tangan yang mungkin selama ini kita tidak menyadari manfaatnya, yakni:

1. Berpegangan Tangan Memiliki Efek Anestesi

Sebuah laporan penelitian yang diterbitkan oleh “Journal Psicological Science”  menemukan kenyataan bahwa berpegangan tangan memiliki manfaat fisiologis yang nyata. Mereka melakukan eksperimen yang melibatkan 25 relawan wanita beserta dengan pasangan. Masing-masing relawan diberikan rangsangan rasa sakit (berupa panas) pada lengan mereka. Tentu saja mereka merasakan panas, sakit. Namun setelah tangan mereka digenggam oleh pasangannya masing-masing, ternyata ditemukan efek anestesi. Para relawan memengakui bahwa nyeri fisik yang dirasakan menjadi berkurang setelah mereka berpegangan tangan.

Studi ini menunjukkan bahwa dukungan sosial dari orang yang dipercaya, dicintai memiliki dampak positif bagi gangguan pada fisik seseorang.

Contoh lain adalah seorang suami yang menggenggam erat tangan isterinya kala akan melahirkan. Efeknya: sang isteri akan menjadi lebih rileks, rasa sakit berkurang dan akan lebih mudah dan lancar menjalani proses persalinan.

2. Berpegangan Tangan Membantu Meredakan Stress

Berpegangan tangan dengan seseorang yang dipercaya atau dicintai sangat signifikan menurunkan konsentrasi hormon stres yang disebut kortisol. Ketika sedang terjadi ketegangan, sentuhan ringan di tangan dapat membantu meringankankannya.

Dalam dunia olahraga, sentuhan atau tepukan seorang rekan satu tim bisa membuat kita merasa terhubung, saling menguatkan, lebih nyaman dan lebih baik secara fisik maupun mental.

Permukaan kulit kita akan menjadi lebih sensitif, ketika kortisol mengalir di sepanjang pembuluh darah. Bagian paling kuat terdapat di telapak tangan dan ujung-ujung jari tangan.

3. Berpegangan Tangan Meningkatkan Ikatan Cinta

Rahasia dibalik manfaat ini adalah hormon oksitosin. Hormon ini memperkuat empati dan meningkatkan efektifitas komunikasi antara dua orang dalam suatu hubungan. Hal ini terbukti menjadi faktor yang berkontribusi positif untuk membuat suatu relasi/hubungan bertahan lama dan lebih berbahagia.

Bergandengan tangan dengan pasangan akan meningkatkan saling percaya, dan menciptakan ikatan yang lebih berkualitas.

4. Berpegangan Tangan Sangat Bagus Untuk Jantung

Berdasarkan studi dari Behavioral Medicine, berpegangan tangan dengan orang yang dicintai ternyata tak hanya meredakan stess, namun juga menurunkan tekanan darah. Kita tahu bahwa tekanan darah yang meninggi adalah salah satu kontributor utama penyebab gangguan pada jantung. Hal ini terjadi karena ketika kita sedang menggenggam jari-jemari orang yang disayangi, akan tercipta rasa nyaman dihati. Perasaan nyaman inilah yang menurunkan tekanan darah yang sedang meninggi.

5. Berpegangan Tangan Mengurangi Rasa Takut

Ketika muncul rasa takut, misalnya saat sedang berjalan di tempat sepi dan gelap, secara instingtif biasanya anda akan menggenggam erat tangan orang yang menyertai anda. Tentu saja tangan orang yang dipercaya, baik itu suami/pasangan maupun sahabat.

Secara alami berpegangan tangan seperti ini akan menciptakan rasa aman. Otak manusia merespon rangsangan ini dengan mengucurkan hormon adrenalin dan mereduksi konsentrasi hormon kortisol di seluruh tubuh.

6. Berpegangan Tangan memberikan Rasa Aman

Bergandeng tangan adalah sumber rasa aman. Anak-anak akan merasa aman, tak takut menyeberang jalan ketika digandeng. Meskipun sesungguhnya kenyamanan ini terjadi dua arah. Tak hanya terjadi pda anak, namun juga pada orang dewasa yang menggandeng.

Hal ini ada kemiripan dengan saat anak belajar naik sepeda. Cobalah ingat-ingat, saat anda mengajari anak-anak naik sepeda. Ketika si anak merasa bahwa kita masih memegangi mereka, meskipun sekedar menyentuh, tidak benar-benar memegangi, ternyata si anak telah bisa menyeimbangkan sepeda dengan baik. Namun ketika sentuhan kita lepas, sepeda yang mereka naiki akan segera oleng, dan terkadang malah jatuh.

7. Berpegangan Tangan Menciptakan Rasa Nyaman

Semua orang pasti menyukai kenyamanan. Berpegangan tangan bisa menciptakan rasa nyaman dan hangat. Sebuah contoh cobalah berjalan-jalan di malam yang dingin sendirian. Rasanya sungguh dingin bukan? Meskipun anda telah memakai jaket dan sarung tangan. Sangat berbeda jika anda tidak sendiri, namun bergandeng tangan bersama orang yang anda sayangi. Pasti rasanya akan lebih hangat.

Epilog

Sahabat sekalian, seberapa sering anda menggenggam tangan pasangan, anak atau sahabat karib anda? Yang jelas, perbuatan sederhana ini bisa sangat berarti bagi mereka!

Cuplikan lirik lagu dari The Beatles: “I Wanna Hold Your Hand” berikut, mudah-mudahan menjadi pengingat:

And when I touch you I feel happy
Inside
It’s such a feeling that my love
I can’t hide 3x

Yeah, you’ve got that something
I think you’ll understand
When I’ll say that something
I wanna hold your hand 3x

Ref.
Article ideas of Lifehack, and enriched content of The Telegraph and ABC News.


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.