Psikologi Warna, Hitam Bukanlah Warna

By mangkoko : last updated 05 Mar 2015

Hitam bukanlah warna, karena merupakan representasi dari tidak hadirnya semua spektrum cahaya yang ada di alam. Hitam menimbulkan kesan beragam di dalam benak manusia, tergantung pada situasi dan suasana hati orang yang melihatnya. Pada suatu saat hitam menimbulkan kesan menakutkan, misteri dan kegelapan. Di saat lain hitam memuncuklan kesan yang sungguh berbeda. Seekor kuda balap warna hitam pekat menimbulkan kesan gagah perkasa. Demikian pula mobil warna hitam menciptakan kesan elegan.

Lubang Hitam (Black Hole) adalah contoh dari warna hitam sejati. Fenomena alam yang dipercaya ada di suatu tempat di ruang angkasa ini berupa pemusatan masa dan grafitasi yang sangat kuat. Konon bagaikan raksasa rakus yang menghisap semua benda yang ada di sekitarnya. Planet, meteorit, bahkan juga gelombang elektromagnetik termasuk cahaya terhisap habis olehnya, sehingga visual yang tertangkap indera penglihatan hanya hitam semata. Karena itulah disebut Lubang Hitam.

Blck Hole, Lobang Hitam yang menyerap semua benda termasuk warna (credit image: Hdwallpapersimages.com)

Blck Hole, Lobang Hitam yang menyerap semua benda termasuk semua warna (credit image: Hdwallpapersimages.com)

Kenapa hitam bukan warna?
Penyebutan tentang pesawat TV hitam-putih dan TV berwarna barangkali bisa mewakili konsepsi tentang warna dan bukan warna. Tahun 70an adalah masa kejayaan televisi hitam putih. Televisi berwarna baru hadir sekitar tahun 1979 saat TVRI Stasiun Pusat Jakarta resmi menayangkan siaran TV berwarna. TV hitam-putih tidak pernah disebut sebagai TV berwarna, baru setelah ada pesawat TV yang memunculkan warna-warna lain seperti: merah, hijau, biru, dan warna lain, baru disebut televisi berwarna.

Bagaimana dengan putih, apakah dianggap bukan warna pula?
Beberapa orang menyebut bahwa putih juga dianggap bukan warna sehingga TV hitam-putih tidak dianggap sebagai TV berwarna. Namun dari kacamata ilmu pengetahuan (science), putih adalah warna, karena merupakan representasi dari kehadiaran semua spektrum cahaya yang mampu ditangkap oleh indera penglihatan manusia, berkebalikan dengan hitam.

Hitam akan lebih punya arti jika didampingi oleh warna lain, misalnya putih. Sebuah gambar siluet tidak pernah punya arti tanpa ada unsur putih yang mendampinginya. Bayangkan, apa yang terlihat jika pada foto dibawah tidak ada warna putih! Foto tersebut tentulah tidak akan pernah dianggap sebagai siluet. Bahkan tidak ada seorangpun yang menganggap itu sebuah foto. Dengan kata lain hitam tanpa ada perspektif warna lain akan terkesan sebuah suasana gelap belaka.

Siluet hitam-putih (Credit image: en.wikipedia.org)

Siluet hitam-putih (Credit image: en.wikipedia.org)

Sekilas Teori Tentang Warna
Warna yang terlihat dari sebuah benda adalah pantulan spektrum cahaya yang jatuh pada permukaan benda tersebut. Sedangkan cahaya adalah gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang antara 380-780 nanometer, atau berada dalam rentang frekuensi 790-400 teraherz. Rentang panjang gelombang inilah yang dapat ditangkap oleh mata manusia. Kebanyakan manusia hanya mampu menangkap warna dalam rentang panjang gelombang 400-700 nanometer saja. Hanya orang-orang tertentu saja yang mampu menangkap rentang panjang gelombang warna 380-780 nanometer. Kemampuan suatu benda untuk memantulkan warna dipengaruhi oleh pigmen yang terkandung di permukaan benda.

Sebagai contoh misalnya sebuah benda disebut berwarna merah apabila permukaanya terdapat lapisan pigmen warna merah. Pigmen warna merah hanya mampu memantulkan spektrum cahaya warna merah. Sehingga benda berwarna merah hanya akan terlihat merah apabila ada spektrum warna merah yang jatuh di permukaannya. Apa akibatnya jika tidak ada spektrum cahaya warna merah yang menyinari benda tersebut? Tentu saja warna benda tersebut tidak lagi terlihat merah. Hal yang sama terjadi pula dengan benda-benda yang berwarna lain.

Pigmen warna hitam memiliki sifat tidak memantulkan spektrum warna cahaya apapun yang jatuh dipermukaannya. Apapun warna cahaya yang jatuh dipermukaannya akan tetap berwarna hitam.

