Healthy Raw-Ganic

By mangkoko : last updated 17 Oct 2016

Pernah dengar istilah raw-ganic? Raw-ganic sesungguhnya akronim dari kata raw dan organic (makanan organik yang dimakan mentah). Kata organik untuk menyebut bahan makanan yang ditanam secara alami tanpa sentuhan pestisida yang bersifat racun bagi tubuh manusia. Sayur dan buah-buahan organik diyakini sebagai bahan makan terbaik saat ini. Manfaatnya akan maksimal, jauh lebih baik jika dikonsumsi mentah tanpa pengolahan dengan pemanasan.

Dr. Hwang Sung-Joo, MD, Ph.D profesor dari Korea yang mengabdikan hidupnya untuk mencegah dan mengobati kanker dengan secara alami dalam bukunya “One Raw Meal a Day” menuturkan bahwa: kemampuan makanan mentah terletak pada zat-zat fitokimia yang dikandungnya. Zat-zat ini lebih penting daripada vitamin, namun saat ini masih belum banyak diperhatikan. Za-zat fitokimia hanya ada pada makanan alami yang masih mentah. Pengolahan dengan pemanasan akan merusaknya.

Warna-warni bahan makanan yang menyehatkan

Warna-warni bahan makanan yang menyehatkan (Credit image pada publicdomainpictures.net)

Profesor yang belajar pengobatan integratif dari Rumah Sakit Kanker Friedenweiler Jerman ini menyarankan untuk mengkonsumsi makanan mentah, cukup satu kali sehari. Paling baik pada saat sarapan pagi, namun jika tidak memungkinkan, pada saat makan siang atau makan malam juga tetap bisa dilakukan. Tinggal pilih mana waktu yang paling nyaman dan memungkinkan.

Beliau juga menyarankan untuk memilih makanan alami campuran warna-warni yang berbeda. Penelitian dalam bidang makanan alami menemukan kenyataan bahwa warna-warni asli makanan berasal dari alam memiliki khasiat yang unik. Warna jingga, kuning, hitam, merah, putih, ungu dan hijau dari biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang unik bagi tubuh manusia.

Warna Jingga dan Kuning
Sayur dan buah berwarna kuning seperti labu, paprika, aprikot dan jeruk banyak mengandung betakaroten yang fungsi utamanya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang dikandungnya akan membentengi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu berfungsi pula sebagai penghambat penuaan dini (anti aging), memelihara organ penglihatan karena banyak mengandung vitamin A dan menjaga tubuh agar tidak mudah terjangkit kanker. Vitamin C dosis tinggi yang dikandungnya berfungsi membantu penyerapan zat besi untuk mencegah anemia.

Warna Hitam
Bahan makanan berwarna hitam seperti beras coklat, kacang kedelai hitam, dan biji-bijian berwarna hitam lain diyakini juga dapat mencegah kanker dan penuaan dini.

Warna Putih
Bawang putih dan bawang bombai digolongkan sebagai makanan berwarna putih bersifat menghangatkan sehingga sangat dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki paru-paru yang lemah dan masalah saluran pernafasan. Bawang putih juga berkhasiat melancarkan peredaran darah sehingga sangat baik pula bagi penderita tekanan darah tinggi. Sayuran kembang kol dan buah pir juga tergolong bahan makanan berwarna putih.

Warna Merah
Sayuran dan buah-buahan berwarna merah seperti kol merah, bayam merah, tomat, delima, dan lain-lain banyak mengandung likopen, zat phytochemical ini banyak terdapat pada bagian kulit. Likopen adalah salah satu antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan virus, dan mencegah kanker dengan cara membersihkan bahan-bahan pemicu kanker yang masuk ke dalam tubuh.

Warna Biru dan Ungu
Buah-buahan berwarna biru dan ungu seperti terung, cerry ungu, bit, blueberry dan anggur banyak mengandung antosianin. Zat ini mampu mengurangi penyumbatan dan melancarkan peredaran darah sehingga mengurangi potensi penyakit jantung, stroke, meningkatkan fungsi organ penglihatan, melindungi otak dari kerusakan dan menghambat pertumbuhan sel-sel tumor.  Konon minum anggur dipercaya sebagai rahasia umur panjang orang-orang Perancis.

Warna Hijau
Sayuran berwarna hijau diantaranya adalah sawi, brokoli, asparagus, bayam, dan kangkung. Zat aktif yang dikandungnya adalah betakarotin (pro vitamin A) yang berkhasiat memperlancar sistem metabolisma tubuh, membantu produksi darah, meremajakan sel-sel, dan mendukung fungsi hati untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan mata dan kulit. Vitamin K yang terdapat pada sayur dan buah berwarna hijau membantu penyerapan mineral kalsium yang sangat penting bagi tulang, pertumbuhan kuku dan rambut.

Masing-masing warna-warni jenis makanan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh baik dimakan terpisah maupun digabungkan menjadi satu. Penggabungan konsumsi warna-warni makanan akan terbangun sinergi, meningkatkan khasiat masing-masing karena bersifat saling melengkapi. Dr. Hwang menyebut ini sebagai raw-ganic cocktail.

Tertarik mencoba?

Referensi:

  1. Buku “One Raw Meal a Day”, Jauhi Penyakit Dengan Makanan Mentah, oleh Dr. Hwang Sung-Joo M.D. Ph.D.
  2. Buku Jurus Sehat Tanpa Ongkos, oleh Dr. Handrawan Nadesul
  3. Dan dari berbagai sumber yang melengkapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.