Terapi Minum Air Putih Hangat, ala Bang Yos

By mangkoko : last updated 20 Oct 2016

Apa yang biasa anda minum di pagi hari sehabis bangun tidur?

Secangkir teh atau kopi memang sungguh nikmat. Mampu menghangatkan tubuh sekaligus membangkitkan semangat untuk memulai hari nan sibuk.

Namun menurut konsepsi ayurveda, itu salah besar. Lebih baik membiasakan diri setiap pagi hari minum segelas air putih hangat. Tubuh akan lebih sehat karena akan menguatkan sistem pencernaan, mengurangi sampah hasil metabolisme tubuh, dan efek positifnya adalah terbangunnya sistem kekebalan tubuh (imunitas) alami tubuh.

Secangkir kopi, atau segelas air putih hangat di pagi hari?

Secangkir kopi, atau segelas air putih hangat di pagi hari?

Terapi kesehatan: rutin minum air putih hangat ini di pagi hari ini sebenarnya telah lama saya baca. Tetapi karena konsepnya begitu sederhana, tak pernah menarik perhatian saya selama ini. Masak sih, cuma dengan minum segelas air putih di pagi hari, mampu memberikan efek kesehatan yang luar biasa?

Cerita Bang Yos

Malam itu seorang sahabat kerkunjung ke rumah, “Assalamu’alaikum pak haji.”
“Wa’alaikum salam wr. wb. Silahkan masuk bang Yos, pintu pagar nggak dikunci kok!”, jawabku.

Setelah duduk di ruang tamu, bang Yos membuka pembicaraan. “Maksud kedatangan saya mau minta tanda-tangan pak haji, untuk surat pengumuman ke warga tentang pengelolaan air di kompleks perumahan kita.”

“Baik bang Yos, mana suratnya?”, kataku

Bang Yos segera menyodorkan sebuah map berisi surat yang harus saya tandatangani, sambil berkata, “Maaf pak haji, suratnya agak terlambat karena akhir-akhir ini lambung saya bermasalah, kolestrol meninggi dan detak jantung saya terukur sangat rendah. Sehingga dokter menyebut saya ini orang yang batere-nya mau habis.”

“Tapi sekarang terlihat sehat dan segar begitu kok!”, kataku

“Iya pak haji. Saya teringat bahwa keluarga saya di Flores juga banyak bermasalah dengan lambung, termasuk bapak saya sendiri. Saya telpon ke sana menanyakan resep penyembuhan yang biasa mereka lakukan. Di sana kan masih sangat jarang ada dokter spesialis, jadi umumnya dengan cara tradisional.”

“Ternyata sangat sederhana: mereka melakukan terapi dengan minum air putih hangat setiap pagi. Minum sebanyak-banyaknya sampai muntah. Selain itu, obat dari dokter juga saya minum!”

“Saya lakukan terapi seperti mereka. Ketika saya kontrol lagi, dokter keheranan: perkembangan kesehatan saya meningkat drastis!”

“Wow menarik bang Yos!”, kataku

Tradisi Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Cerita bang Yos sungguh bikin penasaran. Saya coba berburu informasi tentang tradisi sehat dengan cara yang sangat sederhana ini. Dan hasilnya sebagai berikut:

Situs Medical Daily, dalam publikasinya mengutip pendapat para dokter dan pakar nutrisi klinis (clinical nutritionist) seperti Stella Metsovas bahwa minum air putih hangat sangat membantu proses pencernaan makanan di usus. Sangat berlawanan efeknya bila yang di minum dalalah air dingin. Lebih lanjut ia merekomendasikan, jika benar-benar ingin minum air dingin sebaiknya dilakukan 20 menit sebelum makan.

Disebutkan pula beberapa alasan yang sangat masuk akal, kenapa sebaiknya kita membiasakan diri minum air hangat di pagi hari. Antara lain:

1. Membersihkan Pencernaan
Air putih hangat yang suhunya kurang lebih mendekati suhu tubuh manusia, akan menjadi pembersih alami pada sistem pencernaan kita yang sedang kosong di pagi hari. Sisa-sisa proses pencernaan di dalam usus akan terbilas bersih. Sebaliknya, air dingin akan mengeraskan dan menggumpalkan sisa-sisa lemak yang menempel di usus.

Barangkali metode yang dilakukan oleh sahabat saya, bang Yos, yang meminum sebanyak-banyaknya hingga muntah, menjadi cara efektif mencuci bersih sistem pencernaan.

2. Mengurangi Sembelit dan Kembung
Jika anda sering sembelit dan kembung, tradisi sederhana di pagi hari ini bisa membantu mengatasinya. Air putih hangat akan membantu melancarkan gerak peristaltik usus dan membantu melancarkan makanan melewati usus.

3. Meredakan Rasa Sakit
Air hangat adalah cara paling alami untuk memngurangi rasa sakit. Memiliki efek menenangkan pada otot, terutama otot-otot di bagian perut, meningkatkan aliran darah. Sehingga mampu mengendorkan kram perut.

4. Menurunkan Kelebihan Berat Badan
Minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh. dan metabolisma. Peningkatan ini akan membakar kalori lebih banyak, sehingga efeknya membantu menurunkan berat badan.

5.  Meningkatkan Sirkulasi Darah
Dengan meningkatnya sirkulasi peredaran darah akan melarutkan timbunan lemah di dalam jaringan tubuh. Otot-otot menjadi rileks dan menggelontor racun keluar dari dalam tubuh.

6. Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging)
Minum air hangat akan menjadikan tubuh lebih sehat, pencernaan berfungsi optimal, dan efeknya dipercaya memperlambat proses penuaan dini. Sehingga seseorang akan terlihat sehat, segar, awet muda.

7. Detoksifikasi tubuh
Rutin minum air hangat dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Air panas yang masuk ke dalam tubuh akan menaikkan suhu tubuh, dan menghasilkan keringat. Proses ini akan membantu melepaskan racun dari tubuh. Akan lebih optimal hasilnya jika tambahkan perasan lemon sebelum minum.

Bagaimana sahabat, apakah tertarik pula membiasakan diri minum air putih hangat setiap bangun tidur di pagi hari? Meski tak harus meniru cara bang Yos, yang meminum sebanyak-banyaknya hingga muntah. Cukup segelas air hangat saja. Siapa tahu cocok pula, menjadikan tubuh anda semakin sehat.

Referensi: Medical Daily, Lifehack, dan berbagai sumber lain.

 


Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.