Hal ini berkebalikan dengan pigmen warna putih yang justru memantulkan semua spektrum warna yang jatuh di permukaannya. Jika semua spektrum cahaya (seperti sinat matahari) jatuh dipermukaannya akan terlihat sebagai warna putih. Namun jika hanya cahaya merah yang menyinari, makan warna benda terlihat merah. Demikian pula jika hanya cahaya warna hijau menyinari, akan terlihat berwarna hijau.

Psikologi Warna Hitam
Untuk lebih memudahkan pengertian dalam psikologi warna, hitam kita sebut warna hitam. Karena secara psikologis, hitam tetaplah dipersepsi sebagai sebuah warna.

Warna hitam dipersepsi beragam dalam benak manusia. Suatu saat dipersepsi gelap, menakutkan, dan kematian. Untuk itulah warna pakaian orang yang ber-belasungkawa umumnya adalah hitam. Di saat lain warna hitam dipersepsi sebagai ketenangan, keheningan dan fokus. Warna hitam juga dipersepsi sebagai elegan, kuat, gagah, perkasa, dan anggun. Misalnya kuda tunggang berwarna hitam atau mobil berwarna hitam pekat.

Para designer logo merekomandasikan warna hitam pekat untuk memunculkan kesan: kuat, dominan dan elegan pada logo untuk mewakili brand tertentu. Coba lihat logo-logo brand populer pada gambar berikut! Apa kesan yang anda tangkap dari penggunaan warna hitam pada logo-logo tersebut?

Logo-logo hitam putih memberi kesat kuat dan dominan

Apakah anda memperoleh kesan: simpel, tegas, kuat dan dominan dari logo-logo diatas?

Di dalam Feng Shui, Hitam adalah elemen air, dipersepsi sebagai kuat, misterius, dan independen. Ada pula sifat negatif dari warna hitam yaitu: kegelapan, kejahatan, dan kematian. Untuk interior rumah, warna hitam hanya cocok untuk kamar tudur untuk anak remaja. Sangat tidak dianjurkan untuk ruang kerja, ruang keluarga dan kamar anak-anak.

Simbol Ying Yang
Tradisi masyarakat timur, terutama di China, paduan warna hitam dan putih digunakan dalam simbol Ying Yang, sebuah lambang yang dipersepsi sebagai spirit keseimbangan kehidupan alam semesta.

Ying Yang, melambangkan keseimbangan

Ying Yang, melambangkan keseimbangan

Ying disimbolkan warna hitam, merepresentasikan sifat feminim, lembut, lambat, dingin, basah, dan pasif. Ying berhubungan dengan wanita, malam hari, air, bumi, bulan, dan malam hari.

Yang disimbolkan warna putih, merepresentasikan sifat maskulin,  cepat, keras, padat, fokus, panas, kering, dan agresif. Yang berhubungan dengan pria, siang hari, api, langit, dan matahari.

Meskipun Ying dan Yang memiliki sifat yang berlawanan namun jika keduanya di satukan akan tercipta keseimbangan. Ada wanita-pria, feminim-maskulin, malam-siang, air-api, pasif-agresif. Warna hitam melambangkan kekuatan. Namun jika dipadu-padan dengan warna putih akan tercipta keseimbangan. Keseimbangan adalah kekuatan yang sustainable, kekuatan yang akan terus lestari.

Paduan Warna Terkuat
Rasanya tidak ada warna lain di dunia ini yang dipersepsi sekuat dan sehebat paduan hitam dan putih. Spirit hitam-putih adalah kesederhanaan. Dari kesederhanaan lahirlah kecanggihan. Semakin canggih sebuah produk teknologi, umumnya ditandai dengan semakin sederhana dan mudah digunakan. Sehigga beberapa perusahaan sarat teknologi sering menggunakan logo dengan menggunakan warna hitam dan putih. Seperti misalnya Microsoft, Apple Computer, dan Blackberry.

Ada berpendapat lain tentang kehebatan paduan warna hitam-putih ini?


Share :

2 thoughts on “Psikologi Warna, Hitam Bukanlah Warna

  1. ysalma

    Hitam-Putih itu jelas, tegas,
    makanya yang disebut warna dasar itu hanya RGB ya Mang

    mangKoko says:
    Jadi … hitam putih itu bukan warna ragu-ragu ya mbak? Jelas dan tegas.

    :-)

    Reply
  2. BangKoor

    Menarik mang! 😀
    Untuk teori warna, dulu sempat saya pelajari sedikit di kuliah penginderaan jauh dan image processing. Sedangkan untuk psikologi warna, sempat juga sedikit saya dapatkan di kuliah ergonomika

    mangKoko says:
    Kereen Bang ilmunya!
    :-)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill in a CAPTCHA for security: *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.